Subscribe Us

Troubleshooting: Flashdisk Teredam Air

Sungguh menyebalkan memang kalau flashdisk terendam/terkena air. Hal tersebut terjadi karena lupa atau kecerobohan diri sendiri, namanya juga manusia, hehe. Pasti merasa panik, bagaimana kalo flashdisk-nya rusak? padahal flashdisk tersebut harganya mahal, aduh.. inikan punya teman saya, saat ini saya sedang tak mempunyai uang, dan lain sebagainnya.

Tenang dulu... masalah tersebut pernah saya alami. Pertama, waktu itu saya menyimpan flashdisk di saku baju. Ketika saya hendak mengambil minuman, flashdisk saya tercebur ke air minum (air biasa). Maklum casing flasdisk saya cukup licin. Kedua, Waktu itu saya lupa memeriksa katong celana saya dan alhasil flashdisk mungil saya tercuci air+deterjen.

Berikut beberapa cara untuk menyelamatkannya:
  1. Bongkar casing jika memungkinkan, lalu lap dengan tisu kertas, karena cepat menyerap.
  2. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan.
  3. Ambil sebuah wadah tidak terlalu besar, letakan flashdisk tersebut, tambahkan silica gel sekantong saja cukup untuk menyerap kelembapan. tutup wadah tersebut dan letakan ditempat yang kering.
  4. Tunggu hingga 24 jam atau lebih baik 36 jam
  5. Setelah melewati waktu yang ditentukan, periksa kembali flashdisk tersebut, jika sudah benar kering, coba tancapkan ke komputer.
Semoga saja flashdisk tidak mati.

Flashdisk saya baerhasil terselamatkan dan sampai sekarang masih normal bisa digunakan.
Perlu iingat juga ketahanan flashdsik berbeda, jadi jangan salahkan saya kalau cara-cara diatas tidak membuahkan hasil.

Semoga bisa membantu :)

Posting Komentar

0 Komentar