Subscribe Us

DBE GM200: Software dari RiZUM



Saya orangnya tidak bisa berhenti begitu saja, harus gali potensi headset ini sampai batas akhir! Lihat software driver yang digunakan headset ini:


Harusnya bernama DBE atau GM200, malah nama driver-nya sendiri "USBGH8-Plus-7.1-ENC". JIka anda mencari driver untuk headset ini tidak akan menemukannya kecuali dari bawaan windows sendiri. saya telusuri dan... google membawa saya ke web resmi Headset asal korea RiZUM!

soundcard USB, eh?

satu-satunya informasi yang valid
Dan dari sini saya simpulkan bahwa headset ini Cuma rebrand! Sama seperti headset HP yang mana keduanya memiliki info yang sangat minim. Sedangkan di web RiZUM banyak infonya, bahkan ada software untuk headset ini, keperluannya adalah untuk mengaktifkan 7.1 Vitual Surround tadi, virtual 3D, dan equalizer! Klik link dibawah untuk download softwarenya jika tidak mau repot mengunjungi web bahasa korea.
cara download via web resmi RiZUM

DOWNLOAD

situs resmi RiZUM Z9000

HEADSET_SW_by RiZUM_for_DBEGM200_AirFIe.rar | 53.2MB


Cara instalnya mudah seperti berikut:
lepas dulu USB headsetnya, dan matikan antivirus, karena terdeteksi virus pada program pembersih sisa instalasi software ini. Jangan takut, ini AMAN!

klik next lagi setelah muncul peringatan
tidak perlu lama menunggu langsung finish!

Jika sudah lanjutkan instalasi software. Selesainya jalankan software tadi lewat shortcut di desktop jika tidak muncul setelah instal software  dan tancapkan kembali USB headset, maka terdeteksi “Device active”

Bagian awal adalah equalizer, ada 4 profil yang bisa disimpan. Ini berguna untuk merubah karakter dari headset ini. Seperti artikel review, bahwa headset ini dominan di frekuensi mid dan low, jadi saya naikan saja frekuensi high, untuk mendapatkan treble yang pas. Karena saya penyuka musik rock jadi tidak terlalu butuh bass, seperti itulah contohnya!
Profil EQ dan 3D on
Apa itu “3D on”? nama lainnya adalah Volume Stabilizer, Loudness Equalization, atau Audio Normalizer. Mudahnya kerja fitur ini adalah menyetarakan suara audio. Akan terasa saat menonton film dan gaming. Jadi suara yang jauh akan terasa dekat, tapi pada batas yang normal! 
Ilustrasi seperti anda berdiri di tengah lapangan sepak bola. Jika fitur ini diaktifkan maka lapangan bola yang luas akan menyusut menjadi setengah lapangan bola, dengan begitu anda dapat dengan mudah mendengar suara di tiap ujung lapangan. 
Efek yang langsung terasa adalah volume suara yang naik. Saya tidak bisa mengatakan kalau memperlebar jarak pendengaran, karena dalam game "ada batas jarak pendengaran". Misalnya dalam game anda dapat mendengar dalam jarak 100m, saat fitur ini aktif maka anda dapat mendengar sampai jangkauan 200m? Tidak! Karena game membatasi jarak pendengaran tersebut. Jadi intinya mendekatkan suara yang jauh dengan menambah volumenya, dan suara yang dekat tetap normal atau tidak ikut bertambah volumenya. Nah, penjelasan panjang lebar ini adalah virtual surround! Ulah software yang menciptakan sebuah ilusi.

Berpindah ke menu “Effect”, menu ini adalah pencipta ilusi ruangan, yang memberikan staging, echo, reverb sialnya tidak bisa diatur hanya tinggal pilih! Bawa diri anda seperti di bioskop, kamar mandi, ruang tengah yang luas, atau koridor.




Lihat menu mic, pengatur volume mic, lewat windows juga bisa, sih.. hanya berfungsi sebagai mute, sedangkan custom button tidak berfungsi.

Nah yang terakhir adalah Virtual 7.1, tanpa mengaktifkannya sama saja bohong, alias masih stereo! Jangan kaget jika diaktifkan tidak ada bedanya. Ini hanya sebagian kecil perubahan posisi suara yang muncul. Ketika saya coba, musik dan movie tidak ada bedanya sama sekali tetapi ketika gaming ada perubahan pada posisi suara.

Coba mainkan game CSGO yang sudah mendukung 3D Audio processing. Saya dapat mendengarkan suara sekeliling dengan baik, kecuali posisi suara di atas dan bawah lantai seperti bomb site pada map de_nuke. Untuk menyempurnakan efek surround bisa diatur dengan menggeser lingkaran-lingkaran tersebut. Karena yang saya coba ketika diaktifkan maka keluaran suara dominan di telinga sebelah kiri.

