Subscribe Us

Linux Gaming

Steam mendukung linux sudah lama, semenjak rilisnya SteamOS gaming di linux menjadi lebih mudah. Jaman sekarang yang serba online, gaming di manapun juga dapat dilakukan, terlebih lagi hadirnya API Vulkan menjadikan gaming tanpa batas platform.

Saya tidak akan memberikan banyak info gaming di linux, hanya sekedar berbagi pengalaman gaming di Linux mint 18. Sejauh ini dibilang kurang sempurna, karena beberapa game masih didominasi oleh DirectX milik Windows yang harus dijalankan menggunakan semacam emulator untuk menjalakannya. Tapi jangan khawatir ada juga yang mendukung dengan OpenGL, malah kebanyakan game, terutama game indie, atau game kecil-kecilan, malah mendukung OpenGL yang dipakai oleh Linux.

Untuk mendapatkan Steam client bisa mengunduhnya lewat Software Manager. Yang Anda download hanya setup online, karena steam sendiri tidak menyediakan setup online karena client sering update.


Sekerdar mencoba dua game yang masih terinstall di PC saya, CSGO dan Dota2. Dari keduanya yang saya rasakan adalah peningkatan performa, dan FPS. Berikut perbandingannya:

Win 7
CSGO medium, rata-rata 50 FPS V-sync off, res 1360x786
Mint 18
CSGO setting high(auto), rata-rata FPS 50,  V-sync tidak berpengaruh, res 1360x786

Win 7
Dota2 medium, rata-rata 45FPS V-sync off, res 1280x720
Mint 18
Dota2 setting high, FPS 30 terkunci,  V-sync tidak berpengaruh, res 1360x786

Kesimpulan
Windows 7
+ Kedua game tidak ada masalah di client
+ Game yang support OpenGL dapat dimainkan di Windows
- Sedikit berat untuk spek komputer jadul, baik game ataupun client
- Browser steam client atau overlay sedikit lamban
- Update steam lamban
*dua poin minus terakhir mungkin subjektif

Linux Mint 18
+ Steam client lebih responsif dan optimal, berbanding terbalik dengan Windows 7
+ Kedua game kinerjanya meningkat dan terasa ringan.
- Harus mengunduh file tambahan (restore game windows) karena Linux tidak bisa menggunakan DirectX.
- CSGO ada bug pada setting video yg mengakibatkan glitch
- Dota2 hang saat keluar dari game

Dengan adanya SteamOS dan Vulkan diharapkan gaming dilinux menjadi semakin mudah, dan tidak harus dengan OS windows yang kadang-kadang menyebalkan, jadi dari semua platform dan OS dapat memainkan game yang sama.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar