Trik: Menyembunyikan Drive di My Computer

Anda menyimpan dokumen / file penting di harddisk komputer, dan Anda ingin agar orang lain tidak merubah isi harddisk dimana Anda menyimpan dokumen / file tersebut? Caranya gampang hanya perlu menyembunyikan drive dimana Anda menyimpan dokumen-dokumen penting. Tak perlu software, tak perlu memakai password, dan cocok untuk PC yang dipakai bersama-sama seperti PC yang dipakai oleh keluarga atau client di warnet.

Apa drive tersebut masih bisa diakses? tidak perlu khawatir karna drive yang Anda sembunyikan tadi masih bisa dibuka dengan mengetikan Letter atau huruf pada address bar windows explorer.

Tutorial ini telah diuji pada windows Vista, 7, dan 8.
Sedangkan pada windows XP belum di coba, nanti saya update jika bisa digunakan pada windows XP Pada Windows XP tidak bisa!

PERINGATAN!
  • Hati-hati dalam mengubah registry pada Windows karena akan menyebabkan ketidakstabilan sistem, error, malfungsi, tidak bisa booting, dll. 
  • Jangan sembarangan mengubah registry, jika tidak tahu / tidak berpengalaman mengubah Registry mintalah sodara / teman yang sudah berpengalaman. 
  • Periksa 2x atau lebih sebelum menutup Registry Editor. 
  • Jangan menginggalkan Registry Editor dalam keadaan terbuka. 
Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama jalankan registry editor, dengan menekan WIN + R lalu ketikan regedit
  2. cari key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
  3. Anda tidak menemukan key Explorer? buat sendiri dengan klik kanan key policies - plih new - pilih key, beri nama Explorer.
  4. Di dalam key Explorer klik kanan - New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama NoDrives
  5. Lalu, klik 2x pada key NoDrives - pilih decimal - dan isikan value
    cara mengisi value
    lihat tabel berikut:

    Pilih drive mana yang ingin Anda sembunyikan, misalnya A dan B tinggal jumlahkan A = 1 dan B = 2 jadi A+B = 1+2 hasilnya 3. Lalu isikan pada value di key NoDrives.
    *Anda juga bisa menggunakan Hexadecimal tau Decimal
  6. Jika sudah selesai restart komputer Anda.
    Dan sekarang drive tadi sudah hilang dari My Computer
Cara mengembalikan drive yang Anda sembunyikan adalah dengan menghapus key NoDrives tadi yang Anda buat dan restart komputer Anda.

Komentar