ODD memang belakangan ini mulai ditinggalkan karena media penyimpanan cloud atau yang biasa disebut penyimpanan online. selain cloud yang menyebabkan media disc ditinggalkan antara lain flashdisk, HDD, dan pusat penjualan software online yang mengutamakan digital.

Tetapi karena saya masih suka menyimpan dalam kepingan disc, terutama untuk file video/backup software rasanya masih layak untuk dipakai.

Setelah berkeliling dari satu web ke web yang lain dan dari toko ke toko yang lain akhirnya saya memutuskan untuk membeli ODD external merk Lite-On eTAU108.

Unboxing

penampakan box depan dan belakang

Penampakan box samping kiri dan kanan

Bisa Anda lihat apa yang saya dapatkan pada Lite-On eTAU108, DVD external tentunya dan kabel USB, lembar panduan instalasi, dan CD software untuk burning yaitu Nero Essenstial 10 suit (agak ketinggalan versinya).

Kelengkapan
ODD external dibalut dengan warna hitam glossy, bagian atas terdapat logo Lite-On, label DVD, dan tombol stop untuk eject yang berwana putih. Pada bagian bawah terdapat kabel manajemen agar kabel USB tidak hilang atau lupa terbawa.

Penampakan atas dan bawah

Dilihat pada bagian dalam ada 2 cekungan pada bagian depan kanan dan kiri itu tempat untuk mengambil kepingan CD/DVD. Jadi jangan asal congkel.

Bagian dalam


Pengoperasian
Caranya cukup mudah tinggal pasang kabel USB ke ODD external dan PC, setelah driver terpasang otomatis (PlugnPlay), buka tutupnya dengan menggeser kunci ke kanan. masukan kepingan CD/DVD dan tutup kembali maka ODD external mulai bekerja.

untuk menghentikan operasi, tekan tombol stop sedikit keras jadi perlu tekanan yang lebih tapi tetap hati-hati. setelah LED kedip-kedip dengan cepat pertanda kepingan CD/DVD sudah bisa diambil.

Benchmark
Saat mengulas kinerja Dari ODD ini. mulai dari tes baca tulis CD dan DVD
Tes baca, tes dengan menggunakan CD bawaan produk yaitu CD Nero Essenstial 10, berukuran 615 MB dengan kecepatan max, berikut hasilnya!

Tes tulis menggunakan CD-R blank merk GT-Pro plus, dengan kecepatan maksimal 24x
Tes baca CD 
Tes tulis CD 
Gambar dibawah ini tes pada DVD-R GT Pro (baca) dan Ritek (tulis)

Tes baca DVD 
Tes tulis DVD 
Kinerja ODD ini tergolong biasa, dengan harga yang lebih murah bisa mendapatkan fitur yang hampir sama dengan merk Samsung.

Disini saya menemui sedikit masalah yaitu mengenail pengunci tutup yang tidak menutup secara sempurna. lihat gambar dibawah! Saat saya menutup dengan menekan pada bagian ujung kanan/kiri yang terjadi hanya menutup sebagian, tentu ini salah.


Sedangkan jika saya menutup dengan dengan menekan pada bagian tengah (tombol stop) maka dapat menutup dengan sempurna!


Selain itu juga warna glossy yang membuat sidik jari saya dimana-mana sehingga tampak mengotori permukaan drive.
Nilai keseluruhan 6/10 GOOD
Kelebihan
  • Kabel manajemen 
  • Ringan 
  • Pengoperasian yang mudah 
  • Bantalan kaki karet, yang tidak mudah goyang 
  • CD bundle Nero Essential 10 + buku manual ODD 
Kekurangan
  • Body plastik glossy yang rentan terhadap jari yang berminyak dan goresan. 
  • Plastik tutup sedikit ringkih 
  • Pengunci tutup yang sedikit kurang baik. 
  • Tombol stop sedikit keras 
Demikianlah review ODD external, untuk spesifikasi lebih lanjut bisa Anda kunjungi web resmi. semoga bermanfaat dan terima kasih.
Share To:

Loutfie na

I'm not a scientist, but a blogger and casual gamer. Love writing about computer and technology, and sometimes do gameplay videos on youtube. It is fun when find my writing is helpful to people.

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support