Tips: Merawat Hard Disk Drive


Setelah sekian lama menggunakan komputer dan tidak pernah dirawat hanya asal pakai. Kemudian berdebu dan temperatur naik juga tidak dihiraukan. Suatu saat komputer dinyalakan tidak terdeteksi HDD. Lalu Anda mulai mendengar bunyi Aneh pada HDD Anda dan ternyata HDD mati "yah.. mana data belum di backup"


Untuk menghindari kejadian di atas maka saya akan memberikan tips merawat HDD, tips berikut dapat memperlambat penuaan HDD memperpanjang umur HDD, ini berlaku baik HDD internal / external dan tidak berlaku pada Flash drive dan SSD. Langsung saja, berikut tips-nya:

1. Hindari Benturan
Menempatkan barang sembarang dan tak sengaja tersenggol dan jatuh. Menempatkan barang dengan melempar/menjatuhkannya. Menaruh barang dicampur dengan barang lainnya.
Hindari hal-hal di atas, walau HDD mempunyai fitur shock.

2. Jangan dikocok
Saat Hard disk aktif, putaran HDD sangatlah cepat 10000-5200rpm dan tentunya menimbulkan getaran.
Pada laptop jangan mengangkat/memiringkan secara tiba-tiba, karena dapat menimbulkan cacat pada piringan cakram.
Untuk desktop pasanglah HDD dengan benar mau vertikal / horizontal itu terserah yang penting pemasangan baut musti kencang, jangan sampai goyah, ingat putaran HDD menimbulkan getaran.
Untuk HDD external taruh ditempat yang stabil.

3. Jangan kena arus pendek / listrik mati mendadak
ini sangat penting jika Anda peduli dengan isi HDD Anda. Selalu periksa kabel power PSU / kabel data (SATA/IDE) pastika terpasang dengan benar dan kencang atau tidak goyah agar koneksi listrik dan data HDD tetap terjaga.
Gunakan juga UPS alat ini sama halnya dengan baterai pada laptop tapi ini khusus untuk PC desktop.
Pengguna laptop selalu pasang baterai!

4. Jaga temperatur
Tak perlu membukka casing dan menyentuh HDD untuk mengetahui suhunya. cukup dengan menggunakan software semacam Hwmonitor, HD tune, HD sentinel, dan masih banyak lagi. Software tersebut akan memantau HDD Anda.
Selain software, lihat juga sirkulasi udara di casing Anda, jangan sampai ada kabel yang acak-acakan, ventilasi kotor, sampai berdebu. itu perlu diperhatikan karena jika tidak hal tersebut dapat meningkatkan suhu dalam casing dan tidak hanya HDD perangkat lain pun ikut berumur pendek.

5. Gunakan S.M.A.R.T
HDD sekarang sudah memiliki fitur ini tinggal aktifkan melalui BIOS. fitur ini akan memantau HDD bila ada kerusakan maka akan terdeteksi saat boot atau saat scan menggunakan software. Walau tidak sepenuhnya benar tapi fitur ini dapat mengantisipasi bahwa HDD akan menemui ajalnya.

6. Beri waktu istirahat
HDD juga perlu istirahat, "HDD disuruh muter terus juga bisa pusing" jika Anda tidak memakai komputer maka matikanlah. Beberapa komputer yang saya temui ketika dalam keadaan stanby (bukan on) HDD masih aktif. jadi shutdown / turn off lebih baik!
Jangan biarkan HDD aktif 24 jam secara terus menerus.
Jika Anda tidak memakainya/memasangnya dalam jangka waktu lama, bungkuslah HDD dengan plastik anti listrik statis dan simpanlah pada tempat yang kering dan aman.

7. BACKUP! (Optional)
Jangan Lupa membackup isi HDD, backuplah yang menurut Anda paling berharga. Karena jika terjadi sesuati pada HDD utama Anda, maka tidak perlu khawatir akan data yang tersimpan di dalamnya.

Begitulah tipsnya, bila masih bingung Anda bisa bertanya dengan memposting komentar Anda di kotak komentar dibawah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca juga,
- mengenali kerusakan dari suara- Bahaya listrik statisMerawat Mouse
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support