Header Ads

Tutorial: Install Windows 7

Waktu lalu saya post tutorial install Windows XP, nah.. kalo kali ini saya akan memberikan tutorial install Windows 7. Cukup berbeda dengan install Windows XP karena Anda tidak akan menemui installasi DOS, Windows 7 menggunakan instalasi GUI sepenuhnya. Tidaklah terlalu sulit tapi malah lebih gampang dari pada menginstal Windows XP. Berikut tutorialnya:


Sebelum menginstal yang perlu Anda persiapkan adalah:
  • Master Windows 7 (iso untuk USB flashdisk atau DVD)
  • DVD Drive
  • CD Driver
  • Minuman dan snack tentunya!
Pertama, seperti biasa setting dulu BIOS untuk first booting atau squence booting menggunakan media yang Anda pakai. Misal Anda menggunakan kepingan disk maka ubah jadi CD/DVD-ROM, tapi jika Anda menggunakan media USB maka ubahlah menjadi USB: DEVICE, device disini menunjuka media yang Anda pakai. Nah.. setelah selesai masukan setup windows 7 dan simpan BIOS dan restart komputer Anda.\

Kedua, setelah komputer Anda restart tunggu beberapa saat, setup windows 7 dimuat. Setelah selesai maka akan muncul dialog instalasi Windows 7 seperti gambar dibawah. Disini Anda disuruh untuk memilih Bahasa, Waktu dan mata uang, yang terakhir jenis keyboard yang Anda pakai, sesuaikanlah dengan tempat tinggal Anda. Jika sudah selesai klik Next.

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan dialog untuk memilih Install atau repair. Pilih "Install Now" karena Anda akan menginstall sistem OS baru ke komputer Anda. Pilih repair untuk memperbaiki OS Windows 7 Anda.

Lalu anda Akan dihadapkan lagi dengan pilihan jenis windows 7, apakah jenis windows yang ingin Anda instal, apakah windows 7 Home, Premium atau Ultimate disini juga tersedia sistem 32bit dan 64bit. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik Next. Ini hanya tersedia jika Anda menggunakan Instalasi Windows 7 All in One, jika Anda menggunakan Windows dengan 1 instalasi saja maka akan memenuju langkah selanjutnya.

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan dengan lisensi windows 7, jika Anda setuju beri centang pada box dibawah dan klik Next untuk melanjutkan.

Kemudian, Anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan, Upgrade dan Custom (Advanced). Upgrade jika Anda akan memperbarui OS dan hanya tersedia jika HDD Anda sudah terinstal OS lain, sedangkan Custom Anda ingin menyesuaikan sendiri instalasi windows 7. lebih baik pilih Custom dengan mengkliknya jadi Anda bisa lebih leluasa mensetting instalasi windows 7.

Nah.. disini Anda akan memiliih partisi mana yang akan Anda install dengan windows 7. Jika Anda baru menginstal windows 7, maka Anda harus membuat partisi dengan cara klik New dan masukan berapa MB yang Anda ingin pakai untuk sistem windows 7 (ingat 1 GB = 1024). Kemudian klik Format untuk memformat (akan diformat dengan sistem NTFS). Jika sudah pilih partisinya dan klik Next.

Di sini Anda bisa meninggalakan installasi karena akan sedikit lama, atau jika Anda lebih suka menunggu sediakan minuman dan snack untuk menemani Anda. Layar Anda akan berkedip-kedip itu tidak apa-apa dan juga nantinya akan restart sediri jangan khawatir instalasi masih berjalan normal. Windows akan memberi tahu jika terdapat kesalahan dengan menampilkan pesan error. Windows akan restart satu kali lagi dan yang terakhir sudah selesai.

Ketiga, setelah instalasi selesai Anda akan disuruh untuk mensetting komputer dan akun windows 7. Disini Anda disuruh memasukan nama user dan nama komputer. Jika sudah klik Next.

Lalu, Anda disuruh untuk memasukan key atau serial number windows 7 untuk aktivasi, dan beri centang Automatic activation untuk online dan klik Next untuk melanjutkan.
Dalam kasus ini jika Anda menggunakan versi pak tani, hilangkan tanda cetang Automatic Activation dan langsung klik Next tanpa mengisi key dan Anda bisa mengaktivasinya nanti.

Kemudian, Di sini Anda akan memilih bagaimana Anda akan melindungi PC Anda. Pilih Use Recommend untuk otomatis windows akan memberikan setting yang terbaik untuk melindungi PC Anda. Pilih Install important maka Automatic Update akan mendownload update yang terpenting saja. Pilih Ask me later jika Anda ingin mensetting sendiri setelah masuk desktop.

Kali ini Anda akan disuruh untuk mensetting Waktu dan Wilayah. Sesuaikan dengan tempat tinggal Anda sekarang. Jika sudah klik Next.

Dan yang terakhir, pilih mana jenis jaringan yang Anda gunakan, apakah di rumah, jaringan di kantor atau jaringan umum seperti hotspot.

Seteleah selesai Windows akan menyimpan settingan Anda dan akan masuk desktop segera. Anda bisa menggunakannya dan memulai instalasi driver untuk PC Anda agar lebih optimal kinerjanya.

Troubleshooting.
OS apa yang dipakai untuk tutorial
- Windows 7 SP1 32bit

Instalasi terhenti ditengah jalan
- periksa media yang Anda pakai apakah dalam keadaan baik, jika tidak maka gantilah

Apaka file yang ada dalam HDD seperti partisi D: akan hilang?
-Tidak, jika Anda memakai partisi lain selain D:

Tidak ada pilihan partisi seperti langkah diatas
- Periksa kembali HDD anda

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.