Subscribe Us

Troubleshooting: USB Not Recognized (Windows)


Anda mungkin pernah melihat pesan error di atas dan mengalami hal seperti berikut. Anda sedang bekerja dengan perangkat USB, entah itu printer, flashdisk atau harddisk. Tiba-tiba tanpa ditanya hardware tersebut diam membisu, alias tidak berfungsi. Anda mendapatkan pesan error “USB Device Not Recognized” tiap kali Anda memasukkan kembali device tersebut ke port USB.

Ada beberapa jawaban yang bervariatif. Anda bisa memilih sesuai dengan kemungkinan terdekat dengan kasus yang Anda alami. Permasalahan yang menyangkut pesan errorUSB Not Recognized‘ adalah sebagai berikut:

Permasalahan Paling Umum
Grounding listrik jelek. ciri-cirinya casing komputer nyetrum. Buat grounding menggunakan bakel listrik yang ditempelakan pada casing komputer melelaui baut tutup casing, ujung satunya lalu dihubungkan ke besi yang pajang 30cm dan ditancapkan ke dalam tanah.

Motherboard pemasangannya menempel pada casing. Seharusnya antara casing dan motherboard, ada semacam sekat terbuat dari kuningan yang memberikan jarak. bertujuan agar motherboard tidak menempel pada casing yang menyebabkan listrik loncat atau korsleting.

PSU Jelek. ini yang paling menentukan performa keseluruhan hardware. karena yang mengolah listirk ya perangkat satu ini. PSU abal-abal seringnya cuma yang penting listrik mengalir, stabil? tidak peduli.

Kombinasi dari ketiganya, menjadikan port USB sebagai monster pemakan device yang menancap padannya. Terutama port USB pada casing bagian depan. 

Solusi

1. Menyerah
Menang sudah mati device atau port USB-nya jadi ya... pasrah saja.

2. Gunakan USB pada motherboard langsung
Alasannya menghubungkannya ke port USB pada motherboard langsung yaitu mendapatkan tegangan listrik yang lebih stabil, karena tidak ada perantara kabel.

3. Gunakan USB hub
Entah kenapa malah bisa menggunakan USB hub, ini yang masih menjadi misteri sampai sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar