Subscribe Us

Cara: Merawat Mouse


Setelah tahu memilih mouse dan membelinya, satu yang tak boleh terlupakan yaitu merawatnya! Tentu agar mouse awet dan selalu berfungsi normal. Perangkat ini memang sedikit disepelekan, entah karena harganya murah dan orangnya sedang banyak uang, hehehe.. Lalu bagaimana cara merawat mouse?

1. Kabel
Dari hal yang sederhana, penempatan kabel atau cable management. kabel ini haruslah dapat bergerak bebas. Hindari jepit, terlipat, dan bergelantungan di belakang meja, karena bisa tersangkut kaki yang suka selonjoran sampai kabel terputus. awas tikus suka gigit kabel.

2. Tangan Bersih
Sebisa mungkin penggunaan mouse tangan bebas dari minyak. Bagi yang main game atau kerja jangan sambil makan. Tangan berminyak merusak permukaan mouse atau catnya. Bahkan mouse yang lapisannya permukaan cat menggunakan karet akan cepat mengikisnya.

3. Kaki mouse
Belilah mousepad jangan dibiarkan tanpa alas pada meja. karena kaki mouse mudah terkikis. Mau mouse mahal atau murah, sama-sama cepat habis. Terutama meja kayu karena permukaannya tidak rata. kalau kaki mouse sudah habis, maka kotoran cepat mengumpul di sela-sela kaki mouse yang membuat pergerakan mouse tidak halus. Kalau kaki sudah habis belikan bantalan kakinya kembali. Sebenarnya bisa membuatnya sendiri tapi ya... beda material beda rasanya.

Pengguna mouse optik/laser bersihkan optik dari debu dengan menggunakan cotton bud agar akurasi kursor dan sesitifitas bekerja dengan sempurna! Untuk pengguna mouse bola keluarkan bola dan bersihkan bola dari kotoran dan debu, agar bola dapat bergerak bebas, jangan lupa bersihkan roller di dalam mouse.

4. Mouse pad
Sebaiknya membeli mousepad yang pinggirannya dijahit, agar bisa dicuci dan disikat. yang model seperti ini lebih awet, dari pada yang model potongan biasanya kainnya mengelupas karena lem sudah tidak merekat.

Pencucian ringan, kotor karena debu, sama seperti mencuci baju, tapi jangan masukan ke mesin cuci. kucek pakai tangan. kalau kotornya sudah kelewatan seperti kena tumpahan makanan dan minuman. butuh disikat, tapi jangan menggunakan sikat yang kaku! Diusahakan kering hari itu juga, agar lem tidak mengelupas.

5. Driver (optional)
Bila menggunakan mouse "khusus" yang mana ada drivernya sendiri, tidak lupa diperbarui, terutama firmware-nya. Kunjungi web resmi produsen mouse anda.

6. Istirahat
Jika mouse digunakan untuk memainkan game, yang mana sering sekali menggunakan klik kiri, sehingga jadi error atau dobel klik. Maka istirahatkan mouse! main game boleh 3-6 jam sehari, lalu lanjut lagi besok. karena klik pada mouse menggunakan 2 lapis lempengan besi yang tpisi dan melengkung. Jika terus-terusan di pencet tanpa istirahat maka 2 lempengan besi tersebut menjadi datar bahkan menyatu, sehingga tidak bisa dipencet lagi.

Mungkin itu saya yang perlu saya sampaikan maaf bila ada yang salah atau kurang, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Posting Komentar

0 Komentar