Guide: Memilih Flashdisk


Flashdisk, media penyimpanan yang satu ini mudah sekali ditemui, dan beragam bentuk, fitur serta fungsi. interface yang digunakan pun sekarang sudah berkembang dan yang terbaru menggunakan USB 3.0 yang mendukung kecepatan tinggi dalam mentransfer data. Sebagai konsumen sebaiknya pintar dalam memilih media penyimpanan satu ini, karena dari segi harga dan fitur kadang tidak sebanding. Selain itu juga flashdisk paslu walau harga murah tapi sangat merugikan. Nah.. kali ini saya akan membahasnya secara lengkap, berikut tipsmya!

Bentuk
Jangan tergiur dengan bentuk yang aneh-aneh, tapi pilihlah bentuk yang compact atau ramping dan kecil. Ini nantinya akan bermanfaat jika Anda menancapkan 2 flashdisk bersebelahan seperti pada mobo atau laptop Anda akan mendapat kesulitan karena port USB yang jaraknya berdekatan.

Produk Asli
Agar Anda tidak tertipu dengan produk palsu, cara yang paling mudah adalah kenali dulu merk apa yang sering dipalsukan, jika sudah tahu maka belilah merk lain walaupun jarang ada dipasaran paling tidak Anda bisa terhindar dari produk palsu.

Kapasitas
Sekarang ini kapasitas flashdisk sudah besar dari 4 GB - 32 GB. Tapi tunggu dulu, perlukah kapasitas yang sebesar itu?
Jika Anda sering menyimpan file dokumen tentunya Anda tak perlu kapasitas yang besar, karena file dokumen umumnya kurang dari 1 MB. Tapi akan sangat berbeda jika Anda sering ke warnet dan mendownload berbagai macam file sperti game, musik, software tentu akan membutuhkan kapasitas yang besar.

Kecepatan Baca Tulis
Untuk urusan baca tulis yang satu ini perlu untuk diperhatikan.
Dapatkan review terlebih dahulu tentang produk yang ingin Anda beli di internet, majalah atau teman. agar nantinya tidak menyesal saat membelinya.
Bayangkan jika Anda mentransfer file 1 GB membutuhkan waktu 1 jam, apa Anda ingin menunggu selama itu?

Daya Tahan
Daya tahan sebuah flashdisk tergantung penggunanya, Jika diperlakukan dengan wajar seperti menggunakan fasilitas eject sebelum mencabut flashdisk tentunya akan dapat bertahan lama. Tapi jika sering cabut-colok ya.. siap-siap beli baru.
Di sini garansi berperan penting tapi jarang ada toko yang mau mengurusi garansi resmi flashdisk.

Bergunakah fitur Bergunakah pada flashdisk
Sekarang Ini sering sekali flashdisk terkena virus, dan produsen flashdisk menyisipkan software security apakah itu efektif? Jawabnya hanya 50% kefektifannya, karena 50% dari flashdisk dan 50% dari penggunanya, lantas mengapa demikian? Produsen sudah mendisain produknya agar file yang tersimpan didalamnya aman dari virus yang dikenal dengan teknologi enkripsi tetapi flashdisk tetap dapat kemasukan virus. Huh! kok bisa begitu? 

Virus yang masuk dalam flashdisk dapat diibaratkan sebuah telur, ketika Anda menancapkan Flashdisk pada PC yang terkena virus, maka virus tersebut akan menginfeksi flashdisk (menaruh telurnya). Jadi ketika Anda menancapkan flashdisk pada PC Anda maka telur tesebut menetas dan antivirus akan memindai dan menghapusnya agar tidak menginfeksi PC Anda.

Bagaimana dengan file dalam flashdisk? virus dalam flashdisk kebanyakan tidak merusak karena file yang terenkripsi (virus hanya numpang eksis) tapi menyembunyikan file asli dengah atribut khusus agar tidak terlihat bagi orang awam dan menggantinya dengan file palsu.

Fitur vs Harga
Beragam fitur yang diberikan oleh produsen seperti anti air, anti panas, anti virus, tahan banting dsb. pertanyaannya, apakah Anda memerlukan yang seperti itu?
Jika Anda pengguna biasa Anda tidak akan memerlukannya, Tetapi jika Anda pengguna ekstrim, suka berpetualang atau tinggal ditempat yang ekstrim tentu Anda akan memerlukannya.
USB 3.0 adalah fitur terbaru yang memberikan kecepatan transfer yang tinggi, ini tidak akan berguna jika Anda tidak menggunakan port USB 3.0.
Seteah Anda mengetahui fiturnya sekarang pikirkan, apakah pantas dengan harga yang diberikan? Anda sendiri yang dapat menentukannya!

Kesimpulannya adalah...
- utamakan bentuk ringkas
- tentukan kapasitas
- dapatkan review produk
- pertimbangkan antar fitur dan harga

*baca juga tips terhindar flashdisk palsu

Sekian tips yang dapat saya berikan karena terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Komentar