Tips: Menghemat Kuota Internet

Internet sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan “hampir wajib” bagi orang yang mulai melek teknologi. Kualitas internet di indonesia juga sudah cukup bagus namun sayang jangkauan dan harga tidak sebanding dengan layanan yang mereka jual. Dikarenakan dua faktor di atas dan terpaksa harus menggunakan layanan mereka, maka dituntun untuk berhemat dalam menggunakan kuota internet. Hari gini pakai kuota, kan udah ada yang unlimit. Ah... unlimit tapi ada FUP sama saja bohong, kan?

Fair Usage Policy (FUP) yaitu ketentuan batas pemakaian. Hampir semua ISP yang menyediakan layanan ekonomis alias murah menerapkan kebijkan ini, jika batas pemakaian melebih batas maka koneksi akan diperlambat, tentu kenyamanan Anda akan terganggu, karena waktu adalah uang.

Nah, untuk mensiasati keterbatasan kuota maka Anda harus berhemat dan cermat dalam pemakaiannya, terutama untuk smartphone. Sebelum lanjut membaca saya peringatkan bahwa cara-cara dibawah ini tidak untuk orang yang sering download atau upload file ukuran besar! Berikut ada beberapa cara untuk menghemat kuota yang Anda miliki.

Sebagai acuan perhitungan rata-rata dengan kuota 1GB = 1000MB menggunakan konversi desimal biar mudah perhitungannya. berikut skenario biaya yang dihabiskan dalam kegiatan mengakses internet.
1 halaman web mobile = 1MB lengkap dengan skrip, iklan, dan gambar
1 halaman web desktop = 5MB lengkap dengan skrip, iklan, dan gambar
1 chat text = kurang lebih 1KB tidak termasuk gambar, video, audio.
1 video (bukan gambar statik) resolusi 360p durasi 5 menit = 20MB (rata-rata)
1 mp3 = 5MB dengan 128kbps dan 44kHz (rata-rata)
1 foto resolusi 5MP = 2MB, misal buka instagram sekali load 10 foto = 20MB

Batasi pemakaian
Bila Anda menggunakan ponsel Android, ada fitur untuk membatasi penggunaan. Disini diperlukan sedikit matematika, saya ambil contoh kuota 1GB
Saya batasi 100MB/hari dengan begitu bisa bertahan satu minggu sampai dengan 10 hari. Atau mau yang lebih extreme lagi 25MB/hari bisa bertahan sampai satu bulan, bahkan lebih jika hanya digunakan untuk keperluan chat seperti BBM, WhatsApp, Line, dsb.

Batas pemakaian agar tidak boros
Restrict Background Data
Adalah fitur baru dari Android yang bisa menghemat kuota. Bila fitur ini aktif aplikasi di background tidak bisa mengakses internet, dan hanya bisa mengakses ketika aplikasi itu digunakan atau foreground. TIDAK DISARANKAN untuk aplikasi chat, jual beli atau yang memiliki push notification, agar berita yang akan disampaikan atau diterima langsung terkirim.

cegah aplikasi background menggunakan data
cegah aplikasi  menggunakan data secara individu
Aktifkan Data Saving Browser
Opera mini sudah dikenal handal dan cepat dalam mengakses internet dan juga menghemat kuota sejak jaman ponsel java. Aplikasi ini masih populer dengan fitur andalannya hemat kuota. Dengan Data Saving Extreme anda tidak bisa memutar video langsung dari browser dan animasi tidak akan jalan, terlebih lagi skrip-skrip web juga tidak berdaya ditambah adblock bawaannya.

Data saving Opera Mini
Bila Anda membuka web responsif, maka akan tampil seperti versi wap yang akan memuat ulang setiap anda berinteraksi. Jika mengakses web seperti itu harus menon-aktifkan Data Saving. Ini berlaku juga untuk PC dengan versi terbaru fitur Opera Turbo dan Adblock sangat membantu browsing, terlebih lagi bisa membuka situs yang diblokir.
Google Chrome data saving hanya bekerja pada web dengan protokol HTTP, sedangkan kebanyakan web sekarang telah menggunakan HTTPS.
*Tidak hanya opera browser, banyak aplikasi yang memiliki fitur serupa.

