Subscribe Us

Troubleshooting: Memperbaiki Jam yang Salah pada Dual Booting

Saat selesai menginstall linux sedikit ada kendala yaitu salah satu jam pada OS pasti salah, walaupun sudah diperbaiki lewat pengaturan biasa seperti control panel masih saja salah. Ini terjadi karena Linux menggunakan waktu GMT, sedangkan windows menggunakan sinkronisasi dengan zona waktu lokal. Itulah penyebabnya, jika diatur ke UTC +07:00 tapi di Linux malah menjadi UTC 00:00 dan begitu juga sebaliknya.

Jadi, saya menerbitkan artikel ini siapa tahu ada yang orang lain yang mengalami hal yang sama. untuk memperbaikinya mudah, hanya lewat OS Windows. dan ini juga berlaku untuk dual boot selain linux seperti OS X. Berikut cara memperbaikinya.

Pertama masuk windows terlebih dahulu, dan buka Registry Editor melalui perintah Run (win + R) atau start menu.

buka registry editor melalui Run
masuk ke direktori berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation

Di jendela kanan, klik kanan, pilih New - DWORD (32bit)

Tambahkan key DWORD 32bit
Namai dengan RealTimeIsUniversal tapi ingat jangan sampai salah. Lalu, dobel klik key tadi dan isikan value 1 pada Hexadecimal, selesai klik OK


Beri value pada key RealTimeIsUniversal
tutup registry editor, reboot dan selesai,
ada cara yang instan ga? kayaknya ribet banget dah, hehe...
Ada, download registry saya dibawah ini, aman tidak perlu khawatir.


Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Posting Komentar

0 Komentar