Tips: Mencegah Notebook Overheat

Kali Ini saya akan memberikan sedikit tip mengenai Notebook/Laptop. Dikhusukan bagi pengguna notebook atau yang baru beli notebook. Langsung saja baca terus sampai selesai :)

1. Jangan Sembarangan meletakannya
Alas di bawah notebook sangat mempengaruhi suhu dalam notebook, apa lagi jika notebook Anda memiliki lubang ventilasi untuk masuknya udara ke dalam notebook.
  • Jangan meletakan notebook di bawah kasur atau karpet karena bahan tersebut akan menghambat sirkulasi udara dan juga bahan tersebut mengumpulkan udara panas
  • Jangan meletakan pada alas plastik karena bahan tersebut memantulkan panas
  • Satu lagi jangan memangku notebook karena akan membakar paha Anda.
Terakhir beri jarak antara notebook dan alas, dengan mengganjal bagian belakang notebook sehingga bagian belakang terangkat sedikit dan memberikan udara luar masuk. Hal ini berguna jika bagian bawah notebook Anda datar.
udara segar bisa masuk :D

2. Beli Cooler
Nah alat yang satu ini sangat berguna (indoor), bagi yang punya uang lebih belilah satu. Alat ini sebagai pendingin kedua, bisa menurunkan suhu hingga 10 derajat celcius bahkan lebih tergantung bahan alat yang dipakai.
Sekedar saran jika mau membeli alat ini sesuaikan kebutuhan dan jangan beli yang abal-abal. Alat ini ada dua jenis yaitu Cooling Pad (kipas) dan cooling mat (bantal yang di dalamnya ada crystal pendingin). Cooler tidak diperlukan dalam ruangan ber-AC.
Cooler pad
Cooler mat

3. Lakukan Undervolt
Undervolt atau menurunkan tegangan, yang satu ini alternatif kedua dari Cooler. Hanya dengan batuan software dan sedikit tutorial dijamin Notebook Anda pasti adem. Ada juga kelemahan dari Undervolt yaitu tidak semua CPU bisa di-undervolt (punya saya tidak bisa).
Hal ini juga memperpanjang penggunaan baterai, untuk contoh undervolt bisa kunjungi kaskus.

4. Jangan memaksakan
Kadang orang ingin sekali menjalankan aplikasi terbaru sedangkan spesifikasi notebook tidak mencukupi namun tetap dipaksakan. Hal tersebut seharusnya tidak dilakukan, karena akan membahayakan notebook yang diakibatkan oleh CPU yang terbebani, sehingga menimbulkan panas yang berlebih dan merusak CPU dan hardware sekitarnya, diperparah juga dengan built quality yang jelek. Bisasanya gejala awal timbul bau gosong, jika sudah begitu berhati-hatilah dan segera bawa ke dokter jangan disiram air.
Laptopnya dijual buat beli PC :D
5. Batasi Penggunaan
walaupun ada vendor yang mengklaim notebooknya dapat menyala selama 1 minggu (di masa depan), tapi jangan juga dipakai selama 1 minggu dengan tidak dimatikan dalam keadaan di-charge. ada juga notebook yang tahan banting dan bisa hancur kalau terlindas truk (yaiyalah =_="). Kalau memainkan game ya dibatasi juga kira-kira 1-2 jam (jangan 24 jam nanti meledak). Pakailah dengan sewajarnya.
baterai dewa >:D
6. Lakukan maintenance
Jika perlu lakukan perawatan kira-kira 3 bulan sekali. Jika tidak punya uang untuk ke service center ya coba bongkar sendiri (hati-hati garansi), bersihkan debu yang menempel (hanya dilakukan oleh orang yang ahli).
Bersikan notebook secara berkala
Notebook adalah barang yang ringkih walaupun ada vendor yang mengklaim notebooknya tahan ini dan itu, tetaplah notebook perlu dirawat.
Begitulah sekiranya jika ada yang kurang atau salah silahkan beritahu saya dengan berkomentar dibawahnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support