Subscribe Us

Cara: Catridge Printer Awet dan Tahan Lama


Cartridge dari printer deksjet selalu menjadi menjadi pemberontak ketika lama printer tidak dipakai saat dibutuhkannya tiba tapi malah macet. Cartridge malas mengeluarkan tinta atau tidak mengeluarkan tinta sama sekali? Menyebalkan memang, dengan harus belepotan tinta dan menghabiskan banyak tintak dan kertas, hanya untuk satu cartridge bajingan ini. Jadi bukannya untuk malah buntung.

Sebelum itu kenali cartridge anda terlebih dahulu
Catrdige, secara keseluruhan adalah tangkinya printer itu sendiri yang berisi tinta yang ditempatkan pada sebuah spon. Nantinya head menyedot dan menyemprotkan tinta dari spon keluar ke permukaan kertas.
Konektor, pada bagian belakang cartridge terdapat konektor yang terbuat dari kabel pita. JANGAN DISENTUH atau sampai kena tinta! jika sudah kena... ya cartridge tidak bisa dideteksi, dan akhirnya beli baru.

Spon, tempat menampungan tinta berukuran kecil sehingga hanya bisa masuk 5ml, kalau warna hitam. sedangkan warna bisa 10ml dibagi 3. Spon ini isinya cartridge selain tinta, dan memiliki daya serap, jadi jangan sampai terlalu banyak mengisi tinta diluar kemampuan hisap spon karena berbahaya untuk head dan pin.

Head, bagian paling bawah dari printer yang yang berfungsi menyemprotkan tinta atau bisa disebut nozzle. pada bagian ini jangan diusapkan ke tangan, kain, atau kerja. tapi boleh ditempelkan, untuk melihat apakah dapat mengeluarkan tinta. Karena memiliki pori-pori yang super kecil yang dapat tersumbat jika diusap.

Jadi setelah tahu bagian tersebut, sekarang cara perawatannya. gampang kok
1. Pilih tinta yang cocok dengan printer
Ini juga tidak kalah penting, dan perlu sebuah kecocokan. karena jika tinta printer lama mengendap ada yang berubah menjadi serbuk pasir halus seperti bedak atau susu bubuk.

2. Isi tinta sesuai kapasitas
Maksudnya jika kapasitasnya kecil seperti 3ml ya sudah seperti itu, nanti gampang isi lagi. karena kalau lebih, spon tidak mampu menahan serapan, dan akhirnya tinta berada pada dasar head yang didalam cartridge. lama-lama akan mengendap dan menyumbat

3. Jangan terlalu lama di simpan
Mau disimpan ditempat lembab atau kering hasilnya sama saja. Gunakan printer untuk mencetak sesuatu agar, head tidak tersumbat.

4. Jangan sering copot-pasang cartridge
Printer kuno masa bodo dengan cartridge-nya, dipasangkan cartridge palsu saja bisa digunakan. Printer sekarang manjannya bukan main. Sering copot-pasang cartridge membuat printer menolak untuk mendeteksi cartridge tersebut, meskipun ori atau bawaan, meskipun masih dalam keadaan baik. Dan sebenarnya memang sudah diprogram dari pabrikan yang memaksa konsumen untuk membeli cartridge. meskipun kondisinya baik-baik saja, tapi diblokir oleh program printernya sendiri. Tapi kan harga cartridge hampir setara dengan printernya!

    Posting Komentar

    0 Komentar