Tips: Menghindari Masalah Umum pada PC


Pertama terjadi kendala seperti cursor yang digerakan tersendat-sendat, diikuti dengan program yang hang, dan keluar berbunyi aneh dari komputer anda. kemudian muncul layar biru yang menakutkan. Ya! komputer Anda crash dan yang Anda lakukan adalah merestart komputer dan berharap itu tidak terjadi sesuatu yang fatal.

Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya crash pada komputer, dan itu penting untuk dipelajarinya agar terhindar dari masalah dikemudian hari. Akhiri crash pada komputer Anda dengan mengikuti 7 sebab dan solusi dari crash yang umum pada komputer.

Hardware konflik
layar biru (BSOD) kebanyakan dihasilkan oleh instalasi hardware yang konflik seperti ketidak cocokan antara driver dan hardware. semua komponen sistem memakai IRQs (interrupt request channels) ketika terinstal, dan setiap perangkat memerlukan channel-nya sendiri untuk berfugsi. Ketikan dua perangkat berbagi dengan channel yang sama dan digunakan secara bersamaan maka akan terjadi crash.
Untuk mengetahui hardware yang konflik bisa dilihat di Device Manager. lalu untuk memperbaikinya dengan memperbarui driver tiap hardware, yang bisa diunduh di situs resminya.
tanda kuning menunjukan hardware memiliki driver yang bermasalah

RAM yang buruk
Kebanyakan BSOD juga terjadi pada RAM, yang menyebabkan juga gagal booting. biasanya untuk yang memakai RAM lebih dari satu.

Untuk memeriksa keadaan RAM bisa menggunakan memtest86+, software tersebut akan memeriksa RAM Anda. pastikan bersihkan kaki RAM terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan. Untuk melakukannya lepas semua RAM dan periksa satu persatu RAM Anda. Lalu jalankan memtest86+ jika tak terdeteksi error lanjutkan Memeriksa ram yang lainnya.  Jika terdeteksi error lebih baik jangan dipakai dan ganti yang baru.
Memtest86+ menemukan error pada RAM
Kadang orang melakukan upgrade RAM hanya melihat dari sisi kapasitasnya. Ingat jangan sembarangan meng-upgrade RAM. karena itu juga yang menyebabkan tidak bisa booting, komputer lamban, sering hang, BSOD, dll. Sedikit tips dari saya untuk upgrade RAM:
  • Dukungan motherboard, lihat dahulu motherboard Anda apakah mendukung RAM jenis apa dan PC berapa.
  • RAM harus memiliki PC yang sama, karena RAM memiliki PC berbeda dan kecepatan yang berbeda pula.
saya pernah menemui komputer dengan RAM 3 keping masing-masing 1 GB seharusnya komputer tersebut sudah tidak lamban dan error saat booting. setelah saya periksa ternyata RAM tersebut memiliki PC yang berbeda, jika saya uji dengan 1 RAM saja komputer tersebut dapat booting lebih cepat dan tidak ditemui error sama sekali.
  • Kapasitas, saya sarankan untuk memasang RAM yang memiliki kapasitas yang sama. Misal 2x1 GB, 2x4GB, dst.
  • Dual Channel, triple channel? Jangan terlalu dipedulikan karna dari segi harga lebih mahal/dua kali lipat dari harga yang single channel. tapi dari segi kecepatan memang lebih cepat.

Panas adalah musuh komputer
Komputer mulai panas, ketika Anda mendengar kipas yang berputar dan berisik. Panas membuat komponen di dalam komputer menjadi tidak stabil dan membuat komputer Anda crash/mati dengan sendirinya. auto shutdown mereka buat untuk melindungi komponen komputer itu sendiri.

Jika Anda mencurigai bahwa pendingin komputer Anda tidak bekerja efektif mengusir panas. Pertama periksa semua kipas berputar normal, tidak lambat atau berhenti berputar. dan pastikan konektor power fan terpasang dengan benar. Jika terdapat kipas yang rusak segera ganti dengan yang baru.

Kemudian, bersihkan debu yang menempel ditiap komponen dan casing komputer. karena debu dapat meningkatkan suhu pada komponen. bersihkanlah secara berkala 1-3 bulan sekali.Jangan lupa rapihkan kabel, karena kabel dapat mempengaruhi sistem ventilasi udara, yang dapat menghambat udara yang masuk dan keluar.
debu yang menyebabkan panas meningkat
Setelah dibersihkan Anda dapat memonitor suhu dalam komputer dengan software PC Wizard atau HWmonitor yang sangat membantu dalam memonitori suhu secara real-time pada tiap komponen.

