Header Ads

Guide: Memilih Mouse

Barang yang satu ini sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer. Mouse sekarang sudah bermacam-macam mulai dari bentuk, fungsi, dan teknologi. Mouse dengan teknologi optik lebih sering ditemui sekarang dari pada mouse bola. Walaupun menjadi pusat kontrol sekunder bagi PC, namun perlu diperhatikan saat memilih sebuah mouse agar nantinya tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Nah.. sekarang saya akan memberikan tips memilih mouse, langsung saja baca sampai selesai.

Bentuk Ergonomis
Disinilah letak kenyamanan saat Anda memakai mouse, karena mouse didesain khusus agar nyaman dipakai.
Tidak seperti mouse biasa, mouse ergonomis memiliki bentuk dan lekukan khusus kadang orang biasa meilihatnya bentuknya aneh. Pilihlah mouse ergonomis untuk mengurangi tingkat kelelahan dan cidera. Contoh mouse ergonomis adalah mouse multimedia atau mouse gaming. Tak perlu bayar lebih, karena sudah banyak ditemui tiruan dari mouse multimedia yang lebih murah hargannya. bisa jadi referensi jika untuk penggunaan biasa bukan gaming.

Ukuran
Ukuran mouse menentukan tangan pengguna.
saat memilih mouse coba pegang mouse dan lihat apakah ukuran mouse sesuai dengan tangan Anda? pililah mouse berukuran besar jika Anda memiliki tangan yang besar begitu juga sebaliknya. Ukuran juga menentukan cara Anda dalam memegang mouse dan berikut penjelasannya.
  • Palm Grip
    cocok untuk mouse berukuran besar, cara memegangnya adalah dengan meletakan semua jari tangan diatas mouse, rata-rata orang menggunakan cara ini.
  • Claw Grip
    Cocok untuk mouse berukuran sedang, cara memegangnya adalah dengan menekuk jari telunjuk dan jari tengah sehingga membentuk seperti cakar, gamer fps sering menggunakan cara ini.
  • Finger Tips Grip
    cocok untuk mouse berukuran kecil / mini, cara memegannya adalah dengan meletakan ujung jari tangan Anda pada mouse dan menggerakannya dengan ujung jari tangan Anda pula, jadi telapak tangan Anda tidak menyentuh mouse sama sekali. Cara terakhir ini jarang sekali dipakai.
cara pengan mouse palm - claw - finger tip

Interface
Agar tak salah pilih lihat dahulu PC Anda, apakah terdapat port yang didukung oleh mouse?
Sekarang lebih sering ditemui mouse dengan interface PS/2 dan USB, lalu manakah yang lebih bagus?
Jika PC yang Anda pakai tergolong produk lama maka saya sarankan menggunakan interface PS/2 sedangkan Jika PC yang Anda pakai produk baru / laptop gunakan USB.
Hanya itu? tentu tidak, mouse USB lebih membebankan prosesor dari pada yang memakai interface PS/2, itu kenapa kadang ditemui masalah komputer tidak mau booting, selain itu tingkat sensitifitasnya berbeda.

Teknologi
Mouse memiliki bermacam-macam teknologi agar dapat disesuaikan dengan penggunanya. Apakah teknologi tersebut? Berikut beserta penjelasannya.
  • Optical
    Mouse dengan Teknologi ini sering dijumpai, menggunakan sinal LED untuk mendeteksi gerakan. selain itu karena murah hargannya. Cocok untuk pengguna biasa. Ciri-cirinya memancarkan lampu LED (merah) pada bagian bawah mouse. Teknologi ini telah dikembangkan menjadi dual optik, seperti gambar dibawah.
  • Laser
    Mouse yang ini dikhususkan untuk pengguna multimedia dan gaming. menggunakan teknologi laser yang memiliki resolusi dan akurasi yang lebih baik dari pada optik. Ciri-cirinya tak memancarkan lampu led seperti pada mouse optik. Teknologi ini juga dikembangakan menjadi v-track seperti pada mouse produksi a4tech.
  • Holeless
    Teknologi terbaru dari a4tech yaitu mouse tanpa lubang, biasanya mouse optik / laser memiliki lubang pada bagian bawah. Nah yang satu ini, lubang tersebut ditutup agar tidak kemasukan debu / air jadi lebih tahan lama dan mudah untuk membersihkannya.
  • Wireless
    Mouse tanpa kabel, cocok untuk pengguna yang tidak mau berurusan dengan kabel. Seperti digunakan pada laptop, Sebagai penggantinya menggunakan batere sebagai sumber daya. 
  • Mouse 2D, 3D, 4D
    Mungkin Anda bingung, apa itu? Ini 

    adalah 

    teknologi scroll pada mouse, untuk 2D hanya bisa scroll atas-bawah, 3D atas-bawah dan kanan-kiri, sedangkan 4D scroll model bola.
  • Macro Button
    Biasanya mouse ini khusus untuk multimedia, dengan ditambahkannya beberapa tombol pada mouse yang memudahkan penggunaan, seperti game, browsing, dll. contoh mouse memiliki macro button seperti gambar dibawah
  • DPI
    DPI singkatan dari Dot Per Inch, merupakan dot gerakan cursor per inci. Jadi mouse dapat bergerak beberapa dot dalam 1 inci, singkatnya sensitifitas dalam gerakan mouse. semakin tinggin DPI maka semakin cepat cursor mouse bergerak dengan sedikit melakukan gerakan tangan. Mouse yang memiliki DPI sering ditemui pada mouse gaming.

Dapatkan Review Produk
Agar nantinya tak menyesal seusai membeli mouse, usahakan mencari review tentang produk yang Anda beli, baik dari teman, internet, majalah, dsb.

Fitur vs Harga
Setelah mengetahui fitur-fitur yang diberikan pada mouse, pertimbakanlah... Apakah Anda memerlukan fitur tersebut? Jangan sampai Anda membeli mouse dengan segudang fitur dan harga yang mahal tapi Anda hanya mengunakan 2 tombol (kiri dan kanan).
Jika Anda hanya pengguna bisa pilihlah mouse standar dengan 3 tombol dan scroll.
Tetapi jika Anda seorang gamer pilihlah mouse yang didesain untuk game mengingat durability mouse sendiri.

Mungkin Anda berkata, Ahh.. mau beli mouse aja repot.
Jangan salah, memilih mouse secara baik dan benar dapat mengurangi dana yang keluar. Selain itu berpengaruh dengan kesehatan, loh.. kok bisa? dengan memilih mouse ergonomis (walau mahal sedikit) mengurangi tingkat cidera pada tangan Anda. Pernah merasa pegal / sakit pada daerah sekitar tangan atau pergelangan tangan? Nah.. itulah tanda-tandanya, maka gantilah mouse Anda. Tapi jika cara pegang Anda salah yah... mau diganti mouse apapun juga sama saja.
cara pegang mouse yang benar
Beberapa contoh cidera penggunaan mouse yang salah seperti Carpal tunnel syndrome, Arthritis, Repetitive strain injuries (RSI).

Kesimpulan
  • Pilih mouse ergonomis
  • Tentukan ukuran, interface, dan teknologi
  • Carilah review tentang produk yang Anda ingin beli
Nah.. mulai sekarang jangan asal-asalan pilih mouse yang dapat berakibat fatal, walaupun mau bentuknya lucu, harga murah, asal bisa fungsi, dsb, lupakan hal itu pedulikan kesehatan Anda. Dan.. akhirnya selesai tips dari saya terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.