GameSave Manager

Anda kebingungan bagaimana menyimpan game save karena anda tidak tahu dimana file tersebut. Jangan khawatir sekarang ada GameSave Manager yang berfungsi sebagai penyimpan dan mengembalikan game save anda. Software ini akan mendeteksi dan menyimpannya ditempat yang anda inginkan. Software ini juga dapat mendeteksi hampir 500 game lebih dan juga dapat disimpan secara online dengan fitur drobox.

main menu
Screenshot di atas adalah main menu pada software ini, di sana terdapat Backing up yang berfungsi untuk membuat cadangan save game Anda yang nantinya bisa dibagikan pada teman atau hany untuk simpanan saja. Restoring data, berfungsi untuk mengembalikan save game Anda yang telah Anda backup tadi. Software ini juga support steam.

Backup game save
Dari main menu diatas pilih Backing up, setelah itu Anda akan menemui dialog seperti gambar di bawah.
Beri tanda cek pada game yang ingin Anda backup setelah itu pilih icon Run (kotak warna biru berlabel A).
Setelah itu lanjut ke langakah berikutnya.
Merah label B = Hapus save game Anda
Kuning label C = Pindai kembali save game pada system Anda.
Kotak hijau = kembali ke main menu

Lalu, pilih lokasi penyimpanannya, terserah mau Anda simpan dimana. Setalah itu langsung klik OK dan software akan memulai prosesnya. ini tak akan memakan waktu yang lama.

Setelah selesai, baca log! pastikan tidak ada error yang terjadi seperit pada gambar di bawah ini!


Mengebalikan / Restore save game
Dari main menu pilih Restoring Data, setelah itu Anda akan di mintai files yang Anda buat denga GameSave Manager. Carilah file tersebut, Anda bila melakukannya beberapa file sekaligus seperti yang Anda lihat pada screenshoot di bawah.

Selanjutnya beri tanda cek pada save game yang ingin Anda kembalikan/restore. Setelah itu klik tombol Run (kotak biru berlabel A), dan proses pun dimulai.
Kotak hijau label B = untuk menambahkan kembali save game yang ingin di-restore jika berada di folder lain. Karena pada saat open file yang pertama hanya bisa untuk sekali.

Proses pun selesai ingat jangan lupa baca log! Apakah terdapat error saat proses restore tadi? Jika tidak Anda bisa memutup software-nya.


Mudah bukan? daripada melakukannya manual, Anda harus memeriksa satu per satu folder installasi game. Kadang juga save game berada pada registry, seperti game NFS. Satu lagi game bajakan steam tidak terdeteksi karena dipisahkan oleh si pembajaknya.Tak lupa game kecil seperti buatan popcap atau alawar juga tidak terdeteksi, hanya game khusus PC. Tapi kemungkinan dengan versi yang terbaru bisa Selain itu Anda juga bisa merestore pada folder lain.

Untuk mendapatkan software ini silahkan kunjungi situs resminya gamesave-manager.com ini freeware, jika Anda menyukai software ini jangan lupa donasi, agar kedepanya bisa update versi yang lebih baik.
Sekian dari saya dan semoga membantu.

Komentar