Subscribe Us

Tutorial: Perbaikan bad sector pada HDD (1/3)


Entah dari mana asalnya, tiap kali ada pasti mengganggu. File tidak dapat diakses, kinerja terhambat, sampai tidak bisa boot sama sekali. Bad sector biasa ditemui pada hard disk yang sering sekali melakukan baca-tulis, dan tentunya sudah berumur.

Sebelum Anda masuk ke tahap perbaikan ada baiknya bila Anda mengetahui sedikit tentang bad sector. Bad sector saya bagi menjadi dua, yaitu:
  • Fisik / hard. disebabkan karena kerusakan fisik,seperti head HDD rusak, atau goresan halus pada piringan. sedangkan pada SSD rusaknya flash memory cell, atau karena pemakaian yang sudah lama. Ini tidak bisa diperbaiki. 
  • Logik / soft. dimana cluster dari HDD tidak bekerja dengan baik. ketika OS membaca sektor tersebut tetapi error, karena data yang dibaca tidak sama dengan yang tertulis. ini bisa jadi bad sectors, tapi bisa diperbaiki dengan low-level format. 
Persiapan sebelum melakukan perbaikan HDD.
  1. Backup data “penting” di dalamnya dengan memindahkan ke media penyimpanan lain yang masih normal. karena prosesnya yang akan membutuhkan formal ulang seluruh partisi HDD dan kemungkinan tidak bisa di-recovery
  2. Download software yang diperlukan. Tidak perlu semuanya (seperti HBCD) download secara terpisah itu sudah cukup dan menghemat waktu. 
  3. Lama prosesnya, tergantung pada banyaknya kapasitas HDD dan kelancaran pada sistem komputer yang dipakai. 
  4. bila Anda hanya mempunyai satu HDD di komputer, maka akan memerlukan windows live CD yang terdapat juga pada HBCD. Karena OS windows ini akan berjalan di RAM, sehingga HDD tidak diakses oleh windows jadi lebih aman, tapi ingat poin pertama. 
  5. Pastikan fitur S.M.A.R.T aktif untuk mengetahui kelayakan pemakaian pada HDD , Karena software yang akan digunakan juga akan menggunakan fitur ini. 
Bersambung – Langkah-langkah Perbaikan HDD:
Perbaikan HDD bagian 2
Perbaikan HDD bagian 3

Posting Komentar

0 Komentar