Header Ads

Tutorial: Perbaikan bad sector pada HDD (1/3)


Entah dari mana asalnya tiap kali ada pasti mengganggu. File tidak dapat diakses, kinerja terhambat, sampai tidak bisa boot sama sekali. Bad sector biasa ditemui pada hard disk yang memiliki kualitas kurang baik.

Sebelum Anda masuk ke tahap perbaikan ada baiknya bila Anda mengetahui sedikit tentang bad sector. Bad sector saya bagi menjadi dua, yaitu:
  • Fisik / hard. disebabkan karena kerusakan fisik,seperti head HDD rusak, atau terkena debu, sedangkan pada SSD rusaknya flash memory cell, atau karena pemakaian yang sudah lama. Ini tidak bisa diperbaiki. 
  • Logik / soft. diman cluster dari HDD tidak bekerja dengan baik. ketika OS membaca sektor tersebut tetapi error karena data yang dibaca tidak sama dengan yang tertulis. ini bisa jadi bad sectors, tapi bisa diperbaiki dengan low-level format. 
Persiapan sebelum melakukan perbaikan HDD.
  1. Backup data “penting” di dalamnya dengan memindahkan ke media penyimpanan lain yang masih normal. 
  2. Download software yang diperlukan. Tidak perlu semuanya (seperti HBCD) download secara terpisah itu sudah cukup dan menghemat waktu. 
  3. Lama prosesnya, tergantung pada banyaknya kapasitas HDD yang Anda miliki dan kelancaran pada sistem dan yang Anda. 
  4. bila Anda hanya mempunyai satu HDD dikomputer, maka Anda akan memerlukan windows live CD yang terdapat juga pada HBCD. Karena OS windows ini akan berjalan di RAM. jadi HDD Anda aman untuk diperbaiki, tapi ingat poin pertama. 
  5. Pastikan fitur S.M.A.R.T aktif untuk mengetahui kelayakan pemakaian pada HDD Anda, Karena software yang akan Anda gunakan juga akan menggunakan fitur ini. 
Bersambung – Langkah-langkah Perbaikan HDD:
Perbaikan HDD bagian 2
Perbaikan HDD bagian 3

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.