Tutorial: Setting Windows XP

Mengoptimalkan kinerja Windows XP sangatlah penting agar pekerjaan Anda tidak terganggu karena fitur yang tak terpakai berjalan dengan sendirinya, dan memperbanyak RAM yang kosong.
Untuk mengoptimalkan kinerja Windows XP maka diperlukan beberapa setting dan tidaklah terlalu sulit. Dengan mengikuti tutorial yang saya berikan Anda pasti bisa.
Tutorial ini disarankan setelah instal windows dan driver 
Berikut tutorial mengoptimalkan Windows XP
Pertama mulailah dari Control Panel, bagaimana mengakses control panel?
Duhh.. baiklah buka control panel dari start - control panel atau my computer - control panel


Kedua, sekarang menuju Security Center, seperti gambar dibawah ini, tinggal ikuti nomor pada gambar
Tujuannya disini untuk menon-aktifkan pop-up pemberitahuan keamanan, Jika  lebih suka menggunakan Antivirus favorit Anda.
Pilih juga Antivirus yang memiliki fitur lengkap seperti firewall, internet security, realtime protection. fitur tersebut bisa Anda dapatkan pada Antivirus Kaspersky, Norton, Avast (free), dll. Saya tidak merekomendasikan Anda memakai Smadav karena hanya ada fitur realtime protection, dan antivirus ini dirancang untuk portable.
Pop-up keamanan yang mengganggu 

Belum selesai masalah security, non-aktifkan pula firewall, pada Windows Firewall. Karna akan menggunakan firewall dari antivirus Anda sediri yang lebih hebat!
firewall windows tak dibutuhkan

Terakhir untuk masalah security masuklah ke Group Policy dengan menekan tobol Win + R pada keyboard dan ketikan gpedit.msc dan terbukalah Group Policy, sekarang anda ikuti nomor pada gambar.
Disini tujuannya untuk menon-aktifkan fitur autorun, yang biasanya sarana penyebaran virus dari device usb seperti flashdisk, harddisk portable dan juga cd yang ada virusnya. karena jika fitur ini aktif tiap kali Anda menancapkan devide usb maka windows akan membacanya terlebih dahulu, nah... dari sinilah virus autorun beraksi.
disable autorun meminimalisir masuknya virus dari usb

Masih pada Group Policy, tinggal ikuti nomor pada gambar. kali ini untuk PC yang terhubung dengan internet
Disini akan memaksimalkan bandwidth yang Anda punya, dengan memberi nilai 0 pada limit reseve bandwdith, karena pada setting default windows akan membatasi bandwidth 20% untuk update windows, tapi bukankah lebih senang jika Anda mendowload / surfing internet lebih cepat?
internet full speed, yeah!

Selesai urusan security, sekarang menuju ke Display, bukalah Display properties dan ikuti nomor pada gambar. Setelah selesai jangan lupa klik OK
Sekarang Anda akan menon-aktifkan beberapa animasi pada windows, untuk meringankan load pada windows. Apakah Anda sering mengamati animasi windows atau Anda lebih suka jika windows lebih responsif? itu tergantung Anda sendiri


Setelah selesai kita langsung menuju ke System - pilih tab Advanced tinggal ikuti nomor pada gambar dibawah. Perhatian, disini pilih 4 centang pada box seperti pada gambar jika tampilan desktop Anda tidak mau berubah menjadi klasik, dan disarankan hilangkan semua centang jika PC Anda masuk dalam spesifikasi minimum. (bagi saya pribadi lebih suka klasik) Jika sudah klik OK.
meningkatkan kinerja tanpa mengurangi kecantikan windows

Masih berlanjut pada System Properties - Preferences Options sekarang pilih tab Advanced dan seperti biasa ikuti nomor pada gambar dibawah. Disini Anda harus memberikan virtual RAM yang akan digunakan untuk program dalam background. Berikan 2x lipat dari RAM yang anda punya dan kapasitas yang diambil dari harddisk Anda.
beri virtual RAM untuk meringankan beban windows

kembali pada System Properties dan sekarang menuju ke Startup and Recovery, ikuti nomor pada gambar dibawah. Tujuannya disini untu menon-aktifkan automatic restart jika terjadi kesalahan pada windows seperti bluescreen. Jangan lupa jika sudah klik OK.
Loh.. bukannya biar ga repot? itu salah, ada baiknya kita merestart komputer sendiri, karena jika terjadi bluescreen Anda bisa mengetahui code dari bluescreen itu sendiri dan mencari tahu apa penyebabnya. Lebih bergunanya lagi ketika Anda melakukan kesalahan dan membuat komputer restart dengan sendirinya secara terus menerus yang membuat bingung, padahal itu adalah bluescreen.
disable automatic restart ketika system mengalami bluescreen

Kembali ke System Properties sekarang menuju ke Remote, ikuti nomor pada gambar dibawah, Jika sudah jangan diklik OK dulu, belum sesesai.
Menon-aktifkan fitur remote komputer disarankan untuk PC pribadi agar tidak di-remote dari luar, dan juga jika PC Anda tidak terhubung pada jaringan fitur ini tidak akan berguna.
Tapi jika komputer dalam jaringan seperti LAN pada sebuah perusahaan, sekolah, atau warnet tidak Saya sarankan karena Anda dapat mematikan komputer-komputer klien dari komputer server, bertujuan agar Anda tidak mematikan komputer satu persatu dan juga anda dapat memonitori komputer klien dari komputer server. Jadi lebih mudah, bukan?
lindungi komputer dengan disable remote asistance

Fitur Automatic Updates sungguh membantu untuk memperbarui windows Anda, tetapi jika tak terhubung dengan internet akan sangat mengganggu karena akan ada notifikasi untuk meng-update windows. Maka lebih baik non-aktifkan saja. Saya sendiri menon-aktifkan fitur ini walaupun terhubung dengan internet.
tak terupdate, tak apa-apa

Dan ini yang terakhir, menon-aktifkan restore point, karena akan memakan isi harddisk. Tapi sebelum menon-aktifkan fitur ini lebih baik Anda membuat restore point dan simpan ditempat yang aman, Agar nantinya jika ada kesalahan pada Windows maka Anda tinggal merestore point yang Anda buat tadi.


Selesai Sudah mengoptimalkan Windows yang selesai diinstall, dan jangan lupa setelah menerapkan setting di atas restart PC Anda, untuk memberikan efek yang nyata. Ada tambahan untuk mengoptimalkan windows yaitu dengan XP anti-spy dengan menon-aktifkan service atau dengan Tune up dengan mengoptimalkan system dan software yang terinstal. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya dengan berkomentar dibawah.
Sekian dulu tutorial yang saya berikan semoga membantu.

Komentar