Subscribe Us

Tutorial: Merakit PC #3 Merakit Sendiri

Sebuah petualangan baru selalu membutuhkan satu langkah awal untuk memulainya. Jika anda mempunyai waktu luang dan tertarik dengan dunia komputer, merakit PC bisa jadi langkah awal anda untuk belajar mengenai hardware komputer. Tidak perlu menjadi seorang yang ahli untuk merakit komputer, hanya diperlukan ketelitian, kesabaran, dan petunjuk buku manual.
Dokumentasi Pekerjaan
Mendokumentasi pekerjaan adalah hal penting jika ini yang pertama kalinya. Akan sangat membantu dikemudian waktu, jika terjadi sesuatu dengan PC anda bisa melihat kembali apa-apa saja yang telah dilakukan. Siapkan sebuah buku atau catat secara online, atau rekam video, dan berikut beberapa hal yang perlu dicatat.
  • Tanggal dan waktu perakitan. 
  • Peralatan yang digunakan.
  • Spesifikasi komputer, dan aksesorisnya
  • Pekerjaan sebelum, saat, dan setelah dilakukan
Mudah melihat spesifikasi komputer secara lengkap menggunakan software memang mudah. Tapi akan lebih mudah jika anda mencatatnya sendiri. Ketika komputer error tidak bisa booting, untuk melihat spesifikasi harus bongkar casing, ini tentu merepotkan.

Contoh:
saya setting BIOS +OC, beberapa bulan kemudian saya upgrade RAM. ternyata terjadi error, setelah lihat dokumentasi, bahwa ram yang baru tidak support OC pada kecepatan yang sama dengan ram yang lama. Saya bisa tahu dengan melihat gejala pada motherboard (kode beep), spesifikasi RAM, dan dokumentasi setting bios yang ditulis. Jadi bisa tahu setting bios terakhir walau komputer tidak booting. Itulah kelebihan dokumentasi pekerjaan.

Amankan Ruang Kerja
Sebelum mulai pekerjaan pastikan ruang kerja aman dari gangguan apapun yang menyebabkan terjadinya kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja dan bahkan yang tidak dinginkan. misalnya, minuman yang tumpah, kucing yang mengendusi komponen komputer, gangguan kelistrikkan, gangguan orang. tujuannya agar konsentrasi tidak terganggu sehingga tidak menimbulkan kesalahan atau bahkan lupa "tadi mau apa ya?"

Baca, Baca, dan Baca!
Pelajari dari masing-masing buku manual sebelum melakukan perakitan, karena di sana ada petunjuk pemasangan, peringatan, dan batasan jaminan garansi. Simpan baik-baik buku manual. Jika buku manual tidak punya atau hilang bisa didapatkan dari website masing-masing hardware. Selain itu bisa melihat di youtube atau beberapa web untuk cara pemasangan ketika mengalami kesulitan.

Saatnya Merakit!
Pertama siapkan alatnya yaitu obeng + beberapa cable ties, dan beberapa baut.

Pertama siapkan casing, dan lepas kedua sisi panel. Jika terdapat thumbs screw, anda bisa membukanya tanpa bantuan obeng.




Kedua pasang PSU, ada dua penempatan PSU diatas dan dibawah, pasang baut secara diagonal. Akan membatu jika anda memiliki baut yang terbatas dan posisi PSU di atas.


Ketiga pasang baut penyangga (standouts screw) motherboard terlebih dahulu. bertujuan agar bagian yang tersolder pada belakang motherboard tidak bersentuhan langsung dengan casing yang bisa menyebabkan konsleting.


Dilanjutkan dengan memasang motherboard. Sebelumnya pastikan HSF yang anda pakai apakah memerlukan bracket? jika tidak bisa anda lepas. Bracket tergantung dengan HSF yang dipakai, dan dukungan motherboard. dan Casing. Jika anda memasang HSF yang besar pastikan tidak menggangu/menabrak hardware lain seperti RAM. dan socket kabel karena jaraknya yang dekat.



Langkah ke empat. Kipas tambahan apakah perlu? Dalam tutorial ini perlu karena alur udara masuk dari bagian atas. dan dikeluarkan pada bagian belakang casing. Pemasang kipas perlu diperhatikan ke arah mana kipas keluar angin, dan bagaimana cara angin keluar apakah menyebar atau fokus.
Menggunakan dua baut saja cukup dengan memasangnya secara diagonal.


Dilangkah ke lima dilanjutkan dengan memasang hardware pc lainnya. seperti CPU, buka socket terlebih dahulu. panduan singkatnya lihat tanda segitiga pada CPU dan socketnya. Letakan keduanya pada posisi yang sama. Baik AMD atau intel sama.


Seteleah CPU masuk tutup socket, dan beri thermal paste sedikit saja, seukuran biji beras. Tidak perlu di ratakan, nanti saat HSF terpasang akan menyebar dengan sendirinya. biasanya pada HSF sudah tersedia jadi tidak perlu beli sendiri.


