Header Ads

Trik: Membuka Situs yang Diblokir ISP

ISP dengan gencarnya memblokir situs yang mereka anggap tidak baik untuk masyarakat. Dimaksudkan agar mereka terlindungi dari konten-konten yang tidak pantas untuk ditayangkan. Tapi apa jadinya jika ISP Anda salah sasaran, situs legal dan membuat informasi yang baik malah ikut kena filter dari ISP. Siapa yang tidak jengkel dengan hal seperti ini?

Kebebasan berinternet lenyap sudah! Situ ini diblokir situs itu diblokir juga... lalu kita bayar internet mahal-malah cuman bisa liat situs itu-itu saja?

Diblokirnya situ tersebut pastinya mempunyai tujuan baik, tapi kalau salah sasaran jadinya kita yang rugi. Dengan adanya kejadian ini netizen jadi putar otak, pintar-pintar mencari solusi yang jitu, agar tetap dapat menikmati situs favorit mereka. Berikut ini solusi yang saya pakai ketika menemukan situs yang diblokir.

DNS
Domain Name System, sebuah system untuk menerjemahkan alamat IP ke dalam sebuah nama yang bisa kita ingat dan kenal, seperti berita.com, jualbeli.com, dll. (wikipedia)

Angka ini mudah diingat dan bagi Anda yang sering browsing pasti tahu, tidak lain adalah DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. DNS ini diisikan pada LAN properties, seperti pada gambar dibawah ini

Tidak hanya milik Google saja, Anda dapat menggunakan DNS yang lain untuk membuka situs kesayangan Anda, bisa Anda cari sendiri lewat pencarian Google. Asalkan jangan DNS dari ISP.

TIDAK DISARANKAN untuk mengubah DNS apabila Anda pengguna awam atau internet dipakai untuk umum dan keluarga. Bertujuan untuk melindungi dari konten internet yang negatif!

Proxy
Server proxy bekerja sebagai media yang melayani permintaan dari client (Anda), jadi dengan menggunakan proxy Anda menggunakan server (dari luar negeri) yang tidak memblokir situs kesayangan Anda. (wikipedia)

Masih menjadi andalan para netizen dalam menangani situ yang diblokir. berikut situs yang menyediakan Proxy.
Penggunaannya pun mudah tinggal masukan situs kesayangannya di kotak yang disediakan di situs tersebut! atau ingin secara manual berikut situs dan contohnya
IDM
FireFox
Cara lain dengan memasang add-on pada browsing Anda seperti AnonymoX
Ultrasuft menyediakan proxy yang dapat diandalkan dan dapat diganti sesuai kebutuhan kapan saja. download lewat situ ultrasurf.us
VPN
Virtual Private Netwok adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan melalui internet. Anda dapat terhubung langsung ke data center walapun bukan pada jaringan LAN tersebut. (wikipedia)

VPN lebih menggunakan sebuah aplikasi tambahan yang terinstall di komputer Anda, karena akan mengakses langsung ke data center mereka. Berikut situs penyedia VPN gratis:
Adapun cara lain yaitu dengan memasang extention atau add-on pada browser seperti Hola
UPDATE 2016: Browser Opera sudah terintegrasi dengan VPN opera yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir dengan cara menaktifkan Opera Turbo dan Private Browsing.

SSH
Secure Shell, protokol jaringan yang mengijikan remote login dan menggunakan layangan jaringian lain untuk dioperasikan secara aman dalam sebuah jaringan yang tidak aman. (Wikipedia)

Berarti Anda menggunakan protokol jaringan dengan me-remote sebuah server untuk kepentingan pribadi secara aman. Jadi ISP hanyalah sebuah jalan saja, dengan begitu situs yang Anda buka tidak terfilter oleh ISP.

Sama halnya dengan VPN, SSH membutuhkan aplikasi untuk login ke server mereka. Layanan SSH yang berbayar dapat dijamin kualitasnya, sedangkan yang gratis Anda perlu memaintau sendiri situs yang menyediakan server SSH karena informasi dapat berubah-ubah setiap hari.

Maaf saya tidak bisa menyediakan link SSH gratis karena mereka selalu berubah-ubah sesuai kondisi. Ditakutkan nanti link yang saya cantumkan tidak valid dikemudian hari.

Sejauh yang saya coba ketiga link diatas berhasil semua dan internet sedikit lamban tapi yang penting situs bisa diakses. Bila dirasa kurang atau terblokir? Anda bisa mencarinya di Google masih banyak yang tersedia! Saya ingatkan sekali lagi cara ini khusus buat situs yang diblokir oleh ISP, buka oleh software, dll. Sekian dari saya, semoga memberi kebebasan berinternet.

1 komentar:

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.