Subscribe Us

Tutorial: Mengganti Thermal Paste GPU


Wuih.. sudah lama tidak dibersihkan, berdebu sekali VGA card-nya. Dalam merawat perangkat PC debu selalu menjadi masalah utama bagi saya. Entah karena penempatan PC yang tidak strategis, ventilasi udara kurang baik, atau memang malas, hehehe.. ini hal sepele, tapi sering diabaikan, dan tentu saja ada pengaruhnya, seperti lag pada game, performa menurun, dan tentu saja suhu yang naik.

Seperti kasus yang saya alami, memainkan game Sleeping Dogs, ketika beberapa menit mulai terasa lag. VGA card cukup untuk menjalankan game tersebut, walaupun setting diturunkan lag masih ada.
Akhirnya saya selidiki, dan ternyata panas yang cukup tinggi membuat GPU kepanasan dalam mengolah grafis.

Maka dari itu kali ini saya akan memberikan tutorial membersihkan dan menganti thermal paste pada sebuah VGA card. VGA card yang saya gunakan kali ini adalah ASUS EAH4350 silent edition. selain itu saya menggunakan thermal paste merk COOLER MASTER tak lupa juga obeng, kuas, dan tisu.

Langkah-langkah (Memberihkan dan mengganti Thermal Paste)
Sebelum melakukannya berikut screenshot pada CCC seperti, yang dapat dilihat pada gambat di bawah. suhu menunjukan 47 drajat celcius pada saat idle.

Tapi ketika full activity atau dengan kata lain saat memainkan game mencapai 75 derajat celcius bahkan lebih. Wow untung tidak meledak VGA cardnya, hehehe..
"tunggu dulu... mana buktinya?"
Ahh... kali ini saya kurang beruntung. saya gagal menangkapnya karena windows terdeteksi bajakan dan driver not responding. windows sialan! tapi percayalah itu benar!

Pertama buka casing PC dan ambil VGA card tersebut. Ini lah penampakan dari VGA tersebut.
"kok ga ada fan-nya?"
ya iyalah inikan silent edition!

Kedua, lepas semua baut pada heatsink dengan hati-hati. bila Anda memiliki VGA dengan fan lepas juga dan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan kuas, atau penyedot debu.


Ketiga, Lalu bersihkan sisa thermal paste yang menempel pada GPU dan Heatsink, sebersih-bersihnya, tak lupa juga  untuk berhati-hati dalam membersihkannya.
Jika sudah selesai ganti thermal paste dengan yang baru, jangan terlalu sedikit/banyak, kira-kiranya sebesar biji beras.
Sebenarnya saat langkah-langkah pembersihan ini tidaklah maksimal, seharunya menggunkan cairan alkohol 99% dan kain fiber agar bersih secara maksimal. hal tersebut dikarenakan keterbatasan, dana, perangkat dan bahan, sekaligus penjual.

Keempat, pasang kembali heatsink dengan baut tapi tunggu dulu, lihat gambar di bawah! 
Pasanglah secara diagonal! dan jangan kencangkan bautnya terlebih dahulu, sekarang balik dan goyangkan heatsink sedikit agar thermal paste tadi merata di permukan chip GPU.
tak perlu lama-lama cukup 3-5 kali sudah cukup, pasang dan kencangkan baut.


selesai?  Jangan lupa pasang kembali di motherboard, dan nyalakan PC-nya!


PENGUJIAN

Setelah masuk desktop dan periksa CCC (Catalyst Control Center) apa yang terjadi?
suhu turun menjadi 35 derajat celcius keadaan idle! terlihat perbedaan yang signifikan dari yang sebelumnya. Saatnya mencoba memainkan game Sleeping Dogs selama satu jam dan panas yang didapatkan hanya 65 derajat dan suhu ini stabil. 

VGA card tersebut adalah kelas low-end yang tentunya bukan untuk memainkan game berat semacam Sleeping Dogs. tapi mau bagaimana lagi, karena budget terbatas dan ingin memainkan game kesukaan. VGA di atas cocok utnuk untuk yang gemar mengolah gambar seperti Photoshop atau Corel Draw, dengan budget minim bisa mendapatkan kualitas yang baik.

UPDATE 1
Waktu saya membenahi tempat saya menyimpan hardware yang tak terpakai, saya menemukan fan prosesor yang tak terpakai dan masih berfungsi. Tiba-tiba muncul ide! dari pada tak terpakai mungkin berguna jika saya tambahkan pada VGA-card tadi.

MOD ASUS EAH4350 (Noise Edition)
Langsung saya buka casing, ambil kembali VGA card-nya dan tempelkan di atas heatsink.
voila! ternyata pas dengan ukuran heatsink. bisa dilihat pada gambar dibawah!
fan yang saya gunakan berukuran 6 cm.


Saatnya tes, yang saya dapatkan cari CCC adalah saat idle suhunya 35 derajat celsius dan saat memainkan game Sleeping Dogs adalah 50 derajat celsius ternyata lebih baik dari sebelumnya, rata-rata suhu ini stabil!



UPDATE 2 
VGA card yang tak terpakai.
Sedikit tambahan untuk merawat VGA card yang tak terpakai, jangan letakan dalam kardus atau dibiarkan begitu saja. Tapi bungkuslah dengan plastik khusus elektronik seperti kantong plastik anti skatik. Agar perangkat aman dari listrik statik yang dapat merusak komponen didalamnya.

Akhirnya selesai juga post saya kali ini! Bila ada perubahan nanti saya update.
Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.
Tutorial lengkap, VGA (Sapphire 7870 OC Edition ) bisa anda temui pada forum LTT yang di-share oleh member yang berinisial Wats, dengan bahasa inggris.

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Mau Nanya kalau di vga saya DA HD 4650 DDR2 128bit 512mb Waktu di windows 7 Suhu Mencapai Max Temperature pas main games langsung Mati layar nya pas di restart normal lagi ??? GImana cara benerin nya ya bang admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, bersihkan fan sama heatsink, baik cpu / vga. bila perlu semua yg ada di casing pc.
      kedua, bila di-overclock kembalikan pada setting default baik cpu / vga.
      ketiga, bila dirasa perlu ganti thermal pasta

      sebenarnya bisa dengan mematikan fitur max temp pada bios.
      untuk jaga2 sih biasanya saya set max 80c.

      apa terjadi saat main game aja? dan main game apa?

      Hapus
  2. Gan, kalau untuk VGA Laptop gimana cara nerapin thermal pasta-nya?. Saya make nVidia GT 525M. Idle 65 C pas full load 105 C. pas main game langsung nge-lag abis. Main FC 3 dari 60-an bisa turun langsung ke 10-an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama seperti ganti thermal cpu, hanya perlu bongkar laptop.
      tapi kebanyakan kalau laptop panas itu bukan karna thermal paste, melainkan lubang ventilasi fan ketutup kotaran atau debu.

      Hapus
  3. Mau nanya gan, cara buat mod supaya ada kipasnya itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan ukuran kipas dan heatsink gpu. Sesuaikan lubang kipas dg celah2 heatsink, lalu dibaut.
      Hubungkan kabel fan dg psu atau mobo.
      Minusnya, putaran kipas tidak bisa dikontrol, putaranya secara default dari kipas.

      Hapus
  4. gpu/cga saya bisa sampai 90 derajat saat maen pes 2017 itu udah overheta x y,,kudu diganti pastanya nch

    BalasHapus

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan