Yakin anti-virus Anda baik? sebaiknya anda test dulu antivirus tersebut. File EICAR adalah file standar yang digunakan untuk menguji software antivirus. Distribusi file ini bebas dan tidak berbahaya seperti virus kebanyakan yang merusak sistem komputer Anda.

Untuk membuat file tersebut caranya berikut :
1. Copy paste Code dibawah ini kedalam Notepad
X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR- STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
2. Teks harus dalam keadaan horizontal, matikan system “word wrap” di notepad Anda

3. Lalu “Save as…” notepad tadi, misalkan namanya adalah checkantivirus.com itu adalah contohnya saja, nama bisa apa aja terserah Anda, yang penting ekstensionnya harus .com



4. Beberapa saat setelah Anda save file tersebut ke dalam ekstension .com maka antivirus akan langsung detect file tersebut sebagai virus, dan bila tidak detect apapun artinya antivirus harus di-update database virusnya, atau ganti antivirusnya dengan yang lebih tanggap.

Jangan khawatir, file yang Anda buat tadi aman, walaupun kedetect sebagai virus oleh av, text code yang saya kasih diatas adalah standard text yang dipergunakan oleh para developer anti virus khususnya oleh eicar (european institute for computer anti-virus research).

Selengkapnya cek www.eicar.org
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support