Siapa yang tidak tahu OS linux, itu loh yang logonya bebek hitam putih, eh pinguin (wikipedia). OS linux sudah dikenal lama, namun yang sering beredar dimasyarakat adalah Windows kepunyaan si Microsoft. Karena fungsinya bukan hanya digunakan untuk PC klien biasa atau lebih banyak digunakan oleh pengguna tingkat lanjut. Seperti halnya untuk pembuatan server atau jaringan, analisa jaringan, dan masih banyak lagi. Bila Anda menemui pengguna Linux yang sedang berkerja kebanyakan menggunakan CLI (command Line Interface), karena kekuatan Linux ada di CLI segala macam masalah bisa diselesaikan dengan command line-nya, mulai dari masalah install, analisa, mendapatkan info, dll.

Lalu bagaimana untuk pengguna awam? Jangan khawati untuk orang awam sebenarnya penggunaannya mirip seperti OS pada umumnya, tinggal pilih dan jalankan aplikasi yang ingin digunakan. Anda bisa mengerjakan keperluan kantor (office), menggambar atau editing image, memutar musik atau film, gaming (mendukung linux), browsing internet dan bahkan kostumisasi dekstop pun bisa Anda lakukan, selain itu masih banyak lagi. Maka tidak jauh beda dengan Windows bukan?
Menurut saya OS ini lebih praktis bila ditujukan oleh orang awam atau bisa dikatakan OS tinggal pakai sangat cocok untuk PC, laptop, atau komputer warnet (bebas virus). Perlu software tapi belum terinstal? Dapatkan dengan software manajer, mirip Google PlayStore.
Dari berbagai macam distro Linux yang ada, mana yang cocok untuk saya? Anda harus mencoba satu persatu agar bisa menemukan distro mana yang cocok untuk Anda, karena beda orang beda kebutuhan dan beda selera!

banyak pilihan, hmm... pilih yang mana ya?
Klik link dibawah untuk melihat daftar distro linux
https://distrowatch.com/
Admin pernah mencoba Linux Mandravia, Redhat, Ubuntu, Debian, Mint, OpenSUSE dan Puppy. Tapi tetap jatuh hati kepada Linux Mint sejak rilis versi ke 10 dan tetap menggunakannya sampai saat ini. Alasannya? Memang cocok dengan interface, kostumisasi, software dukungan, kinerja hardware yang optimal dan karena OS ini turunan (anak) dari Linux Ubuntu. Serta yang terpenting dan tidak pernah terlupakan adalah dukungan dari komunitas!
salah satu contoh desktop linuxmint dari Eric
Dengan spesifikasi yang rendah sudah mendapatkan desktop yang menawan merupakan kelebihan dari OS ini. Tapi tentunya hardware harus memadai. Hardware jadul dengan driver bawaan dapat dijalankan dengan optimal! Memang aneh, dulu PC saya dengan RAM 1GB OS Windos 7 sangat berat tapi berbanding terbalik dengan Linux mint.


Membersihkan virus windows. Saya biasa melakukan “pembersihan” menggunakan menggunakan OS linux untuk virus windows karena memang mereka tidak akan berjalan. Tapi OS Linux juga bukan berarti kebal virus, dan juga jangan khawatir karena Anda akan mendapatkan info update jika ada masalah penting mengenai keamanan. Jadi pastikan selalu up-to-date! apakah Linux kebal virus? klik link dibawah!
https://www.linux.com/learn/myth-busting-linux-immune-viruses

salah satu bukti bahwa linux juga bisa gaming
Yang disayangkan dari os Linux adalah dukungan game kurang bagus. Ada beberapa game yang memang bisa dijalankan di OS ini, dan beberapa harus menggunakan emulator seperti wine salah satunya, tapi tidak bisa dijamin 100% dapat jalan dengan baik. Hal yang sama terjadi pada software creator atau editing seperti software dari Adobe, yang merupakan software yang sering saya gunakan tidak bisa berjalan dengan baik bahkan dengan versi sebelumnya.

Nah, seperti itu pengalaman saya menggunakan linux mint selama ini, menang nyaman menggunakan OS yang satu ini. Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support