Subscribe Us

Troubleshooting: Photoshop Tidak Bisa Save for Web (Legacy)

Saat saya baru saja selesai melakukan editing gambar untuk posting artikel custom resolusi nvidia, tiba-tiba photoshop yang saya pakai tidak bisa untuk save for web. kenapa tidak save as saja? Bedanya save for web, gambar yang disimpan akan melalui proses compressing jadi ukurannya tidak terlalu besar dan juga kualitas cukup terjaga, walaupun resolusi besar.

Pernahkah anda menemuinya?


Sebelumnya saya pakai windows 7 tidak ada masalah seperti ini. Mungkin ada setting yang salah pada photosop lalu saya coba klik dimana setting memori. Karena setelah saya cari-cari banyak di forum adobe katanya itu masalah memori.


Muncul error lagi? memu peformance tidak bisa diakses melainkan mengeluarkan pesan error.

Saya coba gali lagi di forum adobe mengenai masalah error yang kedua, yang pesannya lebih masuk akal. Akhirnya mendapatkan jawaban dari error tersebut. Ya... memang photoshop ada masalah dengan memori. Ada yang yang menyarankan untuk install ulang photoshop sampai OS, duh... akhirnya ada seorang member yang memberi tahu cara mengatasinya tanpa instal ulang dengan membuat registry.  Caranya lihat gambar dibawah.


Langkah yang diperlukan adalah:
  1. Tutup terlebih dahulu program Adobe Photoshop.
  2. Buka Registry Editor, dengan menekan Win+R, dan ketikan regedit, dan tekan enter.
  3. Buka alamat atau telusuri HKEY_CURRENT_USER\Software\Adobe\Photoshop\120.0
  4. Pada panel bagian kanan klik kanan pada ruang kosng pilih new buat key DWORD (32bit)
  5. Beri nama OverridePhysicalMemoryMB dan isikan value sebanyak memori yang anda pakai. contoh punya saya 4000 dalam satuan MB yang berarti 4GB.
  6. setelah selesai klik OK tutup Registry Editor, dan jalankan kembali software Photoshop


Setelah photoshop siap dipakai, coba akses ke Pengaturan - Performance, dan akhirnya bisa dibuka! Fitur Save for Web juga bisa diakses kembali.



Terimakasih kepada member forum adobe amitk55641637  berikut link aslinya:


Bila ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah! Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan bila Anda merasa demikian maka Anda bisa membagikannya dengan mengklik ikon sharing dibawah. Cukup sekian dan terimakasih telah membaca!

Posting Komentar

3 Komentar

  1. gak work min
    itu adobe cc berapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adobe PS CC 2019.
      kalo tidak bisa save for web "tanpa error". save dulu pakai format gambar lain seperti .PNG, lalu buka lagi gambar tadi di PS. lalu coba kembali save for web.

      Hapus

Cara Berkomentar
1. Kolom komentar akan aktif jika sudah login ke akun Google Anda
2. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
3. Tiap komentar yang terkirim akan dimoderasi (dibaca admin)
4. Jika merasa komentar ditolak, baca ini: Bantuan dan Dukungan