Trik: Download Video Streaming

Anda menonton video di Youtube dan ingin menyimpannya untuk koleksi atau memang sengaja download karena tak mampu beli CD/DVD aslinya, haha!
Itu semua tak masalah kali ini saya akan memberikan tutorial download video youtube dengan download manager maupun tidak menggunakan software, langsung saja baca dibawah ini mana yang paling cocok dengan Anda!

Menggunakan software video grabber
di internet banyak sekali software yang menawarkan download video dari youtube, mulai dari yang gratis sampai berbayar. tapi dengan syarat Anda harus meng-install software-nya terlebih dahulu.
Saya berikan contohnya yang sudah saya uji dan berhasil!

any video converter dan any audio converter!
kedua software ini dikembangkan oleh developer yang sama, jangan bingung dengan kata "converter" karena fungsi utama kedua software ini untuk mengkonversi sebuah file media. "Video" software ini dapat mengunduh video dari youtube dan bisa langsung mengubah formatnya sesuai kebutuhan (3gp, avi, mkv, dll). Sedangkan "Audio" Anda dapat mengunduh sekaligus mengubah video hanya berupa suaranya saja (mp3, mp4, ogg, dll), berguna jika Anda mendownload lagu-lagu dari youtube.


contoh any audio converter
Internet Download Manager / download manager yang mendukung video grabber
setiap download manager mempunyai karakteristik sendiri dalam mengunduh video dari internet tidak hanya youtube tapi seluruh video streaming di internet. Ada yang hanya tinggal sekali klik pada menu pop-out atau klik kanan save as.. atau copy link url video, dll.

contoh IDM
Kelemahan menggunakan software adalah apabila software berbayar maka versi free akan ada batasan, misalnya hanya bisa download video dengan durasi 3 menit. Sseperti biasa karena ingin "enaknya" maka mencari bajakannya yang susahnya adalah crack/serial yang kadang tidak sepaket dengan software.

Menggunakan jasa situs download 
Cara yang kedua ini dapat dilakukan dimana saja, tak harus menggunaka PC. bahkan HP biasa juga bisa melakukannya! Berikut situs yang pernah saya coba dan berhasil!


Cara melakukannya hanya tinggal copy-paste url dari video Youtube, contoh url:
http://www.youtube.com/watch?v=vV4OPq4E1p8
ke kotak url yang tersedia di situs tersebut.
lalu tunggu hingga situs tersebut selesai memindai dan akan keluar hasil yang berupa url/link download.

Cara yang lebih praktis khusus youtubem tinggal menambahkan "ss" tanpa kutip pada awal kata "youtube", lebiih jelasnya seperti ini:
sebelum
http://www.youtube.com/watch?v=vV4OPq4E1p8 
sesudah
http://www.ssyoutube.com/watch?v=vV4OPq4E1p8
lalu tekan enter maka Anda secara otomatis akan menuju situs diatas, dan tunggu sebentar.
setelah selesai scan maka disebelah kiri ada pilihan kualitas flv 320p / mp4 320p, tinggal klik kualitas yang diinginkan maka secara otomatis download akan segera dilakukan.

Kelemahan menggunakan situs jasa download video ini adalah apabila situs maintenance maka tidak akan bisa diakses.

Begitulah berbagai cara download dari software atau situs direct link. Bila masih bingung bisa Anda tanyakan dengan berkomentar. Sekian semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat pada para pembacanya dan terima kasih telah membaca.
Bila ada waktu akan update dengan gambar, agar lebih mudah dipahami
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support