Subscribe Us

Tutorial: Install Windows 8.1

Hari ini saya akan memberi tutorial install windows 8, yang seharusnya saya post beberapa hari lalu setelah post Windows 8 download link. Keterlamabatan post ini dikarenakan saya sibuk sehingga lupa post untuk yang satu ini. Baiklah, tidak terlalu berbeda dengan menginstal windows 7, akan tetapi menu personalisasi akan muncul saat proses instalasi windows selesai, Jadi Anda tidak akan menuju ke desktop langsung setelah instal OS.

Versi terbaru Windows 8 adalah kembalinya tombol menu windows. Tapi menu windows yang full screen ini cukup aneh untuk penggunaan desktop. Karena memang windows kali ini ditujukan untuk komputer yang mendukung touchscreen seperti tablet atau laptop. Jadi banyak orang yang kurang cocok dengan gaya pengoperasiannya yang model swipe ala smartphone. Akhirnya kembali lagi ke windows 7.

PERINGATAN
  • Sebelum melakukan instalasi windows 8, pastikan spesifikasi komputer mencukupi.
  • Jika komputer anda sudah terinstal OS, lebih baik backup data penting didalamnya terlebih dahulu.
  • Bahan tutorial ini dapat diunduh dari link diakhir tutorial.
  • Saya selaku membuat tutorial ini tidak bertanggung jawab jika terjadi error pada komputer anda.

LANGKAH-LANGKAH


Pada windows 8, hardware sudah berkembang sehingga mendukung instalasi menggunakan banyak media. Tidak ada lagi momen pencet keyboard terlewatkan.

1. Mulai dari sini menyetel Bahasa, waktu dan layout kibor.
Sesuaikanlah dengan tempat tinggal Anda karena nantinya digunakan oleh aplikasi dari windows 8 seperti peta, cuaca, dll Jika sudah selesai klik next.


Selanjutnya klik Install Now untuk instal Windows 8. Opsi "Repair Your Computer" nantinya akan digunakan jika Windows 8 Bermasalah. Dan License terms, berisi penjelasan perjanjian dalam menggunakan software ini, dan beri centang pada box "I accept..." dan Klik Next



2. Upgrade atau Custom
Pilih Upgrade jika Anda Ingin mengganti OS lama Anda (OS sudah terisntal dan akan dihapus).
Pilih Custom untuk penyesuaian instal, untuk tutorial ini saya memilih Custom.


3. Pilih Partisi yang akan diinstal windows 8.
HDD/SSD dengan kapasitas kurang dari sama dengan  256GB tidak perlu dipartisi. langsung klik drive dan klik next.

jika storage anda 500GB dan ingin partisi, pilih drive yang kosong klik New. isikan berapa ribu MB yang akan dibagi. bisa gunakan acuan 250GB tiap partisi. Format kedua partisi, lalu pilih partisi mana untuk windows, dengan klik salah satu partisi tersebut, lalu klik next.


Langkah terakhir dari sini adalah menunggu windows instal sampai selesai, dan komputer akan restart beberapa kali.



4. Personalize sesuikan dengan keinginan
Komputer akan merestart sendiri setelah langkah diatas selesai dan muncul opsi personalize seperti gambar dibawah ini. Pilih warna dan namai komputer. Jika sudah klik Next.



5. Settings
Jika Anda lebih suka mensetting langsung disini silahkan klik Customize , tetapi jika Anda tidak mau repot mensetting (seperti saya) pilih "User express settings" setup akan memberikan recommend setting seperti penjelasan pada gambar, jangan khawatir Anda bisa mensettingnya nanti saat masuk desktop.


6. Sign in, online atau offline?
karena windows 8 ini langsung bisa sync dengan akun microsoft dan aplikasinya masukan email msn/live Anda. tapi saya tidak punya? tidak apa-apa klik "sign without a Microsoft accouunt" untuk melanjutkan.



Ada 2 cara untuk masuk ke PC, lewat akun local atau microsoft, tidak penting buat saja akun lokal (offline). kalau mau konek ke akun microsoft nanti saja setelah masuk desktop. Ini penting untuk mencegah windows melakukan download update, yang menyebabkan instalasi lebih lama.

Selanjutnya isi nama user dan password. Password bisa dikosongkan bila ingin langsung masuk ke Windows 8.


Setelah itu tunggu sebentar windows akan menyimpan dan menginstall aplikasi yang diperlukan, dan memberi cara baru mengoperasikan Windows 8. Setelah selesai akan melihat menu start seperti gambar dibawah ini.

kok ga masuk desktop? ya.. inilah windows 8 dengan tampilan barunya gaya tiles


Selesai sudah tutorial menginstall Windows 8, jika Anda menemui kesulitan/tidak paham dengan tutotial diatas bisa Anda tanyakan langsung dengan berkomentar dibawah posting ini.

Saya menginstal windows 8 ini tidaklah terlalu lama, hanya butuh 10 menit langsung bisa masuk menu start. selain itu booting dan shutdown juga terbilang cepat hanya memakan waktu 10 detik. Sungguh kinerja yang hebat dibandingkan dengan windows terdahulunya. saat ini saya menggunakan HDD bagaimana kalau menggunakan SSD, pasti bisa wuz-wuz hahaha... (kecepatan instal tergantung spesifikasi).

Baiklah selesai sudah post hari ini, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

DOWNLOAD
Mediafire | 4GB

Posting Komentar

0 Komentar