Header Ads

Tutorial: Install Windows 8

Hari ini saya akan memberi tutorial install windows 8, yang seharusnya saya post beberapa hari lalu setelah post Windows 8 download link. Keterlamabatan post ini dikarenakan saya sibuk sehingga lupa post untuk yang satu ini.

Baiklah, tidak terlalu berbeda dengan menginstal windows 7, akan tetapi menu personalisasi akan muncul saat proses instalasi OS selesai, Jadi Anda tidak akan menuju ke desktop langsung setelah instal OS.

Langsung saja ke tutorialnya tapi sebelum itu lebih baik persiapkan bahan-bahan yang diperlukan
  • Master Windows 8
  • DVD drive / flashdisk / Harddisk ext
  • PC desktop / Notebook
  • Snack dan minuman untuk teman Anda saat menunggu instalasi

Langkah-Langkah
  1. Masuk BIOS terlebih dahulu, periksa / setting first boot atau boot squence.
    Pastikan setting ke CD/DVD jika pakai disk atau USB:Device (Device merupakan media yang Anda pakai HDD ext / Flashdisk). Setelah Itu masukan Master Windows 8, save & Exit BIOS.
    Jika setting Anda benar maka Windows 8 Setup akan boot seperti gambar dibawah ini. Tunggu sampai muncul layar biru untuk setup.


  2. Nahh disini Anda akan mensetting Bahasa, waktu dan layout kibor.
    Sesuaikanlah dengan tempat tinggal Anda karena nantinya digunakan oleh aplikasi dari windows 8 seperti peta, cuaca, dll Jika sudah selesai klik next.


  3. Selanjutnya klik Install Now untuk menginstall Windows 8.
    Opsi "Repair Your Computer" nantinya akan digunakan jika Windows 8 Bermasalah.


  4. License terms, berisi penjelasan perjanjian dalam menggunakan software ini, dan beri centang pada box "I accept..." dan Klik Next


  5. Disini Anda akan dihadapkan oleh 2 pilihan Upgrade atau Custom.
    Pilih Upgrade jika Anda Ingin mengganti OS lama Anda (OS lama hilang). Pilih Custom untuk penyesuaian Instalasi. Untuk tutorial ini saya memilih Custom.


  6. Pilih Partisi yang akan diinstal windows 8.
    Jika Anda belum membuat partisi pilih Drive lalu klik New dan tentukan kapasitas partisi (dalam MB) lalu klik OK dan Pilih partisi lalu klik Next.
    kok tidak diformat? format dilakukan jika install ulang OS, agar lebih bersih sedangkan jika baru membuat partisi langsung klik next maka setup akan memformatnya sendiri.


  7. Tunggu sebentar saat setup memulai mengcopy dan menginstall Windows 8. Ups! tunggu dulu ini tidak akan memakan waktu yang lama.


  8. Personalize sesuikan dengan keinginan Anda.
    Komputer akan merestart sendiri setelah langkah diatas selesai dan muncul opsi personalize seperti gambar dibawah ini. Pilih warna dan Nama untuk komputer Anda. Jika sudah klik Next.


  9. Settings.
    Jika Anda lebih suka mensetting langsung disini silahkan klik Customize , tetapi jika Anda tidak mau repot mensetting (seperti saya) pilih "User express settings" setup akan memberikan recoment setting seperti penjelasan pada gambar, jangan khawatir Anda bisa mensettingnya nanti saat masuk desktop.


  10. Sign in.
    karena windows 8 ini langsung bisa sync dengan akun microsoft dan aplikasinya masukan email msn/live Anda. tapi saya tidak punya? tidak apa-apa klik "sign without a Microsoft accouunt" untuk melanjutkan.


  11. Microsoft account / Local account.
    Ada 2 cara untuk masuk ke PC Anda, karena tapi tidak memiliki account Microsoft ya.. pilih Local Account.


  12. Selanjutnya buat nama user dan password, password bisa dikosongkan bila Anda ingin langsung masuk ke Windows 8.


  13. Setelah itu tunggu sebentar windows akan menyimpan dan menginstall aplikasi yang diperlukan, dan memberi cara baru mengoperasikan Windows 8. Setelah selesai maka Anda akan melihat menu start seperti gambar dibawah ini.
    kok ga masuk desktop? ya.. inilah windows 8 dengan tampilan barunya gaya tiles

Selesai sudah tutorial menginstall Windows 8, jika Anda menemui kesulitan/tidak paham dengan tutotial diatas bisa Anda tanyakan langsung dengan berkomentar dibawah posting ini.

BTW, saya menginstal windows 8 ini tidaklah terlalu lama, hanya butuh 10 menit langsung bisa masuk menu start. selain itu booting dan shutdown juga terbilang cepat hanya memakan waktu 10 detik. Sungguh kinerja yang hebat dibandingkan dengan windows terdahulunya. saat ini saya menggunakan HDD bagaimana kalau menggunakan SSD, pasti bisa wuz-wuz hahaha... (kecepatan instal tergantung spesifikasi).

Baiklah selesai sudah post hari ini, terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.