Subscribe Us

Emulator untuk GPU internal (lawas)

Pernahkah kamu ingin memainkan game tapi VGA card mu tak mencukupi?, kini tak perlu khawatir karena ada 3D-Analyze yang mengemulasi VGA card jadulmu, hampir semua game bisa untuk dimainkan dan kamu sekarang bisa memainkan game yang kamu suka.

3D Analyzer

Walaupun VGA card mu jadul, itu tidak menjadi sebuah masalah sekarang. Saya sendiri cukup puas dengan software ini, karena komputer tua saya bisa memainkan game berat dengan lancar tetapi spesifikasi komputernya juga tidak terlampau jauh juga.

Tidak banyak yang perlu disetting, hanya perlu mengisi VendorID dan DeviceID, tapi jika kamu tahu lebih yang lainnya juga bisa diisi. Untuk versi 2.37b itu mungkin bukan dari pembuat software (asli), tapi dimodifikasi oleh seseorang dan juga ada perbaikan dari versi sebelumnya.

iGPU VIA mampu menjalankan game Starship Trooper


SwiftShader
Satu lagi software buat mengemulasikan VGA card, software ini lawannya dari DirectX kepunyaan microsoft. Fungsi software ini hanya membantu VGA card kamu yang mempunyai fitur terbatas

Misalnya kamu ingin memainkan sebuah game dengan persyaratan VGA kamu harus memiliki fitur TnL atau PixelShader, sementara VGA card kamu tidak mempunyai fitur tersebut, nah.. di sinilah kegunaan software ini, SwiftShader akan memberikan fitur tersebut agar game yang akan kamu mainin bisa jalan, soal cepat me-render atau kualitas tergantung pada vga kamu, jadi kalau vga kamu sudah kelewat jadul yang jangan dipaksakan, hasilnya pun akan mengecewakan, memang game tersebut bisa jalan tapi lag-nya minta ampun.

Tapi satu lagi yang perlu diingat spesifikasi komputer!
jangan kejauhan, kalo kelewat jauh ya performanya juga turun.
cara pakai bagaimana? sangat mudah tinggal copy 3 file (d3d9.dll, d3d8.dll dan swiftshader.ini) lalu paste di game directory kamu atau tempat kamu meginstal game tersebut.

Link downloadnya dibawah oh.. ya watermarknya sudah dihilangkan, kalau tidak dihilangkan cukup mengganggu karena ukurannya besar. dari kedua software diatas menurut saya yang paling bagus ya SwiftShader, karena 3D Analizer mungkin sudah tidak diupdate lagi
UPDATE 2017: Mengingat ini pos tahun 2011, maka sudah jarang yang memakai GPU keluaran tahun dibawah pos ini sendiri, dan hampir bisa dikatakan bahwa dengan gpu keluaran yang sekarang dapat menjalankan game dengan baik sekalipun dengan gpu onboard.

Mediafire

credited to:
  • Kajinkodda
  • downloadsnhacks.blogspot.com
UPDATE 2023
ada yang lebih baik dari pada ini, gunakan API Wrapper! artikelnya bisa ditemukan pada link ini: Solusi Kompabilitas Gaming

Posting Komentar

6 Komentar

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan