Review: Mencicipi Linux Mint 18

Smooth and elegant, dua kata yang bisa menggambarkan OS satu ini. Abu-abu adalah warna default dengan cinnamon sebagai desktop environment ia menambahkan warna hitam membuatnya lebih cantik. Bila tampilan default dirasa kurang, maka bisa  tambahkan berbagai pernak-pernik yang bisa membuatnya lebih cantik, sebagai contoh tampilan desktop saya; lebih suka yang minimalis.

tampilan desktop AirFie

Personalisasi desktop
Anda bisa melakukannya melalui system setting. Selain itu Anda bisa mengkonfigurasi dari tampilan, panel (taskbar), hardware, workspace, dan masih banyak lagi.

Linux mint memiliki banyak konfigurasi
applet merupakan aplikasi kecil di taskbar yang memiliki beragam fungsi
Belum puas dengan tampilan yang Anda miliki? Anda bisa mendownloadnya lewat theme dengan mengklik link "add or remove themes" di bawahnya.

personalisasi tampilan desktop yang terpisah

Aplikasi Linux Mint 18
Setelah itu aplikasi apa saja yang disediakan oleh Linux Mint 18? Anda bisa menemukannya lewat menu, dengan menekan tombol Super (windows) atau klik menu pada taskbar. Anda bisa menemui aplikasi-aplikasi standar sebuah OS yaitu sebagai berikut:

Monitor sistem linux sudah dirasa cukup dengan aplikasi bawaanya, seperti System log, Disk Manager, System Monitor, dsb. Yang terpenting Terminal!
analisa sistem lebih mudah karena telah disediakan aplikasinya
Internet mudah diakses menggunakan Firefox untuk browsing bila Anda tidak suka bisa menggantinya dengan yang lain, ada juga Pidgin messenger untuk chatting, thunderbird untuk mengunduh email setiap saat, dan transmission untuk file lewat torrent.

Aplikasi untuk internet cukup lengkap.
Libre Office 5 dengan tampilan klasik seperti Ms Office 2003. Jika Anda tidak suka bisa beralih ke WPS Office yang tampilannya modern mirip Ms Office 2007. Terdapat juga aplikasi Text Editor yang sekaligus bisa digunakan untuk programing, karena dapat mengenali banyak bahasa pemprograman.

Libre Office 5, simple-cepat-handal
Media Player secara default memutar musik menggunakan Banshe dan Xplayer sebagai pemutar video tetapi saya lebih suka menggunakan VLC untuk memutar kedua player, Terdapat Brasero untuk keperluan CD/DVD seperti copy, burn, dll.

VLC satu aplikasi untuk musik dan video
Image Editor atau untuk menggambar menggunakan Gimp aplikasi ini seperti gabungan dari Photoshop dan Illustrator. Dan pix untuk menampilkan dan managemen semua gambar yang Anda punya, 

satu aplikasi, dua fungsi
Game sementara tidak tersedia tapi bukan berarti tidak bisa memainkannya namun Anda harus menginstalnya secara manual menggunakan software manager. atau baca : Gaming dengan Linux

Software Manager berfungsi untuk mencari dan mengunduh software yang Anda butuhkan dengan lebih cepat, dari pada browsing lewat browser.

beragam aplikasi untuk beragam kebutuhan
Jika aplikasi yang dicari lewat software manager tidak ada? cari di google dan pastikan unduh file .deb agar mudah menginstalnya seperti .exe.
Sebagai alternatifnya jika software yang Anda inginkan hanya tersedia untuk windows, Anda bisa menggunakan Wine untuk menjalankan aplikasi tersebut. Sebagai contoh saya menjalankan AIMP sebagai audio player.

musik player kesayangan di Windows dapat dijalankan di Linux
Daftar aplikasi apa saja yang bisa dijalankan dengan Wine? Klik link dibawah yang menuju web resminya.

Workspace sangat berguna untuk multitasking. Membuka banyak aplikasi dengan satu layar kecil 12" tidak jadi masalah! Workspace dapat dikurangin dan ditambah sesuai kebutuhan dan dapat berpindah antar workspace dengan cepat menggunakan shortcut keyboard.

satu monitor dengan 4 workspace
Update manager. Jangan lewatkan update untuk mencicipi fitur baru yang sudah tersedia, melalui Update Manager Anda bisa memantau update apa yang tersedia. Anda yang menentukan apakah mau diperbarui atau tidak? Berapa ukuran? Dan pembaruan apa yang akan Anda dapatkan? Dapat anda baca diketeranganya pada Description atau Changelog.

selalu update aplikasi dan patch security

Kompabilitas Hardware
Tidak perlu dipusingkan dengan mencari dan memasang driver, perangkat yang Anda pasang langsung bisa dipakai. Karena OS linux ini, kebanyakan driver yang dipakai adalah driver generic atau bawaan dari OS. Jadi hanya plug-and-play, saya ambil contoh usb modem gsm tidak perlu install software bawaan dan setting APN, tinggal colok bisa langsung internetan.

Dukungan Komunitas
Anda memiliki masalah seputar OS ini, banyak sekali orang yang bisa membantu Anda, bahkan bisa dikatakan 24jam Anda mendapat fasilitas suppot, karena bukan hanya dari pihak Mint saja tapi dari komunitas di seluruh dunia dapat membatu Anda.
Dengan sesama pengguna linux Anda bisa dapatkan solusi dari setiap masalah
Perlu buku panduan pengguna? bisa Anda download dengan klik link dibawah ini! Tersedia dalam berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia.


apa bedanya dengan windows? sebetulnya jika membeli windows Anda juga berhak langsung mendapatkan bantuan langsung dari Microsoft jika ada masalah dengan OSnya, tapi kebanyakan malah ke forum atau grup yang biasanya sesat.


Install di Desktop atau Laptop?
Desktop
OS ini cocok sekali untuk PC client bagi pemula yang ingin pakai saja layaknya sebuah handphone dan dengan tidak direpotkan dengan aplikasi dan virus, seperti layaknya operasi windows.
Namun saya PC desktop sungguh terasa kurang bila tidak bisa menjalakan aplikasi berat semacam game, 3D desain grafis, dan terutama audio-video editing. Karena memang beberapa software yang menjadi favorit Anda tidak mendukung OS ini, dan harus menggunakan aplikasi tambahan untuk menjalankannya, tapi tetap saja masih ada beberapa kendala.

Laptop
Mobilitas dan kompabilitas perangkat adalah yang utama, dan OS ini sangat cocok bahkan pada laptop dengan spesifikasi rendah terutama office OS dapat menjalankannya dengan baik dengan driver bawaannya, dan terasa ringan pada sistem yang dijalankan semuanya responsif. Baterai yang awet dan bebas virus autorun windows yang biasa menyerang lewat usb flashdrive bukan lagi menjadi masalah. Namun masih ada kendala yaitu folder sharing kadang ditolak oleh permission, firewall, atau software tambahan tidak diinstal, ini yang menyebabkan komputer tidak terdeteksi dikomputer beda OS di jaringan wireless.

Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support