Subscribe Us

Tutorial: Setting Windows 7

Seperti biasa, setelah menginstal windows 7 kita harus setting dulu agar lebih nyaman untuk dioperasikan. Tidaklah sulit karena saya membuat tutorial ini disertai gambar, dan bisa anda praktekan sendiri. Masalahnya tidak seperti Windows XP karena dari segi tampilan sudah berbeda, juga tata letak setiap opsi yang ada.

Perlu diperhatikan, bila anda tidak yakin pada langkah tertentu, biarkan saja dalam keadaan default atau dengan tidak merubahnya. Beberapa efek animasi dan fitur Windows 7 juga akan berkurang. Terakhir ini bukan setting personalisasi tapi setting untuk memaksimalkan kinerja Windows 7 untuk komputer dalam sistem minimum requirement.

USER ACTION CONTROL
Secara default tujuannya adalah memberitahukan anda bahwa aplikasi yang anda pilih akan dijalankan. Selebihnya ini mengganggu aktivitas tiap kali menjalankan aplikasi, karena seperti pada windows XP fitur ini tidak ada.

Klik menu windows, ketikan user action control, klik icon bendera biru. atau bisa lewat control panel. Pada Action Center, klik "Change User Account Control Setting " pada menu di menu kiri maka muncul windows lagi seperti pada gambar sebelah kanan. Beri centang yang diperlukan saja, JIka sudah klik OK. Tujuannya agar windows memberi tahu Anda jika ada masalah pada windows Anda.

Tidak lupa juga matikan fitur pengingat yang tidak penting karena sudah dimatikan manual dalam langkah-langkah ini seperti firewall, windows update, useraccount control, windows backup. jika tidak dimatikan tidak apa-apa, tapi pesannya muncul terus, dan lama-lama mengganggu.

AUTOPLAY TIDAK BERGUNA
Autoplay memudahkan Anda untuk menjalankan program seperti musik, video, atau software dari CD, tapi fitur ini dimanfaatkan oleh virus berbasis autorun yang menjadi sarana untuk berkembang biak. Jadi lebih dimatikan saja, masuk Autoplay dulu lalu hilangkan cetang pada "Use autoplay for all media and device" dan klik Save.


FIREWALL DAN WINDOWS UPDATE
Firewall, bisa dinonaktifkan jika mengganggu aktifitas jaringan lokal, atau anda ingin menggantinya dengan bundle software antivirus kepercayaan anda.


Kembali ke Control Panel masuk ke Windows Update. Jika PC Anda tidak terkoneksi dengan internet lebih baik dimatikan atau Anda ingin mengupdate secara offline. Tinggal ikuti nomor pada gambar untuk menon-aktifkan Windows Update.


POWER PLAN
Tidak begitu penting pada komputer dekstop, langsung saja pilih high performance. Tapi untuk laptop ya Power Saver agar panjang umur. Menu ini bisa ditemukan di control panel.


MENGURANGI BEBAN RAM DAN HDD LEGA
khusus untuk komputer yang spek mepet, perlu sekali untuk mengoptimalkan beberapa hal berikut. Kembali ke Control Panel, sekarang masuk System. Ikuti nomor pada gambar jika sudah klik OK. Pada Visual Effect jika PC Anda berada di minimum requirement maka saya sarankan beri saja 5 centang seperti pada gambar dan untuk virtual memori beri nilai 2 kali lipat dari RAM yang Anda pakai. Misal jika Anda memiliki RAM 1 GB maka untuk virtual memory 2 GB (2048 MB).

meminimalisir penggunaan RAM



Mematikan fitur penjadwalan recovery pada windows 7, juga efektif untuk mengatasi HDD yang gampang penuh. bagaimana kalau nantinya windows error. fitur ini sama seperti windwos XP, tidak berguna! kalo error ya instal ulang.

MENGHINDARI RESTART SENDIRI
Masih pada System, kali ini disable automatic restart. Ini akan berguna nantinya jika terjadi kesalahan saat booting atau saat masuk windows, yang biasanya berupa blue screen. Jadi Anda bisa  mengetahui kenapa PC Anda error atau menampilkan blue screen. Untuk men-disable tinggal ikuti nomor pada gambar di bawah


Tujuannya baik, ketika windows error atau yang biasa disebut dengan bluescreen, nantinya ketika terjadi demikian pasti menunjukan kode error, dan kode error tersebut bisa digunakan untuk troubleshooting.

MEMAKSIMALKAN JARINGAN INTERNET
Tekan WIN + R, muncul program run, ketikan gpedit.msc, ikuti nomor pada gambar, setelah selesai klik Save, dan tutup windows local group policy. 

Tujuanya disini jika PC Anda terhubung dengan Internet, Anda akan mendapatkan bandwith full, karena jika tidak disetting windows akan membatasi 20% bandwith untuk windows update sayang sekali bukan?


Sekian tutorial setting windows 7, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya dengan berkomentar dibawah post ini.

Baca juga: 

Posting Komentar

0 Komentar