Menggunakan Opera Max
Bukan promosi loh ya ini. Selain browsernya, aplikasi dari perusahaan yang sama, menghadirkan VPN yang dapat menghemat kuota Anda. Jika OperaMini hanya hemat saat browsing tapi yang ini Hemat juga untuk aplikasi seperti chat, youtube, jual beli, dll. Menghematnya tidak hanya seperti browsernya yang menyaring data terlebih dahulu sebelum diteruskan ke user. Tapi juga memiliki fitur untuk mengendalikan aplikasi mana saja yang boleh mengakses internet!

lebih hemant dengan OperaMax
Untuk memakai layanan VPN ini smartphone Anda harus mendukung VPN dan mengaktifkan security lock selain slide. Selain itu Restrict Background Data harus dimatikan

Update Aplikasi Seperlunya
Jangan sekali-kali tergiur dengan adanya update terbaru dari aplikasi yang ada pasang di ponsel, atau update sistem. lebih baik Anda cari tahu apa yang akan diperbarui jika Anda mengunduh update tersebut, apakah sangat bermanfaat untuk Anda?

matikan pembaruan otomatis
Sebelum update baca what's new di playstore. misanyal BBM muncul notif update, jika hanya update stiker baru dan itu berbayar maka tidak perlu! toh... Anda masih bisa menggunakannya bukan? Baiklah jika and harus update maka lakukan via wifi, jika terdesak dan sangat penting gunakan data.

Sentuh "WHAT'S NEW" untuk menampilkan informasi update
Matikan Sinkronisasi
Demi keamanan data aplikasi seperti Google, BBM, WhatsApp, dsb, disarankan dibiarkan aktif jika Anda memiliki data penting. Jika Anda orang yang tidak memiliki data penting di smartphone lebih baik dimatikan atau dibatasi apa saja yang akan di sinkronkan, dan sinkronisasi secara manual.

memilih sinkronisasi hanya yang terpenting
Mengakses Web Versi Mobile
versi mobile kiri - versi desktop kanan
Pengguna PC untuk browsing juga bisa hemat dengan mengakses website versi mobile. Agar lebih mudah dari pada ketik alamat web di address bar gunakan ekstensi seperti Agent Switch. dengan begitu setiap anda mengakses web akan menuju ke versi mobile secara otomatis.
otomatis browsing web ke versi mobile
Minimalisir Penggunaan Mesin Pencarian

stop membuka web dimesin pencarian
Blokir mesin pencarian seperti google, yahoo, dll. jika Anda hanya mengakses situs-situs tertentu. misalnya setiap hari Anda hanya mengakses Facebook, Tokopedia, KapanLagi, dll. Intinya situs yang sudah Anda hafal tidak perlu mengetikannya di mesin pencarian. Gunakan bookmark agar Anda tidak perlu lagi mengetikan alamat-alamat web tersebut.

menambahkan alamat web di speed dial/bookmark (mobile)
Cara menambahkannya pun beragam.
  • mengklik tanda bintang (FF) atau hati (Opera), atau tanda plus (opera mini). 
  • drag URL di address bar ke bookmark bar atau speed dial. 
  • dan menggunakan keyboard dengan menekan kombinasi tombol CTRL + D
menambahkan alamat web di speed dial/bookmark (desktop)
Download Halaman Web
Bila ada web yang penting untuk dibaca tapi nanti, lebih baik disimpan dari pada memuat ulang halaman web tersebut. berbeda dengan bookmark yang hanya link url-nya saja, mengunakan fitur dari web browser, seperti save for offline (opera), print to pdf, save webpage, dll. Anda dapat membuka web tersebut tanpa terkoneksi dengan internet.

Menyimpan web di OperaMini
Save to PDF (desktop)
Save Webpage (desktop)
Matikan Data
Bila tidak memerlukan akses internet entah itu karena sedang berkendara atau saat tidur, sinyal lemah, dan jaringan jelek untuk kasus tersebut lebih baik dimatikan, dari pada aplikasi-aplikasi mencoba mengakses internet tapi gagal. Jangan salah, aktivitas reconnect aplikasi juga memakan kuota “walau kecil” tapi kalau terlalu sering bisa menjadi besar. Dan digunakan koneksi data bila perlu saja, gunakan wifi kalau ada.
Tidak disarankan bila Anda bekerja sebagai driver yang menggunakan layanan GPS (data) dari smartphone.

Itulah cara menghemat kuota, dengan kuota 1GB Anda dapat bertahan selama satu minggu sampai dengan satu bulan. Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support