Tutorial: Setting Windows 7

Seperti biasa setelah menginstal windows 7 kita harus mensettingnya dulu agar lebih nyaman untuk dioperasikan. Tidaklah sulit karena saya membuat tutorial ini disertai gambar, dan bisa Anda praktekan sendiri. Masalahnya tidak seperti Windows XP karena dari segi tampilan sudah berbeda, juga tata letak setiap opsi yang ada.

Perlu diperhatikan bila Anda tidak yakin pada langkah tertentu, biarkan saja dalam keadaan default atau dengan tidak merubahnya. Beberapa efek animasi dan fitur Windows 7 juga akan berkurang. Terakhir ini bukan setting personalisasi tapi setting untuk memaksimalkan kinerja Windows 7 untuk komputer dalam sistem minimum requirement.

Langsung berikut langkah-langkahnya:
Pertama, pastikan Anda sudah menginstall driver pada PC Anda agar semua opsi bisa terbuka.
Kedua, siapkan snack atau minuman untuk menemani Anda. (jika tak ada teman :P )
Ketiga, Mulailah dari Control Panel dan ganti tampilan menjadi small icons, opsi tersebut berada di pojok kiri atas.

Buka Action Center, klik "Change Action Center Setting " pada menu disebelah kiri maka muncul windows lagi seperti pada gambar sebelah kanan. Beri centang yang diperlukan saja, JIka sudah klik OK. Disini tujuannya agar windows memberi tahu Anda jika ada masalah pada windows Anda.
melenyapkan pop-up action control yang mengganggu

Masih di Action Center kali ini klik Opsi yang dibawahnya yaitu "Change User Action Control Settings" maka terbuka windows lagi seperti gambar disebelah kanan. ada 3 level, maka sesuaikan dengan kemampuan Anda, karena disinilah windows melindungi dirinya sendiri dari program yang tidak diketahui. Jika sudah selesai klik OK untuk menyimpan settingan Anda.

Kalau ingin tahu seperti apa dialog konfirmasinya lihat gambar di bawah yang diberi kotak warna hijau.

level pertama paling atas, windows akan selalu minta konfirmasi jika Anda menambahkan software, mengeksekusi dan merubah windows.
level kedua tengah, ada 2 sama saja yang membedakan layar akan redup (atas) atau tidak (bawah), windows akan meminta jika Anda menambahkan software dan merubah windows.
level 3 paling bawah, windows tidak akan menanyakan konfirmasi lagi (keamanan windows ada di tangan Anda).

Inilah penyebab windows jadi sering meminta konfirmasi

Autoplay memudahkan Anda untuk menjalankan program seperti musik, video, atau software dari CD, tapi fitur ini dimanfaatkan oleh virus berbasis autorun yang menjadi sarana untuk berkembang biak. Jadi lebih dimatikan saja, masuk Autoplay dulu lalu hilangkan cetang pada "Use autoplay for all media and device" dan klik Save.
Mencegah virus autorun dari UBS drive

Selesai dengan Autoplay, beralihlah ke Firewall, Firewall akan selalu meminta Anda jika ada software yang ingin mengakses internet. Jika ini mengganggu lebih baik dimatikan, tapi jika Anda tidak yakin biarkan saja dan lanjut ke langkah Power Option. untuk mematikan tinggal ikuti nomor pada gambar dibawah jangan lupa klik OK setelah selesai.
abaikan firewall agar software bisa akses internet

Kembali ke Control Pane masuk ke Windows Update. Jika PC Anda tidak terkoneksi dengan internet lebih baik dimatikan atau Anda ingin mengupdate secara offline. Tinggal ikuti nomor pada gambar untuk menon-aktifkan Windows Update.
No update no problem

Power Option berdampak pada kinerja PC Anda. Kembali ke Control Panel dan masuk ke Power Option, dan sesuikan dengan kebutuhan Anda, Jika seudah klik OK.
Power Saver, jika Anda memakai laptop opsi ini cocok untuk Anda karena akan membuat batre tahan lama, dan mematikan device dan fitur jika tidak digunakan.
Balance, windows akan memberikan keseimbangan antara hemat energi dan performa.
High Performance, cocok untuk PC Desktop, windows dan hardware akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk Anda.
Power Saver atau High Performance?

Control Panel Jangan ditutup dulu, tekan WIN + R, mucul program run, ketikan gpedit.msc
dan ikuti nomor pada gambar, setelah selesai klik Save, dan tutup windows local group policy.
Tujuanya disini jika PC Anda terhubung dengan Internet, Anda akan mendapatkan bandwith full, karena jika tidak disetting windows akan membatasi 20% bandwith untuk windows update sayang sekali bukan?
Full bandwidth no limit

Kembali ke Control Panel, sekarang masuk System. Ikuti nomor pada gambar jika sudah klik OK.
Pada Visual Effect jika PC Anda berada di minimum requirement maka saya sarankan beri saja 5 centang seperti pada gambar dan untuk virtual memori beri nilai 2 kali lipat dari RAM yang Anda pakai. Misal jika Anda memiliki RAM 1 GB maka untuk virtual memory 2 GB (2048 MB).
terlalu kecil? Klik gambar untuk memperbesar

Masih pada System, kali ini disable automatic restart. Ini akan berguna nantinya jika terjadi kesalahan saat booting atau saat masuk windows, yang biasanya berupa blue screen. Jadi Anda bisa  mengetahui kenapa PC Anda error atau menampilkan blue screen. Untuk men-disable tinggal ikuti nomor pada gambar dibwah
Disable automatic restart

Disable remote assistance, agar PC pribadi Anda tidak dikendalikan oleh orang lain. tapi ada pengecualian disini, lebih baik dibiarkan aktif jika berada pada jaringan LAN, seperti sekolah, warnet atau kantor karena akan memudahkan untuk mengawasi user atau mematikan komputer yang berjumlah banyak.
Disable remote assistance hanya untuk komputer pribadi

Terakhir, mematikan Restore System. Ini yang menyebabkan kapasitas harddisk Anda kurang dengan sedirinya karena windows akan otomatis membuat restore point tiap beberapa minggu dan menyimpannya di harddisk anda dengan ukuran ratusan Megabytes. Ikuti nomor pada gambar untuk mematikan restore point dan klik OK.
lebih baik dibuat restore point setelah selesai menginstal windows dan simpan restore pint tersebut, untuk cadangan ketika windows mulai bermasalah
matikan restore point harddisk pun lega

Sekian tutorial setting windows 7, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya dengan berkomentar dibawah post ini.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support