Header Ads

Headset: Sades SA-707


Saya kembali untuk review perangkat komputer, kali ini adalah sebuah headset yaitu sades 707. Headset merk sades ini yang tengah populer dikalangan gamer budget terbatas. Saya pun penasaran seberapa jauh kualitas headset ini. Tapi tunggu dulu, pertama saya unboxing sebagai pembuka atikel seperti biasanya.

Unboxing

Sudah selesai! Hanya dapat heatset saja, hahaha... Namanya juga ekonomis.

Spesifikasi pada box:
Loudhailer diameter: 40mm
Cable leght: 2.2m
Frequency ramge: 20 to 20.000Hz
Sensitivity: 118±3dB at 1KHz
Impedance: 16Ohm at 1KHz
Mic Dimension 6x5mm
Mic Sensitivity: -54±3dB
Plug 3.5mm

Desain headset
Headset ini memiliki earcup full-size, dengan begitu daun telinga tidak tertekan earpad yang membuat sakit saat dipakai berlama-lama dan juga saat melepasnya. Earpad sendiri dibungkus dengan kulit sintetis yang halus dan empuk dan tidak terasa panas untuk penggunaan yang lama. Uniknya ada warna dan pola pada bagian dalam, jarang sekali ditemui untuk kelas ekonomis.

Headband tidak lentur, berhati-hatilah jika merenggangkannya karena dari plastik mudah patah, dan tidak ada bantalan, ini yang sangat disayangkan. Ada tulisan sades, punya saya sudah pudar. Ini karena saya garuk dengan kuku ternyata catnya mengelupas, waduh! untuk penggunaan yang lama 3-5 jam sangat kurangnyaman.

Bagian microphone tidak lentur hanya dapat diputar 135 derajat dari atas kebawah. Desainya pun sangat sederhana, dan sesuai dengan bentuk keseluruhan headset.

Bentuknya sedikit besar dan nyaman digenggam, itu adalah controller. Hanya untuk mic on/off dan volume. Mungkin sebagian orang suka, tetapi bagi saya pribadi ini kelihatan berlebihan, mengingat hanya dua fungsi.

Tes headset
Gaming
Iyalah yang pertama agar sesuai dengan judulnya. Pertama saya coba memainkan game fps csgo dan medal of honor, suara yang dihasilkan cukup memuaskan. Letupan dari senjata yang ditembakan cukup jelas dan dapat dikenali perbedaannya. Yang menariknya lagi detil suara yang dikeluarkan saat reload terdengar lebih jelas.

Bosan rengan fps, saya coba memainkan need for speed the run. Musik pengiring permainan membuatnya lebih menegangkan, dan saat terjadi tabrakan detil suara yang dapat dirasakan perbedaannya antara kaca dan besi. Saat off road suara kerikil dapat didengar cukup jelas, begitu juga dengan hujan.

Terakhir tes dengan game assassin creed, saat ditengah kota suasana jadi lebih hidup apa lagi saat bertarung dengan menggunakan pedang. Gesekan antar pedang terdengar lebih nyata.
Dari keseluruhannya saat memainkan game suara vokal dan treble lebih dominan ketimbang bass. Bass hanya dengar jelas untuk ledakan sangat besar seperti bomb, selebihnya biasa saja.

Musik
Dari segala macam jenis musik yang saya dengarkan. Ternyata headset ini kurang cocok untuk mendengarkan musik dan lagi-lagi suara vokal lebih dominan. Saya harus bermain equalizer untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tidak hanya di PC saja, dengan menggunakan smartphone juga menemui hasil yang sama. Selebihnya hanya headset biasa. Malahan kalah sama earphone saya yang harga lima puluh ribuan, hahaha.

Movie
Saya coba menonton berbagai macam film ber-genre action, drama, dan thriller. Ternyata berbeda jauh dengan game dan musik, peran bass disini sangat terasa sekali pada film action, dan pada saat sound efek dan musik background terdengar bersamaan, suara vokal tetap terdengar jelas.

Microphone
Jarak antar mic dan mulut sedikit jauh, ini baik untuk menghindari suara nafas yang keluar dari hidung. Tapi sangat disayangkan karena mic-nya sendiri kurang sensitif, saya harus memaksimalkan mic boost pada windows agar dapat terdengar jelas. Selain itu noise cancelling bekerja dengan baik, noise yang dihasilkan hilang tapi berimbas pada waktu keluaran yang sedikit terlambat atau biasa dikenal dengan "lag". Keseluruhan mic bekerja dengan baik, dan hasil input mic terdengar dengan jelas.

Kesimpulan
Keseluruhan headset yang satu ini ternyata cocok untuk gaming casual, dan nonton movie, sangat disayangkan untuk musik sedikit mengecewakan, karena harus bermain dengan equaliser. Terakhir untuk microphone hanya satu yang kurang yaitu kurang sensitif.
Nilai Keseluruhan: 7/10 Better
Kelebihan
  • Desain minimalis
  • Microphone jernih dengan noise cancellation aktif
  • Ekonomis
  • Berat cukup ringan
  • Baik untuk Gaming Movie
  • Tidak gampang panas ditelinga
Kekurangan
  • Minim bundling
  • Headband tidak ada bantalan dan tidak lentur 
  • Bass kurang nendang untuk gaming
  • Musik harus menyesuaikan equaliser
  • Microphone tidak fleksibel
  • Nikel plate jack
  • Microphone kurang sensitif, harus menggunakan mic boost

Keterangan lebih lanjut kunjungi web resmi sades

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.