WiFi Speaker: Android Menjadi Speaker Wireless

Speaker menjadi perlengkapan komputer utama setelah headset, tanpa itu ruang kerja akan menjadi membosankan. Namun bagaimana jika speaker atau sound card rusak? Dan dikarenakan keterbatasan dana maka dicari solusi lain yaitu menggunakan smartphone android sebagai speaker.


Di Playstore tersedia tiga aplikasi yaitu Wireless speaker for android, SoundWire, dan Wifi Speaker. Tapi hanya Wifi Speaker yang kinerjanya cukup baik dan memiliki sedikit masalah dari yang saya uji menggunakan Xiaomi Redmi 4A.

WiFi Speaker memiliki pengaturan yang dapat disesuaikan yaitu Audio Format dan Buffer Time. secara default Audio Format yang dipakai adalah 44khz 16 bit stereo dan Buffer Time 3000ms. pengaturan default tersebut sudak baik mendengarkan musik atau nonton film.  Akan tetapi bila anda memaiknan game PC, anda harus disesuaikan pengaturannya karena aplikasi ini tidak bisa mengimbangi hasil suara dari video game yang sudah modern.

Saya harus menurunkan kualitas audio menjadi 22khz 16bit stereo saat ingin memainkan PC game. Latency yang dihasilkan cukup tinggi sehigga suara dan aksi tidak sinkron, dan hasil keluaran suara seperti radio.

Perlu diketahui tidak semua speaker yang dimiliki smartphone memiliki kualitas keluaran yang baik atau dengan kata lain pas-pasan. Jadi jangan berharap banyak.

Persiapan:

  • Pertama, perlu dipersiapakan adalah smartphone-nya sendiri apakah sudah mendukung aplikasi WiFi Speaker yang akan dipasang.
  • Kedua, koneksi wireless Wifi pada komputer, kalau pakai laptop sudah ada jadi bisa lewatkan langkah ini.
  • Ketiga, download dan instal aplikasi WiFi Speaker di Playstore, dan WiFi Speaker Server di Web berikut: 

Pengoperasian:

Pertama koneksikan kedua perangkat pada jaringan wifi yang sama. Alternatif, bila tidak ada wifi akses poin, bisa menggunakan tethering pada android.

Kedua jalankan software WiFi Speaker Server dan WiFi Speaker di android.
  • Pada aplikasi di android tap icon seach bergambar kaca pembesar bila terkoneksi dengan wifi akses poin dijaringan yang sama, untuk otomatis mencari server yang telah terpasang. 
  • Atau bisa dengan masukan alamat IP di aplikasi android dan tap tombol "Connect" bila berhasil maka muncul notifikasi "Login Succes".

Ketiga, Coba untuk memutar musik, video, atau memainkan game. Jika berhasil maka suara yang keluar adalah dari speaker smartphone.

Ada pengaturan yang bisa anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

Pengaturan di sisi android cukup mudah. Tap icon tools dan tap setting. yang perlu diatur adalah Audio format sesuaikan frekuensi yang dapat ditangani oleh smartphone, Dan buffered time, sebaiknya memasukan nilai kurang dari 500ms.


Sedangkan di Server, pengaturan yang satu ini bersifat opsional. Bila ada aplikasi lain yang menggunakan jaringan lebih baik set manual dengan cara memberikan port khusus pada WiFi Speaker Server.

Sama seperti di Android masukan buffered time. Saya sarankan adalaah kurang dari 500ms.
<500ms p="">

Troubleshooting singkat

  • Bila sudah terkoneksi tapi tidak menghasilkan suara. 
coba cek pengaturan dibagian Display. Pastikan NIC terpilih wireless yang anda pakai.

  • Smartphone berhenti mengeluarkan suara
Aplikasi dimatikan oleh pengaturan ROM yang tidak mengijinkan aplikasi jalan di background. Lihat kembali pengaturan di android, seperti "battery management" atau "apps permission"
  • Tidak dapat terkoneksi
Aplikasi diblokir atau tidak dijinkan menggunakan jaringan baik dari PC (firewall) atau android (permission). atau cek kembali apakah sudah terkoneksi dengan jaringan wifi?
  • Stuttering atau suara tersendat-sendat
Terjadi kesibukan pada jaringan, seperti sendanga melakukan aktifitas download, atau loading suatu web, dll.

Begitulah cara mengatasi agar PC dapat bersuara lagi, tanpa harus beli speaker atau sound card dengan cara memanfaatkan aplikasi Android yang bisa anda dapatkan di Playstore secara gratis dan mudah dalam penoperasiannya. Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support