Subscribe Us

ODD: Lite-On eTAU108 "Model Klasik"


ODD memang belakangan ini mulai ditinggalkan karena cloud (penyimpanan online). Selain cloud yang menyebabkan media disc ditinggalkan antara lain flashdisk, HDD, dan pusat penjualan software online yang mengutamakan digital. Tetapi karena saya masih suka menyimpan dalam kepingan disc, terutama untuk file video/backup software rasanya masih layak untuk dipakai. Setelah berkeliling dari satu web ke web yang lain dan dari toko ke toko yang lain akhirnya saya memutuskan untuk membeli ODD external merk Lite-On eTAU108.

Unboxing

Bisa Anda lihat apa yang saya dapatkan pada Lite-On eTAU108, DVD external tentunya dan kabel USB, lembar panduan instalasi, dan CD software untuk burning yaitu Nero Essenstial 10 suit (agak ketinggalan versinya).


ODD external dibalut dengan warna hitam glossy, bagian atas terdapat logo Lite-On, label DVD, dan tombol stop untuk eject yang berwana putih. Pada bagian bawah terdapat kabel manajemen agar kabel USB tidak hilang atau lupa terbawa.


Dilihat pada bagian dalam ada 2 cekungan pada bagian depan kanan dan kiri itu tempat untuk mengambil kepingan CD/DVD. Jadi jangan asal congkel.





Pengoperasian
Caranya cukup mudah tinggal pasang kabel USB ke ODD external dan PC, setelah driver terpasang otomatis (PlugnPlay), buka tutupnya dengan menggeser kunci ke kanan. masukan kepingan CD/DVD dan tutup kembali maka ODD external mulai bekerja. Untuk menghentikan operasi, tekan tombol stop sedikit keras jadi perlu tekanan yang lebih, tapi tetap hati-hati. setelah LED kedip-kedip dengan cepat pertanda kepingan CD/DVD sudah bisa diambil.

Benchmark
Saat mengulas kinerja Dari ODD ini. mulai dari tes baca tulis CD dan DVD
Tes baca, tes dengan menggunakan CD bawaan produk yaitu CD Nero Essenstial 10, berukuran 615 MB dengan kecepatan max, berikut hasilnya!

Tes tulis menggunakan CD-R blank merk GT-Pro plus, dengan kecepatan maksimal 24x




Gambar dibawah ini tes pada DVD-R GT Pro (baca) dan Ritek (tulis)



Kinerja ODD ini tergolong biasa, dengan harga yang lebih murah bisa mendapatkan fitur yang hampir sama dengan merk Samsung. Di sini saya menemui sedikit masalah yaitu mengenail pengunci tutup yang tidak menutup secara sempurna. lihat gambar dibawah! Saat saya menutup dengan menekan pada bagian ujung kanan/kiri yang terjadi hanya menutup sebagian, tentu ini salah.


Sedangkan jika saya menutup dengan dengan menekan pada bagian tengah (tombol stop) maka dapat menutup dengan sempurna! Selain itu juga warna glossy yang membuat sidik jari saya dimana-mana sehingga tampak mengotori permukaan drive.
Nilai keseluruhan 6/10 GOOD
Kelebihan
  • Kabel manajemen 
  • Ringan 
  • Pengoperasian yang mudah 
  • Bantalan kaki karet, yang tidak mudah goyang 
  • CD bundle Nero Essential 10 + buku manual ODD 
Kekurangan
  • Body plastik glossy yang rentan terhadap jari yang berminyak dan goresan. 
  • Plastik tutup sedikit ringkih 
  • Pengunci tutup yang sedikit kurang baik. 
  • Tombol stop sedikit keras 
Demikianlah review ODD external, untuk spesifikasi lebih lanjut bisa Anda kunjungi web resmi. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar