Tips: Merawat Kepingan Disk


Produsen CD mengatakan media disc CD-R memiliki umur panjang. Tetapi coba periksa kembali apakah data lama anda memang masih utuh? TechARP menemukan masalah CD-R yang dibuat tahun 2000 keatas ternyata 1 dari 13 CD-R tidak bisa dibaca dan satu lagi sulit dibaca. Data dari CD-R yang berusia 8 tahun atau lebih ternyata memiliki masalah yang serius.

Data dari media disc sulit dibaca oleh reader seperti DVD-ROM / RW dan atau CD-ROM / RW. Angka kegagalannya cukup banyak, yaitu mencapai 10 % untuk media yang ditulis pada 2002. Persentasi mencapai 7.7% bermasalah dibaca bila ditotal CD-R yang dibuat pada tahun 2000.

Apakah ada kemungkinan salah dalam menyimpan media CD-R tersebut. TechArp mengatakan sudah menyimpan datanya dengan benar. Tempat yang dingin serta gelap sehingga tidak menganggu lapisan film pada CD-R.

Merawat CD/DVD Agar Lebih Awet

1. Perhatikan warna lapisan pemantul
Agar CD dan DVD saat ditulis dan dibaca tidak mengalami masalah, Anda dianjurkan mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna-warni (biru, merah apalagi hitam).
Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang berwarna-warni kemungkinan tidak ada kendala saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, namun ada kemungkinan akan susah saat dibaca.

2. Satu level di bawah kecepatan maksimal
Bakarlah (burn) CD/DVD yang Anda beli dibawah kecepatan maksimal yang tercantum di software burner (NERO, ROXIO, dsb). Jangan percaya tentang kecepatan maksimum yang tertulis di label CD/DVD. Meskipun tertulis 52x tapi setelah dianalisa oleh burner melalui softwarenya, biasanya nilai tulis itu akan turun.
Untuk kebutuhan kompatibiitas pembacaan, pilih kecepatan burning satu level dibawah kecepatan maksimal -hal ini akan berdampak pada waktu proses pembakaran. Selain itu, hal ini juga dapat mengantisipasi apabila CD/DVD tesebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca (read) lebih rendah -yang masih banyak digunakan.

3. Isian Data Jangan Sampai Full
Usahakan ketika pengisian data jangan sampai full, berilah ruang kosong (free space) beberapa mega byte. untuk mencegah data yang ditulis agar tidak korup/rusak.

4. Simpan Dalam Plastik Khusus
Setelah dibakar/dibaca, usahakan CD/DVD disimpan ke dalam plastik khusus untuk menghindari debu atau goresan. Simpan CD/DVD ditempat yang kering dan gelap, usahakan jangan lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan pemantul sehingga CD/DVD sulit dibaca.

5. Jangan Ditekan
Jangan menulis label CD/DVD dengan ujung yang tajam, usahakan dengan spidol permanent pada bagian labelnya dan tidak terlalu menekan saat menulis.

6. Perhatikan Cara Membersihkannya
Sebelum dimasukan untuk dibaca usahakan CD/DVD dibersihkan dari debu dan gunakan kain halus yang biasa untuk membersihkan kacamata. Hindari penggunaan tissue ala kadarnya atau baju untuk membersihkannya, hal ini guna menguhindarimunculnya goresa pada disk yang menyebabkan CD/DVD tidak dapat dibaca.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support