Jika sudah semuanya, jangan lupa perikas setting BIOS Anda apakah pernah meng-overclock komputer Anda? karena hal tersebut juga menyebabkan naiknya suhu pada komputer.

Jika Anda memasang CPU baru dan ada sisa thermal paste, lebih baik bersihkan sebersih-bersihnya dengan menggunakan kain katun dan sedikit alkohol secara berulang-ulang.

ada sedikit teori memberikan thermal paste. tujuannya adalah agar lubang mikro pada permukaan CPU tidak tersentuh langsung dengan HSF. untuk memberikan thermal paste jangan terlalu sedikit / terlalu banyak, seperti pada gambar. letakan ditengah atau secara vertikal juga tidak apa-apa dan tidak perlu meratakan karena saat memasang HSF thermal paste akan menyebar dengan sendirinya.
penerapan therma paste yang benar

Tidak cukup daya
Jika komputer Anda tidak stabil dan sering restart atau mati sendiri, bisa jadi PSU yang Anda gunakan tidak memiliki cukup daya untuk tiap hardware yang terpasang, terutama pada VGA card.

memang tidak mudah menentukan berapa daya yang dibutuhkan oleh komputer atau mengukur berapa daya yang diberikan pada sebuah PSU. walaupun ada website yang menyediakan layanan untuk mengukur daya.

Jika Anda menemui PSU yang digunakan tidak cukup kuat untuk memberi daya pada tiap komponen yang terpasang, ada beberapa pilihan. Jika Anda meng-overclock komputer Anda, maka Anda harus mengembalikan setting ke default. Jika tidak Anda harus mengganti PSU dengan watt yang lebih besar dan juga pure.

Defragment hard drive
Jika ada sampah yang mengendap pada hard disk, maka timbul ketidak stabilan pada sistem dan masalah tiap menyimpan file, instal atau hapus program. Tidak hanya memperlambat hard disk tapi juga dapat menimbulkan masalah pada OS yang mencari file penting untuk dijalankan.
defregment itu mudah
Jalankan Disk Defragmenter di System Tools tiap minggu atau bulan agar sistem tetap lancar. karena ini memakan waktu yang lama, maka jalankan ketika Anda sedang pergi bekerja atau akan tidur.
Satu lagi, defragment tidak penting ketika Anda menggunakan SSD.

Registry yang kacau
Registry pada komputer merupakan perpustakaan yang luas dari pengaturan sistem. pengaturan sistem yang salah bisa mengakibatkan BSOD. sisa registry dari sebuah program yang sudah tidak digunakan bisa memenuhi dan membuat konflik dan juga error.
folder root yang tidak ada habisnya
Sebuah registry cleaner contohnya Free Wise, sebuah software yang membersihkannya dengan baik.

Virus yang menakutkan
tak lupa juga virus mempengaruhi stabilitas sistem, instal antivirus yang handal dan update selalu antivirus tersebut. Jangan lupa selalu pindai secara berkala minimal 1 bulan sekali.

Lebih baik scan saat Safe Mode, Antivirus sekarang ini dapat memindai saat booting sebelum masuk OS. ini sangat baik karena OS belum beroperasi begitu juga jika terdapat virus, virus tersebut belum beraksi.
menekan F8 saat booting makan akan muncul opsi Safe Mode
Ada sedikit tambahan, jika terjangkit virus dan Antivirus yang Anda gunakan tidak dapat menanganinya, gunakan Antivirus khusus yang menangani virus tersebut. Selalu scan saat Safe Mode

Mengumpulkan petunjuk untuk memperbaiki masalah
BSOD bukan hanya layar biru menakutkan yang menampilkan deretan tulisan yang asing. Jika Anda menemui BSOD catatlah code yang tertera pada layar biru biasanya 0x0000c 0x0008003 dst. dan mulai cari di internet apa maksud kode tersebut.
ada juga cara lain untuk mengetahui BSOD. (link belum tersedia)
Windows 8 memiliki BSOD yang lebih mengerikan seperti gambar dibawah ini.
hahaha! saya hanya bercanda. windows 8 lebih ramah
Inilah akhir dari artikel yang panjang ini, saya dapatkan dari PC World. Semoga dapat membantu Anda dalam mengenal masalah pada komputer dan memperbaikinya. Bila masih ada yang belum paham silahkan Anda dapat bertanya melalui kotak komentar dibawah post ini.
Sekian dari saya dan semoga membantu.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support