Software StarterKit

Tiap kali install sistem operasi pastinya dilanjukan dengan menginstall software dan aplikasi tambahan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Nah, aplikasi apa saja yang akan dipasang? karena banyaknya software dan aplikasi yang tersedia, saya akan membagikan aplikasi yang terbaik yang pernah saya coba, baik yang berbayar maupun yang gratis.

Audio Video
Memutar file audio atau video tentunya dapat menggunakan sofware bawaan, tapi buat saya pribadi kurang walau sudah tersedia lengkap.

AIMP dan GOM Audio Player

AIMP satu player yang memiliki banyak playlist, jadi anda hanya perlu pindah-pindah playlist tanpa harus kehilangan lagu kesayangan, dan juga support plugins Winamp.

Disisi lain GOM memiliki kesamaan dengan AIMP pada konfigurasi dan equaliser, ditambah anda bisa karaoke dengan adanya lyric sync!

Media Player Classic, VLC, dan GOM Player

MPC ringan dan banyak plug-ins dan konfigurasi yang bikin pusing tapi setelah menemukan settingan yang pas bisa sangat memuaskan, hal ini berlaku pada audio dan video.
VLC dapat digunakan sebagai audio dan video player dalam satu aplikasi, memiliki fitur menambah volume lebih dari 100% tentu sangat berguna untuk pemakai laptop dengan speaker pas-pasan.

GOM player memiliki UI yang simple dan konfigurasi umum yang mudah dioperasikan, direkomendasikan untuk orang awam.

Desain Grafis
Ms Paint cukup? ah... kurang, butuh yang lebih walau hanya sekedar menggambar coret-coretan yang tidak penting.
Blender dan Sketchup
sketchup dan blender

Sketchup memiliki library yang banyak dan kesederhanaan UI yang sangat cocok untuk orang awam. Tetapi Blender lebih lengkap dan gratis tentunya.


CorelDraw dan Illustrator

keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi memiliki ruang kerja yang berbeda, jadi tergantung selera anda

Sebagai alternatif di atas anda bisa menggunakan GIMP atau InkScape.

Internet
Untuk mengakses situs-situs di internet dibutuhkan browser, aoftware ini yang akan membukakan situs yang kita inginkan.

Browser
Edge browser terbaru dari Microsoft yang ringan, cepat dan UI yang sederhana, tetapi masih saja ada banyak kekeurangan, browser ini hanya cocok untuk yang ini browsing cepat saja.
Chrome browser dari Google yang kompatible dengan banyak website, dan built-in flash player. Opera merupaka adik dari Chrome memiliki engine browser yang sama dan nilai plus yang dapat hemat bandwitdh (jika memakai mobile data). kedua browser ini memiliki siklus update yang berkala dan otomatis seringnya kita tidak mengetahui saat mereka melakukan update (diam-diam) ini menjadi bencana bila anda menggunakan mobile data.
FireFox browser yang populer dan powerful yang memiliki banyak plugins dan tema hampir sama dengan Chrome, tapi sekarang dia sudah memblokir Flash player karena masalah keamanan.

Downloader

Internet Download Manager dan Xtreme Download Manager keduanya memiliki fungsi yang sama, tetapi XDM gratis bisa menjadi alternatif dari pada memakai bajakan.
Utorrent bagi yang ingin download melalui torrent.

Office
urusan kantor seperti membuat dokumen, presentasi, dan mengatur data-data dalam tabel semua bisa diatur menggunakan software office suite. 
Office suite
WPS versi gratis memiliki 3 aplikasi word editor, spreadsheet, dan presentation. Dari ketiganya sudah terbilang lengkap sebagai pengganti Ms office dengan tampilan modern windows 10.

MS Office paket office lengkap ditambah layanan cloud yang dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting anda.

Anda menyukai tampilan jadul seperti Ms Office 2003? LibreOffice jawabannya!

PDF reader dan Maker
Bila anda mempunyai banyak dokumen pdf untuk yang versi ringan dapat menggunakan SumatraPDF dan built-in dari browser, tapi tentu saja hanya dapat membaca tidak meng-editc dan lain sebagainya. Tapi jika anda ingin membuat file .pdf anda dapat menggunakan fitur save as... dari kedua office suit diatas

Security
Sebenarnya software keamanan hanya sebagai satpam bagi PC, dan anda tetap mempunyai hak penuh apakah anda akan membiarkan virus masuk ke sistem komputer anda?
 Windows Defender sebenarnya sudah cukup menjadi antivirus (pemakai os windows) dengan selalu mengupdate database virus secara berkala.
Tapi ada kalanya anda menginginkan proteksi lebih maka anda dapat menggunakan Avast sebagai gantinya yang memberikan layanan satu tahun full untuk versi gratis.
Sedangkan jika Anda lebih suka antivirus yang ringan bisa memilih Smadav.
Diluar itu semua ada COMODO Internet Security antivirus dan firewall satu paket lengkap untuk keamanan PC anda..

Lain-Lain (opsional)
WinRAR, pengarsip dan mengamankan file dan dokumen yang sering diperlukan.
DeamonTool Lite, untuk membuka file image atau virtual CD-DVD
MSI afterburner, untuk memantau kerja CPU dan GPU.
Nero dan AnyBurn (gratis) , untuk membakar kepingan CD-DVD.
Ccleaner, aplikasi untuk perawatan secara software seperti halnya TuneUp tapi ini versi mininya.

Beberapa aplikasi di atas dapat di download lewat web resmi mereka atau bisa melalaui situs portal seperti jalantikus.com, filehorse.com, dan filehippo.com

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support