Header Ads

Troubleshooting: Memperbaiki file winrar yang corrupt

Kamu pastinya pernah mendownload file yang ber-part, dan ketika di-extract ada file/part yang rusak/corrupt tentunya sangat menyebalkan. Ada saran untuk mendownload filenya lagi tapi itu cukup menyita waktu apa lagi internet yang bandwithnya kurang memadai.


berikut ini cara yang patut dicoba sebelum mendownload ulang file tersebut, silahkan dicoba:
  1. Langkah pertama coba extract filenya, tujuannya untuk mencari tahu file mana saja yang corrupt/rusak.
  2. Setelah file yang rusak diketahui, buka file/part yang rusak (misal part 2) kemudian klik menu tools - repair archive lalu tentukan tempat untuk file yang akan di-repair, archive type pilih file yang formatnya sama dengan file/part yang lainnya apa tipe .rar / .zip kemudian klik OK tunggu sampai selesai.
  3. Langkah pada nomor dua sudah selesai, cari file tersebut kemudian ganti namanya yang sama dengan file/part yang lain misal rebuilt.game.part2.rar hapus kata rebuilt menjadi game.part2.rar.
  4. Jika file yang rusak lebih dari satu ulangi langkah nomer 2.
  5. Selanjutnya kumpulkan jadi satu bersama file/part yang lainnya dan coba ditest dengan cara klik menu commands - test archived file, tunggu sampai selesai jika berhasil akan muncul peringatan bahwa tidak ada error yang ditemukan, dan kamu sekarang sudah bisa meng-extractnya tanpa ada file yang corrupt/rusak.
Maaf jika tidak diseratai gambar, anda bisa mendownload toturialnya yang disertai gambar namun berbahasa inggris. silahkan download dengan mengklik link di bawah:


DOWNLOAD | 521KB

2 komentar:

  1. gimana kalau filenya tetep rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya terpaksa harus download ulang, jika masih sama berarti file yg upload memang sudah rusak dari sananya.

      Hapus

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.