Tips: Komputer Aman dari Virus




Antivirus selalu di-update dan tidak pernah ketinggalan, Firewall selalu aktif. Tapi selalu ada saja virus yang bisa masuk ke sistem, apanya yang salah? Apakah kualitas no.1 pada Antivirus hanya label saja? dan Mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang muncul.

Sebenarnya secanggih apapun keamanan pada sistem tetapi semua itu tergantung penggunanya, dan seringnya kelalaian user yang menyebabkan virus dapat masuk ke sistem. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara terhindar dari virus yang tersebar melalui jaringan atau removable drive.

Kenali virus
Jika Anda pernah terserang virus lebih baik pelajari virus apa saja yang pernah menyerang komputer Anda. Pelajari darimana datangnya, bagaimana virus menyerang, apa ciri-ciri virus tersebut, gejala apa saja yang timbul saat virus menyerang, dan pelajari bagaimana membersihkannya.

Jadi tiap kali kena virus bukannya re-install OS, atau format drive, apa lagi beli flash drive lagi. Karena mulai dari sini Anda akan tahu apa-apa saja yang harus Anda perhatikan dan cara amankan komputer dari virus tersebut.

Antivirus bukan penangkal virus!
Antivirus hanya sebuah pemandu Anda dalam mengenali file yang terinfeksi virus atau file yang memiliki aktivitas seperti virus, dan memperingatkan Anda bila ada file yang mencurigakan dengan ciri-ciri mirip sebuah virus (keygen, crack, dll). Semua keputusan ada ditangan pengguna, apakah mau diabaikan, hapus, atau karantina?

Selalu aktifkan Antivirus!
Mengaktifkan Antivirus secara real-time dan tidak lupa update database terbaru. Ini berguna saat tiap kali Anda menancapkan USB flash drive punya teman atau saudara ke komputer Anda. Dimana sebelumnya flash drive tersebut ditancapkan ke komputer yang proteksinya kurang baik. Antivirus akan mendeteksi virus yang ada di flash drive tersebut. Sekali ditemukan langsung hapus, atau komputer Anda terinfeksi.

Setelah Anda tahu bagaimana cara mengamankan sistem komputer Anda sekarang, masuk ke dunia internet yang luas dan berbahaya.

Iklan yang tidak sehat
Menjelajahi situ-situ di internet memang mengasyikan apa lagi situsnya dihiasi iklan yang membuat penasaran, hahaha... namaya juga strategi marketing. Tapi tahukah Anda iklan juga bisa menyesatkan Anda dengan tampilan yang menarik sehingga membuat Anda mengklik iklan tersebut.

Tetapi dibalik iklan tersebut ada sebuah malware yang menyusup ke sistem komputer Anda tanpa diketahui. Saya berikan contohnya sebagai berikut: 
  • plugin flash player gadungan
  • iklan Antivirus yang mendeteksi virus di komputer Anda
  • Iklan Anda mendapatkan hadiah, 
  • dan masih banyak lagi. 
Download yang menyesatkan
Pada sebuah file hosting terdapat iklan-iklan yang membuat file hosting tersebut hidup. Tapi apa jadinya jika iklan tersebut itu malah menyesatkan Anda, bukan file yang Anda download melainkan sebuah malware. Maka Anda wajib berhati hati.
Anda dapat mengatasinya dengan menangkal iklan-iklan nakal menggunakan plugin/add-on adblock, tapi ruginya iklan yang baik juga ikut terblokir.

Installer yang mencurigakan
Poin ini masih kelanjutan dari poin sebelumnya setelah mengklik link download yang benar maka muncul sebuah peringatan file download tersebut dengan informasi yang benar. Jika Anda mendownload file .rar tapi yang muncul .exe berhati-hatilah itu juga bisa menjadi sebuah malware ketika Anda mendownloadnya. Memang terlihat sepele tapi sebuah Antivirus yang handal dapat mendeteksinya dan tersisip sebuah malware bila ada.

Terselip disebuah Installer
Masih kalanjutan pada poin sebelunnya, Setalah file tersebut mendarat di HDD Anda, maka ketika Installer dijalankan JANGAN ASAL KLIK “NEXT, karena sekarang banyak installer yang tersisip oleh add-on / toolbar / aplikasi lain yg tidak penting dan kadang malware memanfaatkan celah keamanan ini untuk masuk kesistem Anda. Jadi perhatikan langkah Anda saat menginstall sebuah Software.

Sudah saya uji lebih dari satu tahun dan OS tetap aman dari virus hanya bermodal firewall.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Komentar