Subscribe Us

Bahaya Listrik Statis Bagi PC


Jika bekerja dilingkungan elektronik lebih baik berhati-hati, apa lagi komponen listrik yang sensitif. digambarkan seperti pada meme di atas walaupun tidak persis seperti tangan mengeluarkan listrik yang menyambar. Tapi hanya lentikan listrik kecil yang melalui tangan dapat membunuh.

Apa itu Electrostatic Discharged (ESD)

Berpindahnya listrik statis saat bertemu dua media yang memiliki jumlah elektron yang berbeda.

Jadi tubuh manusia itu memuat listrik yang tanpa disadari orang bisa mengalami overcharged, maksudnya seseorang dalam tubuhnya memiliki listrik yang berlebihan (overcharged). Suatu saat, orang tersebut menyentuh benda metal, kemudian merasakan sengatan listrik, padahal benda tersebut tidak tersambung dengan listrik. Contohnya gagang pintu, body mobil, mouse komputer, casing TV. Fenomena tersebut dinamai ESD.


Bagaimana bisa terjadi?

Tubuh manusia mendapatkan asupan listrik dari beberapa media sederhana, dari pakaian sehari-hari. seperti sandal atau sepatu, sarung tangan, atau baju. Kemudian pakaian yang dikenakan bergesekan dengan media lain seperti besi, plastik, karet, kain (karpet), dll. Tubuh manusia juga bisa menyerap elektron dalam jumlah yang banyak melalui menyentuh benda tertentu tanpa terasa. Dengan begitu tubuh memiliki elektron yang berlebih.

Kemudian orang tersebut menyentuh benda yang mudah menghantarkan listrik, dan sengatan listrik pun terasa. Sebab tubuh manusia mengeluarkan listrik yang berlebihan tadi ke material lain adalah agar elektron dalam tubuh seimbang kembali. Diperparah dengan keadaan udara yang lembab. Pada suatu kasus ini bisa terjadi tanpa terasa sengatan listriknya.

Apakah Bahaya?

Untuk manusia tidak, tapi media lain yang membuatnya celaka.

Komponen elektronik yang sensitif terhadap listrik statis bisa membuatnya rusak/mati. Jadi jangan heran saat bongkar PC yang tadinya normal, ketika dirakit kembali tapi malah mati atau tidak berfungsi.

sentuhan kecil bisa mematikan komponen elektronik


ESD ini berbahaya saat berdekatan dengan media yang mudah terbakar atau berpotensi meledak. Sekali lagi, tidak terasa tapi tiba-tiba api yang besar menyambar.

meskipun letikan listrik kecil tapi bahan bakar


Solusinya?

Hindari media pemicu listrik statis tersebut saat bekerja.
Isolasi diri, saat bekerja dengan komponen elektronik, bisa menggunakan sarung tangan anti statis untuk mengisolasi diri dari listrik statis, atau gelang anti-statis guna menyalurkan listrik dalam tubuh ke media lain.

sarung tangan anti-static

gelang ground-strap

Sepertinya itu merepotkan, gampangnya grounding dengan menyentuh beda metal lain agar mengurangi listrik dalam tubuh, dan PASTIKAN komponen elektronik tidak tersambung dengan listrik.

Posting Komentar

0 Komentar