Subscribe Us

Cara: Merawat Hard Disk Drive


Setelah sekian lama menggunakan komputer dan tidak pernah dirawat hanya asal pakai. Kemudian berdebu dan temperatur naik juga tidak dihiraukan. Suatu saat komputer dinyalakan tidak terdeteksi HDD. Lalu Anda mulai mendengar bunyi Aneh pada HDD Anda dan ternyata HDD mati "yah.. mana data belum di backup"

Untuk menghindari kejadian di atas maka saya akan memberikan tips merawat HDD, tips berikut dapat memperlambat penuaan HDD memperpanjang umur HDD, ini berlaku baik HDD internal / external dan tidak berlaku pada Flash drive dan SSD. Langsung saja, berikut tips-nya:

1. Jaga temperatur
Musuh utama HDD atau memori adalah panas, mengingat HDD sendiri piringan magnet. Jangan dibiarkan dengan debu tebal, bersihkan sekirannya kalau sudah kotor.

2. Hindari guncangan
Saat tidak digunakan jaga jangan sampai terguncang, terbentur, jatuh. Karena media penyimpanan ini sangat rapuh. Sekali terjatuh bahkan dalam pangkuan tidak bisa ditolong. Saat HDD sedang dipakai, letakan pada bidang datar, baik posisi vertikal atau horizontal. Pasang damper karet kalau ada, karena getaran saat HDD berputar dapat mengganggu kerja HDD. Jangan memegang atau memutar HDD saat sedang digunakan.

3. Tetap digunakan
Jangan disimpan tanpa teraliri listrik dalam jangka waktu yang lama. karena bisa membunuh HDD itu sendiri. Dua dari HDD saya yang disimpan dalam lemari yang sudah sangat lama, ketika akan pakai ternyata sudah mati total. Terdeteksi tapi tidak bisa diakses sama sekali. Bahkan menyebabkan hang saat booting. Untuk ini lebih aman menggunakan flashdisk.

4. Gunakan S.M.A.R.T
HDD sekarang sudah memiliki fitur ini tinggal aktifkan melalui BIOS. fitur ini akan memantau HDD bila ada kerusakan maka akan terdeteksi saat boot atau saat scan menggunakan software. Walau tidak sepenuhnya benar tapi fitur ini dapat mengantisipasi bahwa HDD akan menemui ajalnya.

Begitulah tipsnya, bila masih bingung Anda bisa bertanya dengan memposting komentar Anda di kotak komentar dibawah, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca juga,
- mengenali kerusakan dari suara
Bahaya listrik statis

Posting Komentar

0 Komentar