Efek yang saya rasakan pada game CSGO dengan Virtual 7.1 dan 3D adalah saya dapat mendengar dengan jelas suara 50% luas map, seperti pintu yang terbuka atau arah tembakan, sedangkan footstep hanya 25% luas map. Untuk footstep memang dibatasi jaraknya dalam game ini, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Lucunya footstep sudah tidak terdengar tapi suara reloading masih bisa terdengar.

Kesimpulannya Headset ini membutuhkan software tambahan untuk memaksimalkan potensinya dan ini sudah lebih dari cukup menurut saya. Aslinya semua fitur ini bisa anda dapatkan dengan memakai headset stereo biasa dengan jack 3.5 mm, dan softwarenya adalah software driver soundcard yang ada miliki, seperti punya saya Realtek, nanti akan saya buat sendiri artikelnya.
“Loh kalau begitu ga perlu software headset dong?”

Tetap perlu, karena headset memiliki soundcard yang sudah di tanam, dan harus menggunakan software driver sendiri untuk hasil yang optimal. Dengan kata lain tidak ikut atau terhubung dengan soundcard bawaan dari komputer, karena soundcard tidak ada colokan USB-nya!


Software tersebut cocok dengan headset Rizum seri:

  • G-FACTOR Z4000 Virtual 7.1 CH Gaming Headset
  • G-FACTOR Z5000 Virtual 7.1 CH Gaming Headset
  • G-FACTOR Z6000 Virtual 7.1 CH Gaming Headset
  • G-FACTOR Z6000Plus  노이즈캔슬링Virtual 7.1 CH Gaming Headset 
  • G-FACTOR RH100 노이즈캔슬링 Virtual 7.1 CH Gaming Headset 
  • G-FACTOR Z9000 Virtual 7.1 CH Gaming Headset
Jadi jika anda punya Headset DBE (rebrand) dari Rizum (biasanya mirip) kemungkinan bisa. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

56 Komentar

  1. terimakasih bantuanya gan, semoga rezekinya agan lancar dan diberi kehehatan sampai akhir hayat

    BalasHapus
  2. terima kasih gan, sangat membantu

    BalasHapus
  3. Mantap gan. Lg nyari2 ni headset aslinya rebrand apaan malah nyasar kesini.
    Sayang LEDnya ga bisa dimatiin, kalo dipake kelamaan panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga panas menurut saya, cuma anget aja di kuping. dengan syarat rambut ga panjang, kalo panjang tahu-tahu kuping basah.

      Hapus
  4. Jooss gan.. thanks banget.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. gan mau nanya untuk ganti earpad busanya dimana ya?,soalnya mulai ingin kelupasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di toko online biasanya ada. cari yg diameternya sama.

      Hapus
  6. sama nyari nyari driver asli headset ini akhirnya nyasa di sini, thanks gan

    BalasHapus
  7. gan, driver ini bisa dipakai juga di dbe gm 300 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu, tapi siapa tahu bisa, coba saja.
      kalo muncul tulisan "device active" berarti bisa.

      Hapus
  8. Sangat membantu, akhirnya ketemu juga drivernya + dapat info tambahannya juga. Makasih

    BalasHapus
  9. Software yg dbe gm180 ada nggak?

    BalasHapus
  10. Software yg untuk dbE gm 180 ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu, tapi siapa tahu bisa, coba saja.
      kalo muncul tulisan "device active" berarti bisa.

      Hapus
  11. gan saya coba buat recording kok mic headset ini kecil banget ya. aneh, buat main game oke oke aja, tapi begitu buat recording terlalu kecil suaranya. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan volume boost mic pada settingan software recording. atau selesai recording bisa diedit untuk menambahkan volume.

      Hapus
  12. gan suaranya gedean sebelah kiri ya klo diaktifin 7.1 nya, kira-kira setingan yg pas kyak gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo punya saya malah melenceng di kanan, secara default.
      tombol cw dan ccw, untuk mutar posisi suara, tinggal klik sekali nanti suara berpindah, kalau sudah ketemu yang cocok posisinya klik lagi, untuk stop.

      atau bisa digeser secara manual, icon (L) (R) (C) (sub) dalam gambar sebenarnya bisa digeser, tinggal klik tahan dan tarik, dan sesuaikan posisi suara.

      Hapus
  13. gan, saya sudah install softwarenya, suara tetap tidak terdengar. saya check setting di device manager semuanya normal. kira2 masalahnya apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan "device active" dan
      set default device di setting sound windows.
      pastikan volume tidak dalam keadaan mute atau rendah.

      Hapus
  14. Drivernya USB nya unknown terus gan yaa kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah dengan usb port komputer.
      kalo ga kurang daya, ya... konslet.

