Smartphone: Evercoss One X


Akhirnya smartphone android saya telah tiba, harusnya sih langsung review di awal Agustus. Tapi karena PC sedang dalam kondisi semerawut jadi tertunda. Saya tidak akan mengulas secara rinci tentang smartphone ini, alias mini review karena sudah banyak yang mengulasnya.

Ponsel dari Google dengan menggandeng vendor lokal—di negara lain juga sepertinya sama, karena di Indonesia maka hadir dengan tiga model dari tiga vendor lokal yaitu Evercoss, Mito, Nexian. Dan yang masih banyak dijual adalah Evercoss. Bukan hanya itu kenapa saya memilih merk tersebut, melainkan minim masalah dari pada yang lainnya.


Spesifikasi

Layar 4.5" FWVGA
Prosesor Cortex A7 1.3 GHz Quad-Core
RAM 1 GB
Penyimpanan 8 GB (dapat ditingkatkan sampai 32 GB)
Dual micro SIM
Kamera depan dan belakang (2MP dan 5 MP)
Lithium-ion dapat diisi ulang, 1700mAh
Android™ Lollipop (dan mendapatkan versi baru segera setelah dirilis)



Review
Built quality: Ternyata solid juga, seperti tidak memiliki kesan ponsel murahan.
Speaker: cukup bagus dengan apa adanya, mungkin bisa tweak lewat aplikasi.
Kamera: Standar; tidak buram atau pecah, jelek untuk indoor yang kurang pencahayaan.
Konektivitas: Standar
Layar: outdoor di siang hari masih kurang terang, touchscreen sedikit sensitif di area tepi kanan-kiri (potrait).
SIM: Dual sim tanpa switch, jadi semuanya on dan off secara bersamaan.
Memory: lega tidak perlu SD card buat saya pribadi.
Baterai: kurang besar kapasitasnya dan untuk saya pribadi bisa bertahan 8-12 jam pemakaian wajar. Hanya sekali charge tiap hari.
OS: Android 6.0.1 Marshmallow.
Aksesori: Langka! Pasar didominasi merk luar seperti samsul, opo, soni, siomi, dkk.

Kesan Pribadi: 
Sedikit besar untuk ukuran tangan saya yang kecil, jadi susah untuk mengetik dengan satu tangan, ini yang menyebalkan. Dengan update google keyboard malah menjadi lebih parah karena hitbox tombol terlalu dekat. Cukup untuk keperluan sehari-hari dari mulai foto-foto, internetan, ngetik kecil-kecilan, reminder event, sharing file, sampai hiburan juga bisa! dan pemakaian jangka lama dengan membuka banyak aplikasi dan terkoneksi dengan data dan tethering, smartphone ini tidak panas hanya terasa hangat.

Informasi mengenai smartphone android one bisa kunjungi android.com
Setail produk evercoss bisa kunjungi evercoss.com

Dengan adanya smartphone ini saya harap kedepannya bisa berbagi ilmu melalui artikel mengenai android yang sudah lama saya ingin terbitkan di blog tercinta ini!

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Komentar