Tutorial: Install Windows XP

Ada kalanya meng-install windows XP pada komputer, entah karna sudah telalu banyak software yang terinstal di dalamnya dan tidak mau repot menghapusnya satu persatu, ada pula yang terkena virus sehingga membuat system tak berjalan lancar, dan yang terakhir karena system yang tidak stabil entah karena diubah-ubah setting-nya atau karena ulah orang lain.

Berikut ini saya akan memberikan tutorial untuk meng-instal Windows XP tapi sebelum anda melakukannya lebih baik Anda siapkan hal berikut ini:
  • CD Windows XP (file ISO bisa Anda download disini, )
  • driver 
  • dan tentunya snack untuk menemani Anda sembari menginstal windows (jika tidak ada teman)

Langkah-Langkah
  1. Pertama masuklah ke BIOS, dan setting first boot dengan CD/DVD-ROM bila menggunakan CD/DVD drive atau jika mengunkan device USB maka setting denga USB:[Device]. Device disini akan menunjukan perangkat apa yang akan digunakan. Jika sudah masukan CD Windows XP dan restart
  2. Tunggu hingga system boot ke instalasi Windows XP dan Instalasi windows XP meload file yang diperlukan cepat lambat instalasi tergantuk pada PC Anda.
  3. Lalu Anda akan dihadapkan pada partisi harddisk. tekan "C" untuk membuat partisi dan masukan jumlah nominal, 1GB = 1024MB. jika sudah tekan enter
    jika Anda memakai HDD 40GB maka buatlah 50% untuk system dan sisanya untuk menyimpan file/data, jika lebih dari 80GB gunakan 40GB untuk system.Apabila Anda melakukan instal ulang windows, maka pilihlah partisi yang sudah terinstal os windows yang sebelumnya Anda pakai.


  4. Kemudian Pilih partisi yang telah dibuat tadi dan tekan enter untuk memformat partisi, lebih baik memilih NTFS (quick) agar lebih cepat prosesnya.


  5. Setelah itu tunggu hingga proses format dan penyalinan file os windows ke HDD selesai


  6. Jika langkah 5 selesai maka komputer Anda akan restart dan memulai instalasi windows.
    dan tak lama kemudian muncul dialog Regional and Language agar Anda men-setting bahasa dan wilayah, pilih bedasarkan tempat tinggal Anda. Jika sudah klik next


  7. Instalasi masih berlanjut dan sekarang Anda harus men-setting lagi, isikan nama dan organisasi, bisa diisi sesuai keinginan Anda, ini bertujuan untuk memberi identitas pada komputer Anda. Jika sudah klik next


  8. Lalu ada lagi, sekarang beri nama untuk komputer, yang nantinya akan tampil jika Anda dalam jaringan. Jika sudah klik Next.


  9. Tunggu sebentar dan muncul lagi, dialog kali ini untuk men-setting waktu, ubahlah sesuai tempat Anda tinggal dan juga periksa hari, tanggal, bulan, dan tahun serta jam. Ini nantinya akan berguna untuk restore point, dan agar system berjalan optimal jika Anda menginstal software dan surfing di internet. Jika sudah klik Next.


  10. Tahan dulu belum selesai, untuk yang satu ini berguna jika komputer dalam jaringan LAN, berilah nama untuk group dijaringan nantinya, bebas bisa diisi apa saja. Jika sudah klik next.


  11. Tunggu sebentar, windows menyelesaikan instalasi dan menyimpan setting yang Anda buat tadi dan komputer akan restart (lagi). Jika sudah muncul layar biru seperti gambar dibawah klik Next.



  12. Bantu melindungi PC Anda, dengan memilih Not right now karna tentunya lebih suka menginstal Antivirus favorit Anda, bukan? lalu klik Next


  13. bagaimana PC Anda terhubung dengan Internet? jika Anda terhubung atau tidak klik Skip, Anda bisa setting ini nantinya jika sudah masuk desktop.


  14. Siap mendaftarkan windows? Anda memakai versi pak tani? pilih No dan klik next dan Anda bisa mengaktifkan patch / crack nanti ketika sudah masuk desktop,  jika sudah klik Next.


  15. Buat akun windows, beri nama sesuai keinginan Anda, dan jika sudah klik Next


  16. Terima kasih, instalasi windows Anda sudah selesai dan komputer akan masuk desktop.
    Sekarang Anda bisa menginstal software driver untuk PC Anda agar hardware bekerja optimal.

Troubleshooting
Versi windows yang dipakai pada tutorial ini
- Windows XP Pro SP3 x86 SATA+September 2012

Pada langkah 5 instalasi terhenti dan muncul pesan bahwa file tidak bisa disalin
-cek CD-R / CD/DVD drive anda mungkin bermasalah

Pada saat instalasi (GUI) minta serial number
- untuk serial number dapatkan disini

Sekian dulu tutorial dari saya mudah-mudahan bermanfaat,
dan masih ada lanjutannya klik disini untuk setting windows XP yang baru diinstal
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support