Subscribe Us

Tutorial: Membuat File Kosong (Dummy)

Kali ini saya akan membuat file kosong yang berukuran 1 GB, bisa kurang atau lebih dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu fungsinya apa? Biasanya untuk mengetest kecepatan write (tulis) sebuah harddisk/flashdisk secara manual atau bisa dikatakan tanpa software.


Sebelumnya tutorial ini dilakukan pada windows XP/7. Berikut ini langkah-langkahnya:
Pertama jalankan command prompt dengan klik [Start] - [Run] ketikan cmd dan tekan enter atau untuk lebih gampannya tekan tombol [WIN] + [R] pada kibor anda, dan ketikan cmd lalu tekan enter


Kedua pilih lokasi dimana file tersebut akan dibuat dengan mengetikan perintah cd dan letak lokasi. Dalam tutorial kali saya akan meletakan nya di drive [C:], seperti pada gambar dibawah!

Kemudian, ketikan fsutil file createnew nama.file 1074000000 dan tekan enter, setelah itu tutup cmd dan cari dimana file tersebut disimpan.

Keterangan:
  • fsutil file createnew merupakan perintah untuk membuat file baru.
  • nama.file merupakan file yang akan dibuat, nama merupakan nama file sedangkan .file merupaka extension pada file, dan anda dapat mengubanya sesuai selera. Misalnya kosong.file, gede.jpg, sampah.avi atau tes.txt.
  • 1074000000 Merupakan ukuran file yang akan dibuat. anda bebas mengubah angka tersebut. Satuan yang dipakai dalam command ini merupakan satuan Byte, jadi 1074000000 sama dengan 1GB.
Kalau malas membuat ini itu, bisa pakai software File Dummy Maker. Tinggal jalankan software-nya dan isikan nama dan ukuran file yang diinginkan, mudah bukan?

DOWNLOAD
Mediafire | 16KB

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar