Tips: Menghemat Baterai Laptop


Laptop masih baru tapi batere boros, tunggu dulu bukan berarti batere laptop sudah melemah. Tapi lihat dulu apa yang Anda lakukan dengan laptop tersebut. Ada baiknya bila Anda mengoptimalkan agar kinerja batere maksimal.

Ada banyak cara untuk menghemat baterai laptop yang tentunya membuat laptop Anda panjang umur dalam arti dapat hidup lebih lama dengan menggunakan baterai. Bila Anda seorang yang mobile (sering berpindah-pindah) tentu baterai menjadi peran penting bagi Anda. Untuk menghematnya, caranya adalah sebagai berikut:

Mengurangi Kecerahan
Pada saat diluar ruangan bisa menggunakan kecerahan pada 50-40%, tapi ini tidak berlaku pada semua layar laptop karena ada beberapa layar yang memang tidak baik digunakan diluar ruangan . jadi harus menyesuaikan keadaan. Bila dalam ruangan kurangi seminimal mungkin dengan syarat Anda dapat membaca tulisan kecil di layar laptop Anda.

Matikan Wi-Fi.
Pekerjaan Anda hanya mengetik, matikan Wi-Fi atau sinyal wireless lainnya! Agar mengurangi daya yang dikeluarkan oleh baterai. keyboard atau mouse wireless juga, lebih baik gunakan yang sudah terpasang pada laptop.
Bila Anda menggunakan wifi, perhatikan sinyal minimal 3 bar atau 50% agar tidak Wi-Fi adapater tidak menguatkan pencarian sinyal yang membuat baterai cepat habis

Tidak ada external drive
kepingan CD/DVD, flash drive, memory card, dll yang terhubung pada laptop sebaiknya dilepas! Apa lagi Perangkat USB yang mengkonsumsi daya baterai lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Jadi bila tidak dipakai lagi, lebih baik dilepas.
Percobaan yang saya lakukan satu usb yang menancap membuat baterai laptop saya menjadi 45 dari 60 menit
Matikan software dan anti-virus
Saat Anda tidak akan menggunakan internet tidak membiarkan anti-virus scan file Anda secara real time dan membuang-buang daya baterai untuk prosesor.  
Demikian pula, Anda bisa menutup semua aplikasi lain yang Anda tidak akan perlu untuk beberapa waktu.
Sering kali ada beberapa aplikasi di background (autorun) yang otomatis jalan saat komputer dihidupkan, mereka tidak terpakai lebih baik matikan.

Jangan bermain game
penggunaan grafis yang tinggi seperti DOTA, CS, COD, GTA, dll akan menguras seluruh daya baterai dalam 30 menit maks. Permainan ringan seperti catur/solitaire akan memiliki pengaruh yang kecil.

Microsoft Office
jangan lupa untuk mengaktifkan fitur autosave. Meskipun dibutuhkan sumber daya tetapi juga akan memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan apapun bila baterai sudah benar-benar habis.

Power Management
setiap software baik dari OS atau bawaan dari laptop memiliki fitur power management. Gunakanlah karena software satu ini mengkonfigurasikan hardware pada laptop agar meminimalkan daya, yang berimbas pada kinerja yang ikut menurun.

Nonton video
Gunakan earphone bukan headset, atau bila menggunakan speaker, optimalkan suara dengan seminimal mungkin tetapi Anda tetap dapat mendengarnya. Tidak lupa dengan kecerahan layar laptop di sesuaikan.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Komentar