Jika Anda sering melakukan browsing di internet maka yang sering ada lakukan ada scroll down-up pada mouse Anda. Ada kalanya setelah beberapa bulan atau tahun scroll wheel atau roda scroll menjadi aus dan saat anda melakukan scroll malah yang terjadi adalah kekacauan. Scroll atas malah jadi bawah, scroll bawah malah jadi acak-acakan, Duh!

PERINGATAN! Bila Anda tidak memakai mouse? Tutup halaman ini, tapi jika Anda ingin meneruskan membaca ya, silahkan.

"Scroll rusak tinggal beli baru aja kok repot?"
Ya masalahnya itu mouse langka dan sudah terlanjur cinta jadi susah mau pindah ke lain mouse.

Kemungkinan yang membuat scroll mouse rusak:
  • Jatuh dan bagian dalam/penyangga mouse patah
    kalau kasusnya seperti ini ya lebih baik beli baru, kalaupun diperbaiki dengan cara dilem maka hasilnya kurang baik dan bisa merepotkan dikemudian hari.
  • Gear scroll aus
    ini terjadi seperti kasus di awal artikel, atau memang kualitas mouse payah.
  • Gear dan scroll tidak nempel
    nah, yang satu ini karena mungkin kurang beruntung mendapatkan mouse yang dirakit secara tidak sempurna dari pabriknya.
Tapi dari 3 kemungkinan yang sering terjadi adalah gear scroll aus, karena karena gear yang sudah aus menyebabkan gear tidak menempel pada roda mouse dan saat di scroll tidak terdeteksi oleh sensor scroll pada mouse.

PERINGATAN! 
Bila ada masalah dengan scroll mouse dan mouse masih bergaransi lebih baik ditukarkan, JANGAN MELAKUKAN PERBAIKAN SEPERTI DI ARTIKE INI (TIDAK DISARANKAN).
Bila Anda ingin melanjutkan RESIKO DITANGGUNG SENDIRI

Mouse yang dipakai adalah mouse murahan yang sering rusak scrollnya.

PERBAIKAN
Langkah pertama yang dilakukan tentu saja membongkar mouse dengan hati-hati.
Kedua, perhatikan mouse pada bagian gear seperti gambar dibawah!

klik untuk perbesar gambar

Ketiga, bagaimana dengan mouse Anda? Jika seperti gambar 2 maka perbaikannya adalah dengan mengganjal bagian belakang gear seperti gambar 3 dibawah ini!
gambar 1                                 gambar 2
Anda dapat menggunakan apapun untuk mengganjar gear agar tetap dekat dengan scroll wheel, dengan syarat tidak mudah goyah. Pada gambar dibawah saya menggunakan isi stapler. Sehingga sensor dan gerigi menempel yang menyebabkan terdeteksinya aktifitas scrolliing.


Keempat, uji coba mouse Anda dengan scrolling dokumen yang panjang atau gambar dengan teknik zoom in/out untuk mengetahui apakah sudah benar atau belum.

Nah selesai sudah perbaikkannya, ada efek samping dari perbaikan ini yaitu scroll jadi sedikit lebih berat tergantung dengan apa Anda mengganjal gear scroll tersebut.

Akhir kata maaf bila ada kesalahan dalam penulisan, dan bila ada pertanyaan, saran atau kritik silahkan tulis kotak komentar dibawah artikel ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours

  1. hahaha bagus lagi mouse ane gan ... thanks artikel nya !

    BalasHapus

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support