Subscribe Us

Tutorial: Perbaikan bad sector pada HDD (3/3)

Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya pada tutorial bagian ketiga atau yang terakhir adalah untuk user tingkat lanjut, jadi bagi Anda yang awam tidak disarankan untuk melakukkanya. Tapi jika Anda tetap ingin mencobanya, resiko ditanggung Anda sendiri bila terjadi kehilangan data atau kerusakan HDD.

HDD Regenerator
Langsung perbaiki bad sector tanpa kehilangan data di dalamnya adalah keunggulan pada software satu ini. Software ini berjalan dibawah kendali DOS yang tak ada namanya GUI. Tampilan sederhana yang mudah untuk dimengerti. Anda juga dapat memindai bad sector pada HDD seperti HD Tune, tapi lebih spesifik! Anda bisa mengetahui dimana letak atau pada sector atau megabyte keberapa bad sector itu berada.

1. Boot HDD Regen menggunakan CD, bila menggunakan media lain pastikan BIOS mendukung media tersebut.

2. Setelah masuk, maka Anda akan diminta untuk memilih HDD atau partisi yang akan di perbaiki. Dengan memasukan nomer pada partisi / HDD. Bila Anda hanya mempunyai satu. Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan atau ESC untuk keluar.


3. Pilih nomer 2 untuk memindai HDD atau pilih nomer 1 untuk memindai dan memperbaiki HDD. Dan proses pun akan dimulai.


4. Jika terdapat bad sector maka secara otomatis langsung diperbaiki ditandai dengan “R”.


5. Setelah selesai maka Anda bisa melihat hasil keseluruhan. Bila terjadi interupsi, maka Anda masih bisa melanjutkannya dengan dari langkah 1-4.


6. Tekan ESC untuk menghentikan proses, lalu muncul seperti gambar dibawah dan pilih nomer 3.


7. Selanjutnya gunakan tombol panah untuk navigasi sector, Anda perlu mengingat dimana terakhir kali sector di-scan. Lalu tekan Enter.

Softwarenya Anda bisa dapatkan di web resminya berupa demo dengan mengklik link dibawah ini atau menggunakan mirror.

DOOWNLOAD
Official Web  |  Mediafire | 876KB

SpinRite 6
Sama dengan HDD Regenerator, tapi lebih banyak informasi dan opsi yang dapat dipilih, dari scan sampai perbaiki seluruh sector dengan langsung tes, yang tentunya memakan waktu yang lama.

1. Boot HDD Regen menggunakan CD, bila menggunakan media lain pastikan BIOS mendukung media tersebut.

2. Masuk tampilan utama SpinRite dan tekan sembarang tombol 2x, kecuali ESC untuk keluar.



3. Pada tampilan ini Anda diminta untuk memilih:
Level 2 = memperbaiki sector yang rusak tanpa kehilangan data.
Level 4 = memperbaiki semua sector, tanpa kecuali.


 4. Pilih nomer 1. Select Drives/Partition


5. Bila Anda memiliki partisi pada HDD, maka Anda dapat memilih partisi yang akan diperbaiki dengan menekan tombol space sehingga akan muncul tanda cek. Bila tidak maka akan tampil seperti gambar dibawah, jangan lupa tekan tombol space untuk memilih. Jika sudah tekan Enter


6. Tekan Enter lagi. Dan proses perbaikkan dimulai.


7. Bila terjadi interupsi Anda bisa melanjutkannya kembali, dengan dari langkah 1-5.
8. Lalu pada menu ini, tekan shift+enter.



9. Tampillah menu ini, dan tentukan dari persen berapa Anda akan memulai perbaikan.

10. Dan setelah selesai tampil hasilnya dengan ditandai “SpineRite level 2 Operation Complete”


Bila semua bad sector telah hilang atau teselesaikan, jangan lupa untuk memindai kembali HDD Anda. Biasanya bad sector bisa muncul kembali walau proses perbaikannya mengatakan sukses. Bila hasilnya tak ada bad sector berarti Anda sudah berhasil! Dan Anda bisa mempartisi kembali HDD Anda.

Sayang, saya tidak menemukan web resmi dari Spinrite ini untuk mendapatkan informasi dan versi terbarunya, jadi untuk sementara menggunakan versi 6.

DONWLOAD
Mediafire | 233KB

Begitulah sekiranya beragam cara memperbaiki HDD yang mengalami bad sector. Selamat bagi Anda yang telah berhasil. Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

APA! Anda gagal?! Jangan khawatir baca lanjutan artikel ini.
Manajemen partisi HDD yang terkena Bad Sector

Posting Komentar

0 Komentar