Pemasangan HSF juga diperhatikan agar kabel fan tidak mengganggu atau malah tidak sampai ke socket fan yang ada di motherboard. Sekali lagi saat memasang HSF pasang baik secara diagonal agar pasta yang diberikan tadi tidak menyebar di satu sisi.


Keenam memasang RAM. buka pengunci ram dikedua sisinya. nanti saat ram terpasang pada slotnya maka otomatis terkunci dengan sendirinya, ditandai dengan bunyi klik.


Dalam tutorial ada empat slot, dua warna hitam dan merah. jika punya satu pasang ke paling dekat dengan CPU, jika punya dua pasang disalah satu slot dengan warna yang sama. jika punya empat dan beda kecepatan pasang di salah satu warna yang sama dengan kecepatan RAM.
contoh: DDR4 2400Mhz 2x4GB merah dan DDR4 2666Mhz 2x8GB hitam.


Langkah ini optional, jika ada memiliki SSD model m.2 membutuhkan baut standouts dan plus. pemasangnya didahulukan sebelum memasang kartu grafis. karena letaknya di bawah kartu grafis. begitu juga model slot PCI-e.


Langkah ke tujuh memasang kartu grafis. pertama lepas dulu penutup slot PCI pada casing, yang sebelumnya melihat pada kartu grafis yang anda miliki. perlu satu atau dua slot? Pada tutorial ini memerlukan dua slot. Setelah dilepaskan lihat pada slot PCI-e memiliki pengunci model seperti RAM atau model yang ditarik? Model yang ditarik setelah pemasangan mengharuskan mendorongnya kembali untuk menguncinya.


Setelah terpasang kencangkan dengan baut agar slot PCI-e tidak menanggung beban berat dari kartu grafis yang bisa menyebabkan kerusakan.


Langkah ke delapan memasang harddisk. Tempat penyimpanan harus dimiliki. Di tutorial ini menggunakan tray, jadi tidak dibaut di casing. Pemasangannya mudah tidak perlu obeng. Cukup tekang penggangan tray dan tarik keluar sampai lepas. kemudian pakaikan tray tersebut ke harddisk. Baik tipis maupun tebal bisa masuk. bahkan SSD atau harddisk laptop bisa masuk namun membutuhkan baut.



Langkah kedua sebelum terakhir. adalah memasang semua kabel.

Jangan salah colok ini khusus cpu jadi temukan yang memilki nama CPU_FAN


CPU power ada dua jenis 4pin dan 2x4pin pada umumnya. Jika motherboard terdapat 8pin jangan sampai keliru dengan kabel untuk kartu grafis.


Power untuk motherboard, pastikan benar-benar kencang pemasangannya.

Seperti pada gambar disampingnya ada bebearapa bentuk macam port untuk fan. pilih salah satu saja. dan hubungkan pada motherboard pada pin terdekat. Biasanya tersedia lebih dari dua. Untuk satu ini masuk ke pin System Fan.


Seperti yang sudah katakan pada power CPU sebelumnya jangan sampai salah. Ada juga kartu grafis dengan 6pin.


Kabel S-ATA konektornya pipih dan memiliki lubang membentuk huruf "L" jadi tidak akan terbalik pemasangannya. Mendapati kabel data SATA yang membentuk 90 derajat peasanganya boleh mana saja bisa di HDD atau motherboard.

Pemasangan kabel front panel (power, reset, led, usb, audio) Ada beberapa motherboard yang menandai pin dengan tulisan atau warna. jadi lihat baik. kalaupun salah pasang yang terjadi adalah salah/tidak berfungsi. bukan rusak.


Terakhir adalah kabel menajemen. jangan sampai kabel yang ada di depan berantakan, seperti contoh pada gambar disampingnya.. Kalau berantakan pada bagian belakan tidak masalah. Karena kabel manajemen yang buruk akan mengganggu aliran udara jika anda pakai air cooling.


Pasang kebali kedua sisi panel dan selesai. Mudah bukan?

Mudahkan merakit PC sendiri? Tinggal pasang ini-itu, dibaut, colok-colok kabel, nyalakan, dan berhasil booting. selesai! Tidak butuh waktu lama, hanya satu-dua jam selesai, atau anda seharian menghabiskan waktu untuk rakit sebuah PC?

Spesifikasi
Casing Fractal Design
PSU Cooler master bronze 500w
MB Gigabite AB350M
RAM Team dark red 2x4GB DDR4 2400MHz
VGA Gigabite RX570 4GB
SSD Patriot scorch 256GB
HDD Seagate barracude 2TB
Tutorial ini dibuat dengan bantuan game PC building simulator.
untuk lebih jelasnya bisa anda tonton video dibawah ini. Kurang dari 5 menit merakit pc.

Posting Komentar

0 Komentar