Subscribe Us

Tutorial: Perbaikan bad sector pada HDD (2/3)

Setelah Anda paham tentang bad sector kini saatnya maju ke tahap berikutnya yaitu perbaikan HDD. Ada banyak cara untuk memperbaiki HDD yang mengalami bad sector. Dimulai dari yang mudah terlebih dahulu, yaitu scanning. Software yang dipakai gratis jadi dapat dipakai siapapun, dan link juga sudah saya sediakan yang menuju ke situs remsinya! 

Kalau anda ketinggalan pos sebelumnya bisa dibaca artikel sebelumnya: Bagian 1

CHKDSK
Mulai dari yang mudah dahulu yaitu check disk. bawaan dari windows atau melalui software pihak ketiga yang lebih jelas log file-nya. Windows sudah memiliki fitur untuk perbaikan bad sector (CHKDSK), Anda mungkin sudah mengetahuinya. hanya saja proses atau hasilnya tidak ditampilkan, tahu-tahu error atau selesai. Ini langkah awal yang paling mudah, dan dapat dilakukan oleh siapaun.


  1. Buka “My Computer” pilih partisi yang akan di scan, bila Anda belum menghapusnya.
  2. Klik kanan partisi yang dipilih dan pilih “Properties
  3. Drive Properties akan muncul, langsung masuk ke tab “Tools
  4. Klik tombol Check now!
  5. Beri tanda cek pada semua opsi yang ada
  6. Terakhir klik tombol “start
Software partisi harddsik biasanya memiliki fitur check disk, itu bisa dimanfaatkan untuk scan bad sector pada HDD. diakhir scan biasanya memberikan hasil scanning berupa file log, atau ditampilkan saat proses scanning. Software yang saya pakai adalah Wizard partition magic.


Langkah-langkah surface test sebagai berikut:
  1. Pilih partisi atau HDD yang ingin dipindai dengan mengklik kanan untuk memunculkan menu.
  2. Pilih “Surface Test”
  3. Klik tombol “Start Now”untuk memulai proses.

Langkah-langkah Check File System
  1. Pilih partisi pada HDD dengan mengklik kanan, sehingga muncul menu.
  2. Pilih Check File System dan muncul jendela baru.
  3. Jangan lupa pilih Check & fix detected error, pada radio button.
  4. Selanjutnya klik “Start” untuk memulai.
  5. Sama seperti CheckDisk, kadang Anda diminta untuk merestart PC.

KESIMPULAN
Kekurangan menggunakan dua software 
  • Bisa error kalau HDD masih mengoperasikan windows, untuk mengatasinya cabut harddisk yang bermasalah pasang di komputer yg nomal sehinggal HDD dengan bad sector tidak diakses. 
  • Selain itu kadang software tersebut meminta komputer untuk restart tujuannya agar harddisk tidak mengakses atau diakses oleh windows yang juga menjadi penyebab kendala saat scanning berlangsung.
DOWNLOAD


HD Tune dan Low Level Format
Software andalan kedua adalah HD tune sebagai scanner, Low Level Format sebagai pemebersih bad sector. Untuk memastikan bahwa harddisk tersebut ada bad sectornya maka diperlukan scanning terlebih dahulu. Demi memastikan bahwa ada bad sector bukan file sistem atau partisisi sistem yang error.
  1. Jalankan software HD Tune dan pilih HDD yang akan di-scan
  2. Klik tab “Error Scan” untuk melakukan pemindaian pada HDD. 
  3. Hilangkan cek pada “Quick Scan” karena agar tidak ada sector yang terlewatkan 
  4. Klik tombol “Start” proses akan dimulai dan ini akan sangat lama.
Bila sudah selesai, maka bad sector akan ditunjukan pada kotak yang berwarna merah. Sekarang Anda tahu dimana letak bad sector tersebut.
(Opsional) Pindah ke tab “health” dimana akan ditunjukan kesehatan pada HDD bila ada peringatan berwarna kuning berarti Anda perlu menyediakan dana untuk persiapan membeli HDD baru. Bila yang ditunjukan warna merah berarti segeralah backup dan ganti HDD Anda.

Setelah diketahui hasilnya, saatnya backup semua file yang ada pada HDD, karena tahap selanjutnya adalah Low Level Format, yang akan menghapus semua file di dalam HDD dan tidak bisa di recovery. 


  1. Jalankan softwarenya dan pilih HDD yang akan di LLF
  2. JANGAN SAMPAI SALAH PILIH HDD
  3. Klik continue bila Anda sudah yakin
  4. Klik tab “LOW-LEVEL FORMAT”
  5. APA ANDA YAKIN? Klik tombol “FORMAT THIS DEVICE”
  6. Akan ada konfirmasi lagi, bila Anda yakin klik “yes

Perlu diketahui juga saat proses format lebih baik ditinggalkan, karena butuh waktu yang lama dan HDD tidak boleh diganggu. Hal tersebut dapat menyebabkan HDD mengalami diskonek, sehingga anda harus mengulagi prosesnya dari awal.

Kalau pun jika terjadi error saat software sedang format HDD, dan software terhenti atau hang. tidak apa jika anda mematika paksa software tersebut lewat task manager. atau saat formating terjadi kegagalan, anda bisa melakukan format ulang.

Setelah formatting selesai, anda harus mengulangi scan HDD di HDTune, untuk memastikan hasilnya. Apabila hasilnya gagal, bad sector tidak hilang 100% atau masih ada sebagian kecil, bisa anda lanjutkan dibagian 3 artikel ini.

DOWNLOAD

Artikel ini akan panjang jika saya teruskan, jadi bersambung ke bagian 3. Artikel selanjutkan lebih ke advanced user yang membahas memperbaiki hdd dengan software HDD regenerator dan SpinRite 6.

Lanjutkan membaca: Bagian 3

Posting Komentar

0 Komentar