      Hapus
  15. Gan, ini software untuk di komputer ya gan? Kalo update software bawaan dari headset yg tertanam di soundcard USB, bisa? Punya saya baru beli, tapi pas dicoba 7.1 nya ga berfungsi sama sekali, hanya mode stereo

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah... inikan headset stereo, yang 7.1 surround itu virtual.
      kalo di coba 7.1 ya ga berfungsilah.

      7.1 surround virtual itu hanya memberikan efek seperti suara surround.

      Hapus
  16. Balasan
    1. jalankan software, cabut usb headset, colok lagi.
      kalo tetap tidak bisa, berarti tidak support.

      Hapus
  17. Gan saya beli dbe gm 180 waktu main game kau open mic suara patah" ya tapi kalo gk open mic gk patah"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada hubungan dengan mic, hanya koneksi yg jelek.

      Hapus
  18. kalau buat dipake di hp ada ga gan driver nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di android saya pake app Dolby Digital Plus atau JetAudio.
      mereka punya EQ dan FX yg cukup memadai, tapi ga semua hp bisa.
      karna ini pakai interface USB, jadi disambung pakai OTG.

      Hapus
  19. Thanks banget gan! Sangat membantu👍

    BalasHapus
  20. berfungsi juga di dbe gm180 bang, mantaaap

    BalasHapus
  21. Gan dbe GM 200 saya problemnya di colok LED nyala semua, tetapi suara tidak ada, dicek driver juga ada, kira2 penyebabnya apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin belum di set sebagai "default playback device" di sounds setting windows, kalo ga di media player-nya, atau kalo game di setting audio in-game.

      Hapus
  22. gan untuk saat stop aplikasi, effectnya kok jadi ngga ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara default aplikasi jalan di background.
      kalo close aplikasi efeknya hilang, berarti cukup di minimize.

      Hapus
  23. gan, kok waktu saya install, microphone nya jadi gabisa diatur ya? ngeboost mulu ada solusi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikecilin di setting sound windows, atau setting software yang dipakai. kalo steam bisa lewat steam, kalo game bisa lewat setting in-game, dsb.

      Hapus
  24. keren gan, joss bgt pake gm200 udh 2 tahun kerasa jadi headset baru lagi biasanya make equalizer extension di chrome kalau ngelag dikit chromenya suaranya jadi brebet semenjak make driver ini jadi joss gausah make equalizer extension lagi suara lebih keras bass lebih dapet apalagi make 3d modenya kalau dengerin musik yang temponya labat vocalnya kedengeran bgt

    BalasHapus
  25. Gm200 ini bisa di Linux gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. headsetnya bisa, tidak buat software driver tersebut.

      Hapus
  26. Balasan
    1. windows sound "set as default" untuk headset, nanti keluar suaranya.

      Hapus
  27. mantap pisan gan tutorialnya! ngomong2 saya juga pake headset ini dan teman-teman saya bilang suara saya kecil kalo di discord, katanya kayak mic-nya kejauhan. Apa itu gara2 ga ada driver-nya bukan ya?

    BalasHapus
  28. Gan, saya udah install programnya. Tapi ketika diklik, ada icon muncul sebentar di notification tray tapi langsung ilang abis itu. Kira-kira kenapa ya? Saya udah disable real-time protection di win defender padahal. Makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan close tapi minimize.
      suaranya kecil setting di windows sound atau setting di discord, bukan karena driver.

      Hapus
  29. Gan hs ini gaada tombol buat mute hs nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada tombol tersebut.
      bisa gunakan fitur shortcut keyboard pada aplikasi atau game untuk mute mic.

      Hapus
  30. Punya agan headsetnya terdetek sebagai speaker juga g? aneh juga ini wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar / icon headset bisa diganti di control panel. karena yang terdeteksi adalah soundcard-nya, dan umumnya soundcard buat speaker.

      Hapus
  31. Gan, saya udah install programnya. Tapi ketika diklik, ada icon muncul sebentar di notification tray tapi langsung ilang abis itu. Kira-kira kenapa ya? Saya udah disable real-time protection di win defender padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dulu di task manager, kalo tidak ada program rizum. jalankan kembali program lewat shortcut di desktop.
      atau
      cek di hidden tray icon, tanda panah ke atas, sebelah icon2 di notifikasi tray. biasanya di masuk ke sana dengan sendirinya karna bukan program penting.

      Hapus
  32. cara matikan led nya gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa dimatikan. kecuali cabut kabel usb atau potong kabel led.

      Hapus
  33. Di windows 11 ngga ke detect ya? soalnya kmaren pake windows 10 bisa ke detect. ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tidak ada masalah. karna driver yang dipakai sama. coba di port usb lain, barang kali yang rusak port usb.

      Hapus

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan