Sudah lama saya ingin mengganti keyboard lama yang sudah tidak layak pakai lagi. Pertama kali mendengan keyboard mekanik rasanya unik dan ingin sekali mencoba seperti apa rasanya. Lama kemudian tibalah kesempatan tersebut dan sekaligus membuat review.

"Jatuh hati pada sentuhan pertama!" sebuah kalimat yang muncul saat pertama kali mengetik menggunakan keyboard ini. Ducky One non-backlight sebuah keyboard mekanik yang simple dari tampilan seperti keyboard biasa, namun tidak saat menggunakannya untuk mengetik, ini terasa istimewa.

Lihat apa yang ada di dalamnya.

  • keyboard mekanik dan kabelnya
  • key puller
  • buku manual dan garansi
  • keyboard protector

Tampilan yang menawan

MX Cherry blue, it's clicky!
Menggunakan switch MX cherry blue buatan german, ketahannya tidak perlu diragukan. Sekilas tampilan seperti keyboard biasa dengan built quality yang bagus dan berat 1.3kg membuatnya tidak mudah geser di meja saat mengetik. Dibalut dengan warna hitam dan lampu led biru membuatnya elegan. dari segi tampilan memang tidak banyak yang menonjol.

3 pengaturan ketinggian
Ducky memeberikan 3 pengaturan tinggian untuk kenyamanan mengetik.

  1. normal tanpa kaki, ini juga sudah nyaman
  2. kaki kecil memberikan ketinggian tambahan sekitar 1 cm, yang satu ini menjadi sebuah kekurangan jika kibor didorong maka kaki akan kembali ketempat asalnya.
  3. yang terkahir memberikan ketinggian tambahan sekitar 1 inch. yang satu ini agak keras untuk ditarik keluar.


kenapa tidak beli yang led? itu... buat saya tidak perlu mengingat umur sudah banyak... tidak perlulah yang kelap-kelip macem lampu tujuh belasan. kan iya, ngetik yang dilihat monitornya bukan keyboard, haha.

Ada apa dibalik keyboard ini.


Dibalik keyboard terdapat switch, 1-3 untuk mengatur posisi tombol fn. dan switch no 4 untuk setting NKRO atau 6KRO. Buku manualnya bisa di lihat di sini.

tiga jalur kabel manjemen, kiri, atas, dan kanan
Lebih dekat lagi dibagian atas ada kabel manajemen berguna untuk menentukan alur keyboard kemana posisi komputer diletakan.

gold plate usb
Kabel detachable membuatnya mudah untuk dibawa. Lihat konektor kabelnya mirip dengan kabel data smartphone menggunakan micro usb, dan kedua port  dilapisi emas.

Penggunjian

tes mengetik dengan menekan kedua tombol shift saat mengetik kata berikut dan hasilnya:
THE QUICK BROWN FOX JUMPS OVER LAZY DOG
sempurna!

"Sebelumnya saya sudah pernah mencoba MX cherry brown dari corsai strafe punya saudara saya namun sayang feel saat mengetik terasa kurang, atau kurang cocok untuk saya pribadi. Dan rasanya akan susah untuk kembali ke keyboard membran"

Gaming
Pertama diuji untuk memainkan game favorit saya, Counter-Strike: Global Offensive. keybaord ini memberikan respon yang cukup cepat untuk memainkan game FPS. Tidak ada masalah yang terjadi selama pengujian.

Macro
saya mencoba setting makro sederhana seperti menambahkan tombol multimedia, karena tidak disediakan secara langsung. Bagi saya pribadi tidak ada kesulitan walau sempat bingung cara kerjanya. tapi untuk orang awam, tanpa software tambahan ini akan sedikit merepotkan.
cara menggunakan makro sebagai berikut
  1. tekan "Ctrl" + "fn" selama 3 detik; menyebabkan semua lampu led akan berkedip lambat
  2. tekan tombol yang akan di setting misal tombol "End" atau kombinasi "fn" + "End"
  3. selanjutnya tekan perintah yang akan diberikan pada tombol tersebut. misal tombol play/pause di buku manualnya tekan kombinasi "fn" + "win" + "d" maka semua lampu led akan kedip dengan cepat.
  4. selesai tekan tombol "Ctrl" + "fn"
tidak semua tombol di keyboard dapat disetting makro, jelasnya bisa dilihat di uku manual.

Kesimpulan

  • Keyboard full size dengan tampilan biasa
  • memiliki built quality yang bagus
  • memiliki makro built-in tanpa software
  • konektor usb gold-plate
  • kenyamanan mengetik

Ingin membeli keyboard mekanik?

Sesuaikan pemakaian dengan budget. kenapa?
Karena percuma bila Anda membeli keyboard mahal dengan tombol extra tapi pemakaian tidak maksimal, ya hanya sedikit fitur yang digunakan. terasa sangat mubazir.

Bingung pilih switch?
Switch mana yang cocok untuk saya? cara orang menggunakan (mengetik) keyboard berbeda-beda tidak ada jawaban yang jelas dari mereka. Jawaban yang tepat adalah audisi langsung di tempat yang menjual keyboard. atau pinjam punya teman atau saudara.

Switch produsen xxx jelek kualitasnya.
Semua ada masa pakainya atau memang anda yang kurang beruntung, sebelum membeli keyboard pastikan anda membaca review dari para pengguna switch tersebut.

Berakhirlah review keyboard ini dan bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support