Subscribe Us

Guide: Memilih Mouse

Barang yang satu ini sudah tak asing lagi bagi pengguna komputer. Mouse sekarang sudah bermacam-macam mulai dari bentuk, fungsi, dan teknologi. Mouse dengan teknologi optik lebih sering ditemui sekarang dari pada mouse bola. Walaupun menjadi pusat kontrol sekunder bagi PC, namun perlu diperhatikan saat memilih sebuah mouse agar nantinya tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Nah.. sekarang saya akan memberikan tips memilih mouse, langsung saja baca sampai selesai.

ERGONOMIS

Didesain agar nyaman. Mudahnya, anda coba letakan tangangan pada mouse, seperti halnya anda sedang menggunakan mouse. Lalu rasakan genggamannya, coba untuk klik tombol-tombol mouse. Jika terasa pas dan nyaman, itu adalah mouse yang tepat untuk anda. tidak memandang bentuk dan ukuran apa lagi harga.

Faktor ini yang mempengaruhi adalah cara anda memegang sebuah mouse, dari penelitian ada 3 cara, yaitu:

cara pengang mouse palm - claw - finger tip

Palm. cara pegang paling kalem atau lebih umum seperti sebagaimana kebanyakan orang menggunakan mouse. umum dilakukan dengan mouse ukuran besar.

Claw. gamer dengan permainan yang intens dan butuh kecepatan gerakan dan klik. Maka dengan begitu, cara pegangnya, ibu jari, telunjuk, dan tengah membentuk seperti mencakar.

Finger tip. Cukup dengan tiga jari, jari telunjuk dan tengah untuk tombol mouse, dan jempol untuk geser-geser. biasanya cara ini digunakan pada mouse dengan ukuran mini.

SENSOR

Dahulu sensor menggunakan bola dan roller. Sekarang menggunakan optic, dan laser. Cara membedakannya cukup mudah. Sersor yang baik akan dapat merekam setiap gerakan mouse secara akurat. semakin akurat semakin baik.



Buka aplikasi untuk menggambar (ms paint), lalu buatlah garis lurus horizontal dan vertikal, menggunakan tool pensil. hasilnya lurus tidak melenceng, berarti mouse yang baik.

Mau lebih extrim buat garis zig-zag dan lingkaran, perhatikan setiap gerakannya. Semakin di monitor selaras gerakannya dengan mouse, semakin baik itu sensor. coba gerakan mouse denga lambat dan cepat sekali, respon pada monitor juga harus sama. Jika anda tidak peduli dengan ini, ya... langkah awal tadi sudah cukup.

KONEKTIVITAS

Kabel ada dua variasi, kabel biasa dan braided. Lebih baik hindari braided karena mudah kaku jika sudah lama. Wireless menjadi pilihan baik jika suka main jarak jauh, atau tidak mau direpotkan dengan kabel. Tapi ingat jangan lupa ganti baterai, atau gunakan baterai yang bisa diisi ulang.

Port. Meskipun jarang port ps/2 kadang masih menjadi pilihan terbaik, jika port USB pada PC desktop hanya ada 4 buah. Di sisi lain USB menawarkan banyak fitur seperti LED RGB custom, macro, tombol yang dapat diprogram.

Fitur. Produsen memperkenalkan kelebihan dari produk mereka dengan namanya sendiri-sendiri, jadi jangan sampai termakan iklan pada label.

  • DPI (dot per linear inch) sebuah satuan ukuran sebuah kesensitifan sebuah sensor mouse. Umumnya 800-1000DPI. Ada yang menawarkan samapi 5000 atau 10000DPI. artinya cursor pada monitor akan semakin enteng untuk digeser, mouse digeser sedikit, cursor bergeser jauh. Ini banyak fungsinya, yang paling terasa adalah ketika monitor menggunakan layar dengan resolusi tinggi, dengan mouse DPI rendah anda perlu menggeser mouse yang cukup jauh.

  • 4D, 6D? huruf D ini merujuk pada tombol dan angka adalah jumlahnya. Mouse biasa pada umumnya mempunyai 3 tombol, klik kanan-tengah-kiri, jadi disebut 3D, dengan tambahan fitur DPI makah ada 1 tombol lagi jadilah mouse 4D. Jadi D di sini bukan Dimensi.
  • Tombol macro. Mouse gaming biasanya ada tambahan tombol lagi di samping mouse. Macro disini adalah program khusus yang berisi perintah untuk melakukan sebuah aksi dalam suatu game. fungsinya untuk pencetan tombol (combo) hanya cukup dengan satu tombol mouse. Demi mempersingkat durasi.

Mungkin Anda berkata, Ahh.. mau beli mouse aja repot.
Jangan salah, memilih mouse secara baik dan benar dapat mengurangi dana yang keluar. Selain itu berpengaruh dengan kesehatan, loh.. kok bisa? dengan memilih mouse ergonomis (walau mahal sedikit) mengurangi tingkat cidera pada tangan Anda. Pernah merasa pegal / sakit pada daerah sekitar tangan atau pergelangan tangan? Nah.. itulah tanda-tandanya, maka gantilah mouse Anda. Tapi jika cara pegang Anda salah yah... mau diganti mouse apapun juga sama saja.
cara pegang mouse yang benar

Beberapa contoh cidera penggunaan mouse yang salah seperti Carpal tunnel syndrome, Arthritis, Repetitive strain injuries (RSI).
Nah.. mulai sekarang jangan asal-asalan pilih mouse yang dapat berakibat fatal, walaupun mau bentuknya lucu, harga murah, asal bisa fungsi, dsb, lupakan hal itu pedulikan kesehatan Anda. Dan.. akhirnya selesai tips dari saya terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar