Header Ads

FxSound Enhancer

speaker internal merupakan fitur yang ada di laptop kelas ekonomis, dan kebanyakan orang tidak peduli itu. Tapi karena dana terbatas, demi memuaskan telinga saat nonton film, mendengarkan musik atau main game, untuk itu diperlukan sedikit trik dengan software agar kualitas keluaran speaker lebih baik. Daripada beli speaker murah yang sama saja kualitasnya?

FxSound Enhancher


Sebuah software kecil yang mampu memperbaiki keluaran speaker internal laptop atau bagi pengguna PC desktop dengan speaker murah, sekarang bisa lebih menikmati film, game, atau musik. Banyak preset yang sudah disediakan, kebanyakan untuk musik, sedangkan untuk game dan movie bisa memilih seperti Ambience boost atau setting manual. Selain itu tidak banyak pilihan yang diberikan, Equalizer yang berubah otomatis saat preset dipilih, dan Effect yang dapat disesuaikan.

Percobaan (Musik, Movie, Game)

Speaker internal laptop HP 14r019tu
Laptop HP yang satu ini memiliki speaker stereo kecil standar, dan driver bawaan yang sudah mendukung DTS tapi hanya memberikan sedikit perbedaan saat diaktifkannya fitur tersebut. Fitur ini akan dinonaktifkan saat menggunakan software FxSound Enhancher.
Dicoba untuk memutar beragam genre musik, movie, game, dan hasilnya? Hanya sedikit perubahan yang terasa, secara keseluruhan dari semua preset yang dicoba hanya preset Volume Boost yang bisa membantu menaikan volume dan Dynamic Boost yang membantu menyeimbangkan keluaran suara, sehingga semua (detail) suara dapat terdengar jelas

karakter warm yang dimilikinya jika dipadukan dengan software ini menghasilkan Bass yang lembut dan detail yang keluar dengan jelas.
Untuk keseluruhan, preset Studio Quality sudah cukup membantu namun, akan lebih baik nonton film, atau main game menggunakan preset Ambience Boost yang dapat memberikan staging yang luas. Dan untuk musik, jika anda ingin lebih, maka bisa disesuaikan preset dengan genre musik yang akan diputar.

Headset Sades SA 707
Headset dengan karaker bright yang memberikan detail pada saat sesi gaming terutama untuk gaming kompetitif, dengan preset Ambience Boost memberikan suasana yang... lumayan menusuk telingan, tapi juga membantu mengenali sumber suara disekitar. Game genre FPS, Adventure, RTS, Arcade memiliki sensasi yang sama, sensasi gaming lebih hidup.
Namun sayang, saat digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik, apapun presetnya tidak ada yang cocok, setting manual juga tidak bisa membantu.

Headset Abingo S500i
IEM yang memiliki karakter warm, dipadukan dengan software ini menghasilkan suara bass yang soft dan detail yang... sedikit tertinggal. Aneh memang seharusnya bisa lebih baik dari speaker Sonic Gear. Di sini sumber masalahnya ada di 3D surround, dan Ambience harus di set 1, dan Fidelity harus lebih dari 5 agar detail suara dapat keluar. Untuk bass-nya sendiri sepertinya tidak memiliki pengaruh, set lebih dari 5 tidak memberikan sensasi bass yang nendang. Tidak juga memiliki preset yang cocok, karenanya harus setting manual. Salah satu yang condong dari headset ini adalah suara vokal yang maju. ketiga sesi menemui hasil yang sama, ada yang aneh dengan bass dan treeble.

Dari percobaan diatas, tes musik streaming langsung dari youtube, movie menggunakan gomplayer, dan gaming berbagai macam judul (FPS, RTS, adventure, action).

Kesimpulan:
Headset Sades = Go gaming!
Headset Abingo = Meh... :(
Speaker Laptop = Meningkatkan volume suara.
Speaker Sonic Gear Quatro 2 = Semua bisa!
Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.