Header Ads

Kapasitas drive tidak sesuai dengan label?

Anda membeli sebuah HDD 1 TB, dan  mengunakannya di sebuah komputer. setelah Anda periksa ternyata kapasitasnya hanya 931 GB berbeda dengan yang tertulis pada kemasan. Anda mungkin bertanya dimana sisanya? Apa mungkin sisanya hilang bersama saat Anda menawar barang tersebut, hahaha tentu saja tidak.

Penjelasannya sebenarnya singkat. Produsen mengunakan desimal  untuk menghitung, tetapi software / OS menggunakan binary untuk menghitung.
Desimal 1 KB = 1000 bytes
Binary 1 KB = 1024 bytes
Sayangnya, produsen media penyimpanan seperi flashdisk, atau HDD selalu menggunakan desimal. Sedangkan OS menghitungnya dengan binary. Jadi mau tidak mau, kapasitas yang dimiliki tidak seperti apa yang ditulis pada kemasan.

Contoh:
HDD 1 TB = 1.000.000.000 desimal bytes
OS menghitung dengan binary, berarti dibagi 1024
1.000.000.000 : 1024 : 1024 : 1024 = 931 GB

Selain itu terpakai untuk File System, seperti yang tertulisan pada penjelasan dibagian belakang dari Box
Some of the listed capacity on a flash storage device is used for formatting and other functions and thus is not available for data storage
Sekarang Anda sudah tahu mengapa media penyimpanan data tidak sesuai dengan yang tertulis pada box, ini juga terjadi pada semua media penyimpanan data jadi tidak hanya berlaku pada flashdisk saja. Mau tidak mau kita yang rugi karena tidak mendapatkan kapasitas yang full seperti yang tertulis pada box/kemasan. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.