Header Ads

Review Abingo S500i: Headset IEM Murah Suara Wah!


Sudah lama ingin punya headset baru untuk menggantikan headset bawaan Evercoss A65 yang keluaran suaranya jelek mirip headset harga 10 ribuan, dan dipakai tidak nyaman, dan jika terlalu lama menyebabkan telinga sakit. Setelah pencarian di google dan toko online akhirnya, saya memutuskan untuk membeli headset ini!

Terdengar asing merk ini karena ya memang tidak terlalu terkenal, tapi tidak dikalangan kerehore headset ini termasuk bagus untuk budget, dan tidak banyak sekali ada dipasaran, dengan harga sekitar 85 ribu, bisa mendapatkan headset ini. Headset ini terdapat mic, dan memiliki 4 warna pilihan yaitu hitam, metal, silver, dan gold.. Selain itu dalam kemasannya terlihat mewah, dengan bonus ear tip dan kantong.

Unboxing

paket penjualan
  • Headset + mic
  • Pouch
  • Ear tip ukuran S (kiri), M (terpasang), L (kanan)
  • kabel klip (diantara eartips)
  • Buku panduan dengan bahasa inggris dan mandarin.

Earphones

Earphone menggunakan housing metal dengan warna silver dan ada tanda warna untuk letak kanan-kiri dan juga label, lalu kabel dalam dibuat twist dibungkus bahan karet tapi licin membuat kabelnya tidak mudah kusut tapi lentur.
biru (kiri) dan Merah (kanan), ear tip S
Panjang kabel mencapai 1,2m yang dirasa cukup untuk smartphone ataupun pemakaian pada laptop dan juga PC (front panel). Dan mempunyai konektor Jack 3,5mm dengan 3 ring khas smartphone dilapisi emas. Laptop produksi sekarang juga mengadopsi port yang sama.
jack 3.5mm 3 ring dilapisi emas

Microphone


Mic memiliki satu tombol yang bisa dikonfigurasikan pada aplikasi pemutar musik smartphone. secara default untuk menerima dan menutup panggulan yang masuk.

Bagi saya kabel yang sedikit panjang mic telalu jauh dari mulut menyebabkan tidak jelasnya masukan suara. Untuk itu saya harus memasang earphone yang sebelah kiri mulai dari belakang telinga terlebih dahulu agar posisi mic pas sejajar dengan mulut. Sayang, tidak bisa diatur letak mic di kabelnya karena terpasang permanen. Solusi lain dengan menggunakan penjepit kabelnya.

Pouch

Berguna untuk menyimpan headset beserta ear tip nya dan juga bisa digunakan untuk menyimpan uang receh, ini sebuah nilai tambahan.

Build Quality

Kualitas headset ini keseluruhan terbilang bagus, setelah dicoba selama tiga hari ternyata tutup konektor jack dan splitter kabel lepas karena sering cabut-colok, lah kok bisa? ternyata lemnya kurang kuat, sungguh sangat disayangkan.


Pengujian Earphone

Waktunya pengujian untuk mengetahui kualitas earphone ini, seperti biasa pengujian menggunakan Musik ini yang utama karena headset ini dibuat untuk itu, lalu game, dan terakhir movie.

Tes Musik

Sudah mencoba untuk mendengarkan musik Pop, Rock, RnB, Klassik. Di smartphone dan PC.
Suara yang dihasilkan memuaskan, staging membatu membuat semua instrument musik terdengar jelas detail-nya. Dentuman bass tidak terlalu kuat dan Treeble tidak terlalu menusuk telingan. Namun sayang suara vokal agak tertinggal (laid back). Karakter headset ini lebih ke balance.
Khusus smartphone headset ini lebih enak jika sudah menemukan equalizer yang pass. sedangkan digunakan di PC malah keluaran suara malah lebih baik jika tidak menggunakan equalizer dan bila dikolaborasi dengan software SRS AE, tapi suara lebih lembut dan bass kurang nendang.

HEBAT untuk mendengarkan musik!

Tes Game

Mencoba mamainkan game Counter-Strike: Global Offensive dan GTA IV,
Untuk game tipe FPS dirasa kurang, karena bass dominan dan susahnya menentukan dimana posisi musuh berada, disisi lain untuk komunikasi malah lebih jelas suara vokalnya.
Sedangkan pada game GTA suara lingkungan, percakapan, radio, efek, sangat jelas tidak tercampur, tapi sayang dengungan suara kota membuat tidak betah, karena sangat mengganggu.
Dipadu dengan SRS Audio Essential, malah tambah buruk.

Kesimpulan tidak cocok untuk gaming!

Tes Movie

Saya coba untuk memutar film aksi seperti the amazing spiderman, the raid 2, dan save private ryan. Hasilnya?
Sungguh luar biasa, serasa punya bioskop sendiri. ditambah SRS AE, suara lingkungan teratur dengan baik.
sebagai contoh film save private ryan, setiap suara letupan senapan yang ditembakan terdengar jelas walau suara dari kejauahan, ledakan dari geranat, tank sungguh luar biasa! Disisi lain suara percakapan sangat baik terdengar antar lawan bicara walau dari kejauhan.

LUAR BIASA!

Kesimpulan

Pertama kali Bagi saya pribadi ukuran M cocok sekali ditelinga saya, dan earphone ini sangat cocok untuk kegiatan outdoor. Sedangkan ukuran S lebih nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang. Ini juga tergantung telinga pengguna. Ukuran L? malah membuat pusing kepala karena staging yang luas dan dentuman bass yang kuat.

Setiap eartip memberikan staging yang berbeda, luas ruangan yang dihasilkan mengikuti ukuran ear tip. Headset ini mampu meredam suara sekitar (noise cancelling) dengan baik untuk dalam ruangan, sendangkan untuk luar ruangan yang padat keramaian hanya terdengar suara luar masuk di radius sekitar 3 meter.

Setelah burn selama kurang lebih 24 jam, keluaran suara menjadi lebih baik, bass lebih dalam dan bulat, tidak melebar, suara vokal lebih baik tidak tertinggal dibelakang seperti tertutup instrument musik, begitu juga pada movie, tidak terganggu suara lingkungan.

Jadi headset ini cocok untuk:
  • Music HEBAT!
  • Movie LUAR BIASA!
  • Game, No

Pendapat pribadi

Di buku panduannya terdapat peringatan untuk tidak menggunakan headset ini saat berkendara, karena memang noise cancelling yang baik membuat anda lupa akan keadaan sekitar, bahkan saat dikeramaian. 

Dengan demikian berakhirlah review ini, bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas dari artikel ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terima kasih telah membaca!

Tidak ada komentar

Cantumkan nama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah untuk dibalas.
Komentar yang dikirimkan akan dimoderasi, dengan begitu semua komentar akan dibaca.
Sangat dilarang untuk promosi atau jual beli dalam bentuk apapun, kecuali di chatbox.
Sebelum bertanya, ada baiknya baca artikel berikut FAQ, dan untuk pertanyaan yang tidak berkaitan dengan artikel di atas "OOT"  poskan di Help & Support

Diberdayakan oleh Blogger.